Beberapa Game PC Dari Awal 2000-an yang Populer Pada Masanya

Beberapa Game PC Dari Awal 2000-an yang Populer Pada Masanya

Beberapa Game PC Dari Awal 2000-an yang Populer Pada Masanya – Personal Computer Game (juga dikenal sebagai permainan komputer atau game PC) adalah permainan yang dimainkan di komputer pribadi, bukan pada video game konsol atau mesin arcade.

Game PC yang dibuat oleh pengembang satu atau lebih permainan, biasanya bersama dengan spesialis lainnya (seperti seniman permainan) dan di publikasikan baik secara mandiri atau melalui penerbit pihak ketiga.  Masa keemasan game di platform PC pada awal 2000-an menjadi salah satu yang dikenang oleh banyak pemain hingga saat ini, di mana banyak game luar biasa yang menghiasi platform yang juga luar biasa itu.

Mulai dari game FPS menakjubkan yang jadi sumber kesuksesan utama game di PC hingga game yang menawarkan sesuatu yang baru dan tidak pernah dilihat sebelumnya, industri game di PC mengalami peningkatan pesat pada awal dekade yang fenomenal tersebut.

1. Counter-Strike (2000)

Sempat Populer, Ini 7 Game PC Terbaik dari Awal 2000-an

Perilisan Half-Life pada tahun 1998 membuka gerbang bagi lebih banyak game PC untuk tampil di awal tahun 2000-an untuk kemudian menciptakan sejarahnya sendiri. Beberapa di antaranya dibangun menggunakan game engine buatan Valve yaitu Source, yang kala itu sangat populer dan dianggap melampaui banyak game engine lain.

Salah satu game terbaik yang dibuat menggunakan game engine itu adalah Counter-Strike, game multiplayer shooter berbasis squad yang luar biasa. Sejak saat itu, Counter-Strike terus menjadi salah satu multiplayer taktis paling populer, dengan segudang penggemar yang tersebar di seluruh dunia dan menolak untuk mati, bahkan hingga saat ini.

2. Hitman: Codename 47 (2000)
Sempat Populer, Ini 7 Game PC Terbaik dari Awal 2000-an

Hitman merupakan salah satu seri game stealth paling ikonik sepanjang sejarah video game. Melihat bagaimana seri game yang dimulai oleh Eidos Interactive berkembang hingga sebesar sekarang menjadi sesuatu yang menarik untuk disimak, terutama bagi penggemar lama.

Hitman sendiri memulai kisahnya pada tahun 2000 dengan Hitman: Codename 47. Meski secara visual dan gameplay sudah tidak lagi relevan dengan industri game saat ini, Hitman: Codename 47 tetap layak dicoba mengingat game yang mendapat cukup banyak ulasan positif dari berbagai reviewer ini, memiliki pesonanya tersendiri.

3. Prince of Persia: The Sands of Time (2003)
Sempat Populer, Ini 7 Game PC Terbaik dari Awal 2000-an

Seri game Prince of Persia mengalami pasang surut perihal keberhasilan, namun trilogi The Sands of Time tidak terbantahkan menjadi titik masa kejayaan dari seri game aksi petualangan ciptaan Jordan Mechner itu. Game pertamanya yang juga berjudul The Sands of Time jadi yang paling berkesan.

Tidak hanya memiliki atmosfer timur tengah yang unik, tapi juga mekanisme combat yang seru dan cerita yang luar biasa. The Sands of Time dirilis pada masa di mana Ubisoft selaku developer tidak takut mengambil risiko dengan memberikan gameplay yang terbilang inovatif pada masanya.

4. The Sims 2 (2004)
Sempat Populer, Ini 7 Game PC Terbaik dari Awal 2000-an

The Sims merupakan salah satu game terbesar sepanjang masa, yang ketika dirilis dianggap kurang di sejumlah bagian. Untungnya, sekuelnya yaitu The Sims 2 memperbaiki kekurangan tersebut dan membuat pemain sadar bahwa ada potensi luar biasa dari seri game yang awalnya mereka remehkan.

