Beberapa Game Terbaik Dalam Mengambil Keputusan Bermain

Beberapa Game Terbaik Dalam Mengambil Keputusan Bermain

Beberapa Game Terbaik Dalam Mengambil Keputusan Bermain – Permainan  sesuatu yang digunakan untuk bermain (sebuah mainan), sebuah barang atau sesuatu yang pada umumnya digunakan untuk hiburan atau kesenangan, dan kadang-kadang digunakan sebagai alat pendidikan. Permainan berbeda dari  pekerjaan, yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan upah, dan dari  seni, yang lebih sering merupakan ekspresi elemen estetika atau ideologis.

Namun, perbedaannya tidak jelas, dan banyak permainan juga dianggap sebagai karya (seperti pemain profesional olahraga atau permainan penonton) atau seni (seperti puzzle atau permainan yang melibatkan tata letak artistik seperti  Mahjong, solitaire, atau beberapa permainan video).  Salah satu faktor yang membedakan video game dengan media hiburan populer lainnya seperti film dan buku adalah fakta bahwa game, benar-benar menjadikan pemain sebagai karakter utama.

Tidak hanya sekedar mengontrol gerakan atau aksi yang dilakukan, banyak game saat ini juga mengeksplorasi ide kebebasan pemain dengan memberi kesempatan kepada pemain untuk membuat pilihan penting.

1. Dishonored
Steam:Dishonored

Konsep di mana pemain diberi kebebasan untuk mengambil pendekatan diam-diam atau agresif ketika bertemu musuh bukanlah sesuatu yang baru. Seri game terkenal seperti Fable dan Mass Effect jadi salah satu yang mengadopsi pendekatan semacam itu.

Nah, Dishonored yang dirilis pada 2012 silam juga membawa sistem yang sama dan berhasil mengeksekusinya dengan sangat baik. Contohnya, jika pemain membunuh penjaga di area tertentu di dunia Dishonored, maka lain kali mereka memasuki area tersebut, akan ada lebih banyak penjaga yang berpatroli dan perangkap yang dipasang.

2. The Stanley Parable
The Stanley Parable HD Wallpapers | Background Images

Bersama dengan game seperti Amnesia: The Dark Descent dan Slender: The Eight Pages, The Stanley Parable jadi salah satu game yang sangat naik daun karena sempat populer di kalangan para YouTuber streaming. Alasannya sederhana karena game garapan Galactic Café ini sangat menyenangkan dan memicu rasa penasaran terutama karena jalur narasinya yang bercabang.

Bintang utama dari game ini tentu siapapun itu yang menulis naskahnya. Pada game ini, bakal ada narator yang akan berbicara kepada pemain mengenai apa yang seharusnya dilakukan, namun pemain, diberi kebebasan untuk mengikuti perintah tersebut atau tidak.

3. Beyond: Two Souls
Save 50% on Beyond: Two Souls on Steam

Beyond: Two Souls dikembangkan oleh Quantic Dream – developer yang dikenal ahli dalam mengembangkan game berbasis pilihan. Game yang satu ini juga unik karena sebagai game yang menitikberatkan pada elemen cerita, terdapat mode co-op di mana dua pemain masing-masing bisa mengendalikan dua protagonis berbeda yaitu Aiden dan Jodie.

Luar biasa karena gaya penceritaannya, Beyond: Two Souls juga sempat tampil di Tribeca Film Festival. Beyond: Two Souls menjadi game kedua yang muncul di festival film itu, setelah yang pertama adalah L.A Noire garapan Rockstar Games.

4. The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher 3: Wild Hunt on GOG.com

The Witcher 3: Wild Hunt meluncur pada 2015 dan langsung menempatkan CD Projekt Red selaku developer sebagai salah satu kreator game terbaik di industri video game saat ini. Salah satu nilai jual utama The Witcher 3 tentu saja adalah visualnya yang benar-benar megah dan memaksimalkan potensi dari mesin gaming tempatnya berjalan.

Selain visual yang memanjakan mata, salah satu fitur impresif lain yang diusung oleh The Witcher 3 adalah keputusan moral yang kerap kali harus dibuat oleh pemain. Misi “Bloody Baron” jadi salah satu yang menghadirkan keputusan moral itu dan sejauh ini, jadi salah satu misi paling berkesan sepanjang sejarah video game.

5. Detroit: Become Human
Detroit: Become Human on Steam

Quantic Dream terkenal karena eksekusi yang selalu berhasil ketika mengembangkan game dengan elemen kebebasan untuk membuat keputusan, dan Detroit: Become Human jadi salah satu karya terbaik developer yang berbasis di Paris itu. Dirilis pada 2018 sebagai game eksklusif PS4, Detroit: Become Human ditulis dan disutradarai oleh David Cage yang menghabiskan dua tahun untuk menyempurnakan cerita game ini. Karena kualitas cerita yang dimilikinya, Detroit: Become Human juga mendapat sejumlah penghargaan seperti Excellence in Narrative pada acara SXSW Gaming Awards dan Best Narrative pada Develop: Star Awards.

6. Dragon Age: Origins
Dragon Age: Origins na Steam

Dirilis pada 2009 oleh Electronic Arts dan dikembangkan oleh BioWare, Dragon Age: Origins, sesuai namanya, merupakan game pertama di seri Dragon Age. Game RPG yang satu ini merupakan suksesor dari seri Baldur’s Gate yang juga dibuat oleh BioWare dan mengusung latar fantasi yang sama.

Untuk elemen pengambilan keputusan, Dragons Age: Origins punya sistem yang terbilang sangat unik. Pilihan dan tindakan pemain di sepanjang permainan dapat mempengaruhi kedekatan mereka dengan karakter lain, yang nantinya secara signifikan dapat mempengaruhi efektivitas di atas medan pertempuran.

7. Fallout: New Vegas
Buy Fallout: New Vegas Ultimate Edition - Microsoft Store en-IL

Fallout: New Vegas dirilis pada 2010 dan dikembangkan oleh Obsidian Entertainment, alih-alih Bethesda yang mengerjakan Fallout 3 dan Fallout 4. Hanya ada sedikit hype untuk Fallout: New Vegas sebelum dirilis, di mana banyak pemain mengira jika New Vegas tak lebih dari sekadar kisah tambahan untuk Fallout 3 yang meluncur dua tahun sebelumnya.

Namun semua itu berubah setelah New Vegas ternyata berakhir sebagai salah satu RPG modern terbaik. Lewat berbagai macam cara, kebebasan melakukan pilihan yang luar biasa dan dampak ke depannya yang ada di New Vegas, membuat Fallout 4 nampak seperti game linear dengan kebebasan yang minim.

Di lingkungan yang masih terlihat keakraban antar anggota masyarakat, banyak permainan yang dilakukan oleh anak-anak secara beramai-ramai dengan teman-teman mereka di halaman atau di teras rumah. Mereka berkelompok, berlarian, atau duduk melingkar memainkan salah satu permainan dan tercipta keakraban.

Beberapa permainan ini karena tercipta pada masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional, sedangkan di sisi lain beberapa permainan yang lebih akhir (dan biasanya menggunakan peralatan yang canggih) disebut permainan modern.