Beberapa Software yang Memudahkan Mahasiswa Menyusun Skripsi

Beberapa Software yang Memudahkan Mahasiswa Menyusun Skripsi

Beberapa Software yang Memudahkan Mahasiswa Menyusun Skripsi

Beberapa Software yang Memudahkan Mahasiswa Menyusun Skripsi – Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya.

Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

Dalam penyusunan skripsi ini, pastilah terdapat kendala dan syarat dalam penulisannya. Berikut ini merupakan software yang berhubungan dan memudahkan mahasiswa dalam menyusun skripsi.

Grammarly
5 Software yang Relate dengan Pejuang Skripsi, Ada SPSS, Setuju? 

Grammarly adalah software online yang digunakan untuk mengecek tata bahasa, mengoreksi kesalahan dalam menulis, dan memeriksa ejaan dalam struktur bahasa Inggris. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan, software ini akan merekomendasikan kata yang benar dalam struktur bahasa Inggris.

Mendeley
5 Software yang Relate dengan Pejuang Skripsi, Ada SPSS, Setuju? 

Menurut laman resmi perpustakaan Universitas Gajah Mada, Mendeley merupakan perangkat lunak yang dibentuk sebagai upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Mendeley ini merupkan software yang dikembangkan oleh Elsevier. Dengan adanya software ini, para mahasiswa dan peneliti dari berbagai penjuru dunia bisa berbagi referensi yang digunakan dalam suatu karya ilmiah.

Dalam penyusunan skripsi, tentunya Mendeley sangat berguna untuk menyusun sitasi. Berbagai pilihan style terdapat di Mendeley, sehingga penulisan daftar pustaka pun menjadi mudah.

SPSS
5 Software yang Relate dengan Pejuang Skripsi, Ada SPSS, Setuju? 

Software pengolah data ini biasa digunakan mahasiswa untuk memproses dan mengolah data statistik. SPSS dapat memproses data dengan cepat dan tepat. Software SPSS ini akan menghasilkan berbagai output yang diinginkan. Software yang mempunyai kepanjangan Statistical Package for the Social Sciences ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1968 oleh Norman Nie, ilmuwan Stanford University.

Mahasiswa akan menggunakan SPSS pada saat mengolah data hasil penelitian untuk penyusunan skripsi. Bahkan, pada beberapa jurusan, SPSS dijadikan sebagai mata kuliah tersendiri. Saking relate-nya dengan pejuang skripsi dan mahasiswa, SPSS bahkan pernah masuk jajaran trending Twitter, lho. 

Microsoft Office
5 Software yang Relate dengan Pejuang Skripsi, Ada SPSS, Setuju? 

Sudah tidak diragukan lagi, jika software gabungan dalam Microsoft Office ini populer bagi pejuang skripsi. Jangankan mahasiswa, masyarakat awam pun sudah kenal dengan software ini.

Terdapat banyak aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Officenamun yang paling sering digunakan adalah Word, Excel, dan PowerPoint. Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang sampai saat ini menduduki puncak pertama diantara software pengolah kata lainnya. Word digunakan mahasiswa untuk menyusun karya tulis termasuk skripsi.

Hampir mirip dengan SPSS, Microsoft Excel digunakan untuk mengolah data, biasanya Excel digunakan untuk data berupa teks dan angka. Sedangkan PowerPoint digunakan untuk presentasi, tentunya presentasi akan dilakukan mahasiswa saat sidang skripsi.

Turnitin

5 Software yang Relate dengan Pejuang Skripsi, Ada SPSS, Setuju? 

Perangkat lunak untuk cek plagiarisme ini pasti sudah sangat kental dengan mahasiswa yang lagi nyusun skripsi, nih. Bahkan, saat masih duduk bangku kuliah semester awal pun para dosen sudah memerintahkan mahasiswanya untuk memakai software ini sebagai syarat tugas semacam makalah atau karya tulis lainnya.

Menurut keterangan di akun resmi perpustakaan Monash University, Turnitin merupakan software pencocokan teks yang digunakan untuk mengecek karya tulis terhadap teks elektronik dari internet. Walaupun berbayar, software ini sudah menjadi keharusan untuk mengetahui dan mencegah plagiarisme dalam penulisan karya tulis, agar karya tulis yang dihasilkan terbukti keorisinalannya.

Software ini diperlukan para mahasiswa dalam menulis skripsi. Apalagi jika skripsi atau pun jurnal menggunakan bahasa Inggris. Dalam skripsi, biasanya software ini diperlukan dalam menulis summary/ringkasan skripsi.

Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana hanya digunakan di Indonesia. Negara lain, seperti Australia menggunakan istilah thesis untuk penyebutan tugas akhir dengan riset untuk jenjang undergraduate (S1), postgraduate  (S2), Ph.D. dengan riset (S3) dan disertation untuk tugas riset dengan ukuran yang kecil baik undergraduate (S1) ataupun postgraduate (pascasarjana). Sedangkan di Indonesia skripsi untuk jenjang S1, tesis untuk jenjang S2, dan disertasi untuk jenjang S3.

Dalam penulisan skripsi, mahasiswa dibimbing oleh satu atau dua orang pembimbing yang berstatus dosen pada perguruan tinggi tempat mahasiswa kuliah. Untuk penulisan skripsi yang dibimbing oleh dua orang, dikenal istilah Pembimbing I dan Pembimbing II. Biasanya, Pembimbing I memiliki peranan yang lebih dominan bila dibanding dengan Pembimbing II.

Kelima software tersebut yang paling sering digunakan mahasiswa dalam penyusunan skripsi. Mahasiswa pejuang skripsi pasti familiar dengan software tersebut. Jika belum, coba install software di atas biar memudahkan penyusunan skripsimu.