Hadir dengan engine baru, mekanisme gameplay yang lebih matang dan konten yang tidak tanggung-tanggung, The Sims 2 menjadi game yang membawa nama The Sims ke tingkat yang lebih tinggi. Sulit untuk tidak ketagihan dengan game yang satu ini, entah untuk sekadar menikmati pemandangan dan kehidupan virtual atau mengungkap misteri di kota lain seperti Strangeville.

5. The Elder Scrolls 3: Morrowind (2002)
Sempat Populer, Ini 7 Game PC Terbaik dari Awal 2000-an

Elder Scrolls mungkin jadi salah satu seri game RPG paling populer bahkan hingga kini, namun tidak dapat dimungkiri bahwa seri game dari Bethesda ini tidak sempurna dan bahkan sempat dinilai “tidak jelas”. Untungnya, perilisan Morrowind sebagai game ketiga sepenuhnya merubah penilaian buruk itu.

Dari yang awalnya diremehkan, Morrowind jadi salah satu game terbaik Elder Scrolls yang mampu membuat pemain lupa waktu ketika berpetualang di dunianya yang luas dan penuh aktivitas untuk dilakukan. Pemain bisa memainkan Morrowind hingga ratusan jam dan baru merasakan sedikit kisah menakjubkan yang bisa mereka dapatkan.

6. Grand Theft Auto: San Andreas (2004)
Sempat Populer, Ini 7 Game PC Terbaik dari Awal 2000-an

Grand Theft Auto: San Andreas pertama kali dirilis di PlayStation 2, tapi ketika setahun setelahnya dirilis di PC, saat itulah game buatan Rockstar Games ini mendapat pengakuan sebagai salah satu game open-world terbaik sepanjang masa.

Memerankan karakter semenarik Carl Johnson atau CJ dan masuk kedalam cerita penuh aksi kriminal dan pengkhianatan menjadi sesuatu yang membuat San Andreas begitu luar biasa. Bahkan hingga kini, beberapa mekanisme gameplay seperti karakter bisa menjadi gemuk, mendapat berbagai skill dan melakukan beragam aktivitas sampingan, masih tetap hidup meski di game-game lain.

7. Half-Life 2 (2004)
Sempat Populer, Ini 7 Game PC Terbaik dari Awal 2000-an

Kurang pas rasanya jika membawa game PC klasik dari tahun 2000-an tanpa menyebut seri Half-Life garapan Valve yang begitu fenonemal. Game pertama Half-Life dirilis pada tahun 1998 dan sejatinya telah luar biasa, tapi game keduanya lah yang menjadikan sebagai salah satu seri game terbaik sepanjang sejarah video game.

Fakta bahwa sang karakter utama yaitu Gordon Freeman bisa masuk kedalam Video Game Hall of Fame tanpa mengeluarkan sepatah kata pun membuktikan bagaimana seri Half-Life terutama Half-Life 2 begitu dicintai. Satu-satunya yang kurang dari game ini mungkin hanya fakta bahwa Valve tidak melanjutkannya ke game ketiga.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa game PC terbaik dari awal tahun 2000-an yang begitu populer pada masanya. Apa kamu termasuk gamer yang sempat merasakan kejayaan sejumlah game diatas?

Mereka kemudian dapat didistribusikan pada media fisik seperti DVD dan CD, sebagai internet-download, mungkin dapat didistribusikan secara bebas, perangkat lunak, atau melalui jasa pengiriman online seperti Direct2Drive dan Uap.

Game PC sering membutuhkan hardware khusus di komputer pengguna untuk bermain, seperti generasi spesifik unit pemrosesan grafik atau koneksi internet untuk bermain online, meskipun persyaratan sistem ini bervariasi dari satu pertandingan ke pertandingan.

selain itu pula fitur yang menarik dari PC Game pada saat ini adalah bisa berinteraksi secara online (jika dibuatkan oleh pengembang). sehingga antar pemain antara PC game yang satu dengan yang lain (terpisah) dapat melakukan interaksi pada waktu yang sama dalam satu game.