Beberapa Hal yang Berubah Semenjak Smartphone Hadir Ke Dunia

Beberapa Hal yang Berubah Semenjak Smartphone Hadir Ke Dunia

Beberapa Hal yang Berubah Semenjak Smartphone Hadir Ke Dunia – Ponsel cerdas adalah kelas ponsel dari ponsel dan perangkat komputasi bergerak multiguna. Mereka dibedakan dari ponsel berfitur dengan kemampuan perangkat keras yang lebih kuat dan sistem operasi seluler yang luas, yang memfasilitasi perangkat lunak yang lebih luas, internet (termasuk penelusuran web melalui broadband seluler), dan fungsi multimedia (termasuk musik, video, kamera, dan permainan), bersama fungsi-fungsi inti ponsel seperti panggilan suara dan pesan teks.

Kelahiran smartphone merevolusi banyak hal dalam hidup. Mulai dari cara berkomunikasi, bermain, menjelajahi internet, dan banyak lagi. Sejak awal kemunculannya, para produsen seakan berlomba menambahkan berbagai macam fitur pada smartphone yang menjadikannya satu perangkat yang memiliki banyak kemampuan.

Disadari atau tidak, begitu banyak benda yang fungsinya tergantikan oleh smartphone yang juga turut mengubah cara kita beraktivitas. Untuk membuat kamu sedikit bernostalgia dengan momen-momen sebelum adanya smartphone, di bawah ini akan dipaparkan beberapa hal yang berubah semenjak adanya smartphone.

1. Tidak perlu ke kantor pos untuk mengirim surat
5 Hal yang Berubah Semenjak Ada Smartphone, Kamu Merasakan Juga?

Bagi kamu yang lahir di tahun 90-an dan sebelumnya, kamu pasti ingat momen-momen menyenangkan saat mendapatkan surat. Saat ini, sangat jarang orang yang harus ke kantor pos untuk mengirimkan surat atau menunggu lama untuk menerima balasan surat.

Semenjak ada email, berkirim surat lewat pos perlahan-lahan ditinggalkan. Tidak seperti surat yang membutuhkan waktu lama untuk sampai kepada penerima dan cenderung mahal, email bersifat instan dan murah.

Terlebih semenjak adanya smartphone, kamu bisa memiliki email dan berbagai aplikasi berkirim pesan singkat dalam satu piranti, yang memungkinkan kamu untuk mengirim dan menerima ratusan pesan dan file dalam waktu singkat.

2. Tidak perlu menaruh jam alarm di samping tempat tidur agar tidak bangun kesiangan
5 Hal yang Berubah Semenjak Ada Smartphone, Kamu Merasakan Juga?

Dulu, kebanyakan orang memiliki jam alarm yang ditaruh di samping tempat tidur agar tidak bangun kesiangan. Jam alarm ini sebenarnya cukup rumit untuk digunakan karena ada beberapa pengaturan yang harus kita pahami.

Semenjak ada smartphone, tidak banyak orang yang merasa perlu memiliki jam alarm. Fitur jam alarm di smartphone dapat dikonfigurasi dalam hitungan detik untuk membangunkan kamu tepat waktu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur pilihan melodi dan volume sesuai keinginan.

3. Tidak perlu menunggu momen penting untuk mengambil foto
5 Hal yang Berubah Semenjak Ada Smartphone, Kamu Merasakan Juga?

Dulu, kamera adalah barang mewah yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Jadi, orang-orang biasanya hanya menyewa fotografer profesional atau kamera pada momen-momen tertentu yang dianggap penting. Semenjak ada smartphone, orang-orang tidak perlu menunggu momen penting untuk mengambil foto.

Smartphone modern menawarkan lensa kamera yang sangat mumpuni, tidak kalah dengan kamera profesional. Ditambah, adanya filter dan aplikasi edit foto membuat aktivitas mengambil gambar lewat smartphone dirasa lebih seru bagi banyak orang.

4. Tidak perlu berlangganan koran untuk mengetahui berita terkini
5 Hal yang Berubah Semenjak Ada Smartphone, Kamu Merasakan Juga?

Dulu, orang harus berlangganan koran agar tidak ketinggalan berita terkini. Saat ini, smartphone dan internet memungkinkan masyarakat mendapatkan kabar dari berbagai penjuru dunia secara realtime.

Banyak perusahaan surat kabar telah mengembangkan versi web yang komprehensif serta aplikasi khusus smartphone yang memungkinkan berita mereka dikonsumsi secara online. Bukan hanya itu, media sosial juga banyak digunakan untuk mengetahui kabar terbaru dan mengikuti tren.

5. Bisa bermain gim di mana saja
5 Hal yang Berubah Semenjak Ada Smartphone, Kamu Merasakan Juga?

Baiklah, tidak ada yang dapat membandingkan visual, kecanggihan, dan kepuasan bermain gim lewat PlayStation atau Xbox modern. Namun, beberapa gim yang ada di smartphone membuat bermain gim lewat smartphone juga tidak kalah seru.

Terbukti, banyak gim smartphone yang cukup populer dan memiliki banyak peminat. Selain itu, smartphone memungkinkan kita bermain gim di mana pun, seperti saat sedang menunggu antrean di luar atau saat sedang bosan.

Masih banyak hal yang berubah semenjak adanya smartphone, tetapi beberapa hal di atas adalah perubahan yang paling terasa. Kalau kamu, apa nih perubahan yang paling kamu rasakan semenjak memiliki smartphone?

Ponsel cerdas biasanya berisi sejumlah chip sirkuit terintegrasi IC logam-oksida-semikonduktor (MOS), termasuk berbagai sensor yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat lunak mereka (seperti magnetometer, sensor kedekatan, barometer, giroskop, atau akselerometer), dan dukungan protokol komunikasi nirkabel (seperti Bluetooth, Wi-Fi, atau navigasi satelit).

Pada 2000-an, platform i-mode NTT DoCoMo, BlackBerry, platform Symbian Nokia, dan Windows Mobile mulai mendapatkan daya tarik pasar, dengan model yang sering menampilkan papan ketik QWERTY atau input layar sentuh resistif, dan menekankan akses untuk notifikasi email dan internet nirkabel.