Beberapa Tips Manjur Merawat HP Kesayangan Agar Lama Awetnya

Beberapa Tips Manjur Merawat HP Kesayangan Agar Lama Awetnya

Beberapa Tips Manjur Merawat HP Kesayangan Agar Lama Awetnya

Beberapa Tips Manjur Merawat HP Kesayangan Agar Lama Awetnya – Perkembangan fungsi handphone yang saat ini sudah menjadi telepon pintar atau yang kita kenal dengan julukan Smartphone ini sudah lebih mengarah pada fungsi hiburan dan kepuasan pribadi dari para penggunanya. Bagaimana tidak, saat ini jika diukur persentase penggunaannya setiap hari.

Maka bisa dipastikan waktu yang kita gunakan untuk bermain game di hp maupun menyaksikan vidio atau gambar secara online dan offline jauh lebih banyak dibandingkan dengan waktu kita menggunakan handphone tersebut untuk berkomunikasi. Maka sangat wajar jika saat ini handphone memiliki nilai tersendiri bagi pemiliknya hingga menjadi salah satu benda kesayangannya.

Di zaman canggih seperti sekarang, tentunya HP merupakan hal yang sangat penting. Dengan menggunakan HP pintar atau smartphone, segala macam kebutuhanmu akan tercukupi. Sayangnya, salah merawatnya bisa menyebabkan HP cepat rusak hingga akhirnya kamu harus membeli yang baru lagi.

Gunakan cover tambahan dan kaca pelindung
Antiribet, Ini 5 Cara Hebat Merawat HP biar Awet Terus!

Banyak yang  menyangka jika casing atau cover tambahan dan kaca pelindung hanya gaya-gayaan semata. Padahal, kedua perangkat ini penting untuk melindungi HP dari guncangan. Ketika tanpa sengaja jatuh, setidaknya HP bisa terlindungi dan tidak cepat rusak.

Selain itu, casing dan kaca pelindung yang cukup tebal akan melindungi HP dari kerusakan. Daripada menghabiskan uangmu untuk terus-terusan membeli HP, lebih baik kamu simpan uangmu untuk hal yang lain, bukan?

Pakai charger asli
Antiribet, Ini 5 Cara Hebat Merawat HP biar Awet Terus!

Meski dalam keadaan mendesak, sebaiknya kamu tetap menggunakan charger asli untuk mengisi daya. Menggunakan charger merek lain akan membuat daya baterai cepat rusak. Hal ini karena tegangan listrik charger lain bisa saja tidak sesuai dengan HP.

Tak jarang, menggunakan charger merek lain akan membuat layar sentuh mudah rusak, HP cepat panas, dan merusak baterai. Kalau sudah begini, jelas saja kamu harus membeli HP baru.

Pilih aplikasi HP dengan bijak
Antiribet, Ini 5 Cara Hebat Merawat HP biar Awet Terus!

Beberapa aplikasi HP membutuhkan RAM dan CPU yang lumayan besar. Tak heran HP akan lambat jika semakin banyak aplikasi yang membutuhkan memori yang besar. Padahal, semua orang pastinya mendambakan daya kerja HP yang cepat.

Kalau HP-mu lambat, ada baiknya jangan menyalahkannya terlebih dahulu. Bisa saja karena kamu memiliki aplikasi terlalu banyak. Oleh sebab itu, jika memang kamu membutuhkan aplikasi yang banyak, ada baiknya kamu membeli HP dengan RAM dan OS yang bagus.

Tidak mengisi daya sambil main game
Antiribet, Ini 5 Cara Hebat Merawat HP biar Awet Terus!

Banyak pengguna HP yang abai dan mengisi baterai sambil bermain game. Padahal, beban baterai akan dua kali lebih besar saat mengisi sekaligus bermain game. Alangkah baiknya kamu mengisi baterai HP tanpa bermain game terlebih dahulu.

Karena beban daya baterai yang besar, itu akan membuat baterai HP cepat rusak. Jika baterai HP cepat rusak, bisa saja perangkat yang lain pun akan terpengaruh.

Jangan isi sampai 100 persen
Antiribet, Ini 5 Cara Hebat Merawat HP biar Awet Terus!

Tak banyak yang tahu jika mengisi baterai HP baiknya tidak sampai 100 persen. Hal ini karena baterai litium memiliki dayanya sendiri dan mengisinya sampai 100 persen hanya akan mengurangi daya baterai litium tersebut. Kalau sudah begini tentunya baterai bisa cepat rusak.

Asalkan kamu menerapkan lima cara di atas tentunya kamu tak perlu repot terus-terusan membeli HP. Tentunya HP bisa awet sampai bertahun-tahun asalkan kamu tahu cara merawatnya.

Smartphone merupakan barang praktis dan sederhana sehingga banyak yang menggunakannya. Segala kecanggihan dalam smartphone akan menjadi percuma jika tidak dijaga dengan baik. Hal tersebut akan membuat smartphone cepat rusak dan tidak bisa digunakan.

Kebersihan adalah satu hal yang sering diabaikan oleh pengguna smartphone. Membersihkan smartphone akan membuat performanya menjadi lebih baik dan dapat bertahan lama. Bagian yang perlu dibersihkan antara lain port untuk kabel USB dan earphone. Keduanya rentang menjadi tempat debu untuk menumpuk.

Kamu dapat menggunakan pembersih lensa kamera untuk mengurangi debu di port tersebut. Layar juga menjadi bagian yang perlu dibersihkan. Kamu dapat menggunakan tisu kering atau tisu beralkohol. Jangan gunakan air untuk membersihkan bagian smartphone karena dapat membuat smartphone rusak.