Beberapa Game yang Memperkenalkan Mode Multiplayer Online

Beberapa Game yang Memperkenalkan Mode Multiplayer Online

Beberapa Game yang Memperkenalkan Mode Multiplayer Online – Permainan daring multipemain masif adalah sebuah permainan daring dengan jumlah pemain yang besar, biasanya dari ratusan sampai ribuan, di server yang sama. Mengalahkan single-player, multiplayer kini menjadi jenis game yang mendominasi pasar video game.

MMOs biasanya menampilkan dunia terbuka persisten, meskipun beberapa permainan berbeda. Permainan tersebut dapat ditemukan pada kebanyakan wadah jejaring, yang meliputi komputer pribadi, konsol permainan video, atau telepon pintar dan peranti bergerak lainnya. Keseruan yang muncul dari bermain bersama hingga gameplay yang tidak bisa ditebak, menjadi beberapa dari banyaknya alasan mengapa multiplayer bisa sukses besar.

Namun, popularitas game multiplayer tidak akan sebesar sekarang tanpa adanya sumber atau dukungan yang mengawali segalanya. Beberapa game dari masa lalu, menjadi “pahlawan” atas jasa besarnya untuk memperkenalkan mode multiplayer online ke gamer di seluruh dunia.

1. Neverwinter Nights
Berjasa Besar, 7 Game Ini Jadi Pelopor Kesuksesan Multiplayer Online

Sebelum seri Mass Effect yang fenomenal, BioWare sempat membuat game multiplayer online pertama di dunia. Neverwinter Nights adalah game itu, yang mengombinasikan third-person, elemen RPG, gaya Dungeon dan Dragons dan game hosting.

Setiap server dialokasikan untuk 96 pemain, termasuk satu Dungeon Master. Meski tidak memiliki fitur global chat, Neverwinter Nights memiliki chat room individual yang kemudian menjadi inspirasi bagi banyak game multiplayer online di masa depan.

2. Doom
Berjasa Besar, 7 Game Ini Jadi Pelopor Kesuksesan Multiplayer Online

Doom diluncurkan pada tahun 1994 dengan mode deathmatch dan LAN co-op. Baru pada tahun 1996, Doom mendapat pembaruan untuk mode multiplayer online menggunakan layanan DWANGO (Dial-up Wide-Area Network Game Operation).

Itu merupakan layanan matchmaking yang kemudian digunakan di berbagai game FPS klasik lain seperti Doom II, Duke Nukem 3D dan Shadow Warrior. Selain punya andil besar dalam perkembangan multiplayer online, Doom juga jadi salah satu game yang memperkenalkan cheat.

3. Meridian 59
Berjasa Besar, 7 Game Ini Jadi Pelopor Kesuksesan Multiplayer Online

Meridian 59 eksis pertama kali pada tahun 1996 sebagai salah satu game multiplayer dengan visual tinggi. Terlepas dari keterbatasan pada mode online (terbatas untuk 35 pemain saja), banyak sejarawan video game yang menilai bahwa Meridian 59 merupakan game pertama yang menerapkan biaya bulanan.

Selain itu, Meridian 59 juga dianggap sebagai inspirasi bagi banyak game MMORPG modern saat ini. Faktanya, Meridian 59 hingga kini masih beroperasi namun dengan fokus terhadap gameplay PvP.

4. Quake/Quakeworld
Berjasa Besar, 7 Game Ini Jadi Pelopor Kesuksesan Multiplayer Online

Sebagai salah satu pelopor FPS, tak heran jika Quake menjadi salah satu game shooter paling terkenal sepanjang sejarah video game. Game pertamanya memiliki visual 3D terbaik pada masanya. Namun, game arena shooter ikonik ini tidak mendapat mode multiplayer online hingga pembaruan QuakeWorld pada tahun 1998.

Pembaruan itu memungkinkan gamer untuk menggunakan modem dial-up untuk bermain bersama gamer lain. Fakta menarik, Team Fortress pada awalnya merupakan add-on atau mod yang dibuat untuk Quake.

5. Age Of Empires
Berjasa Besar, 7 Game Ini Jadi Pelopor Kesuksesan Multiplayer Online

Age Of Empires pertama kali meluncur pada tahun 1997, memungkinkan hingga 8 pemain untuk bermain bersama. Microsoft sendiri mendukung mode multiplayer online game ini dengan Microsoft Gaming Zone. Di luar itu, Age Of Empires bersinar sebagai salah satu game pertama yang menggunakan Scenario Builders.

Singkatnya, itu adalah fitur di mana pemain bisa membuat skenario kustom mereka sendiri, untuk kemudian dibagi-bagikan kepada pemain lain. Lewat fitur ini, pemain dapat menambahkan hal-hal seperti kapal luar angkasa atau mengubah mekanisme gameplay.

6. Lineage
Berjasa Besar, 7 Game Ini Jadi Pelopor Kesuksesan Multiplayer Online

NCSoft merilis Lineage tanpa ekspektasi apapun, sampai akhirnya game tersebut meledak pada tahun 1998 dengan mengumpulkan lebih dari tiga juta pelanggan. Lineage sendiri didasarkan pada seri komik Korea dengan judul yang sama dan jadi game pertama di seri game Lineage.

Salah satu nilai jual utama dari game multiplayer online ini pada masanya adalah adaptasi mekanisme klan vs klan. Mekanisme itu memungkinkan pemain untuk bergabung dengan grup untuk melawan grup lain di medan peperangan.

7. Starcraft
Berjasa Besar, 7 Game Ini Jadi Pelopor Kesuksesan Multiplayer Online

Starcraft menjadi salah satu game paling berkesan yang pernah diluncurkan developer yang kini sudah tumbuh besar – Blizzard. Salah satu hal paling inovatif dari game ini adalah fakta bahwa pemain harus menggunakan Battle.net untuk bisa mengaksesnya.

Seperti yang telah menjadi standar di tahun 1998, Starcraft mendukung hingga 8 pemain, yang dapat dibagi menjadi tim. Lebih lanjut, Starcraft juga berakhir luar biasa karena kreativitas tak terbatas yang dimiliki oleh komunitasnya. Tak heran jika versi remaster dari game ini menjadi salah satu yang mendapat skor Metacritic tertinggi (85).