Beberapa Tips Untuk Meningkatkan Performa Gaming Mobile

Beberapa Tips Untuk Meningkatkan Performa  Gaming Mobile

Beberapa Tips Untuk Meningkatkan Performa  Gaming MobilePonsel gaming terbaik dapat menyaingi tablet dan bahkan konsol portabel seperti  Nintendo Switch dalam hal potensi game, jadi jika Anda menyukai game, maka ada baiknya memiliki ponsel yang dapat melakukannya dengan adil. 

Memilih ponsel seperti itu biasanya berarti memilih ponsel dengan layar besar beresolusi tinggi, kecepatan refresh tinggi, dan banyak daya, ditambah daya tahan baterai yang ideal sehingga gim Anda tidak terganggu oleh kebutuhan untuk mengisi daya. Jadi ini semua hal yang harus Anda cari saat membeli.

Terlepas dari fakta bahwa saat ini sudah banyak HP dengan spesifikasi tinggi, tidak semua orang berkesempatan untuk memiliki salah satunya. Beberapa justru harus bersyukur untuk HP biasa berkelas mid-range atau bahkan entry-level.

1. Ubah refresh rate
7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

Sederhananya, refresh rate lebih tinggi membuka kesempatan bagi game untuk berjalan di frame-rate atau FPS di atas rata-rata. Dengan begitu tidak hanya visual saja yang lebih baik, namun juga animasi yang berjalan tampak lebih mulus.

Beberapa HP Android dari Samsung dan OnePlus bahkan memungkinkan penggunanya untuk mengubah refresh rate dari 60Hz ke 90Hz atau bahkan lebih tinggi jika memang mendukung. Caranya tinggal pergi ke Settings, pilih Display kemudian Advanced dan tap Refresh Rate. Ada baiknya untuk memilih refresh rate tertinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Beralih ke koneksi internet lebih cepat
7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

Sama seperti konsol ataupun PC, koneksi internet sangat mempengaruhi performa ketika bermain game terutama berbagai game online. Ini karena game online terus menerus mengirim serta menerima data, dan proses itu butuh koneksi internet stabil.

Jika koneksi kurang atau lemot, maka proses transfer data akan butuh waktu lama dan sebagai hasilnya, game akan terasa lag. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan koneksi terbaik ketika bermain game online baik melalui koneksi Wi-Fi atau koneksi data biasa. Akan tetapi, koneksi Wi-Fi tetap yang paling direkomendasikan.

3. Nyalakan “Force 4x”
7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

“Force 4x” merupakan opsi yang dapat ditemukan di beberapa HP Android yang secara ajaib dapat meningkatkan pengalaman bermain game. Fitur ini umumkan dinonaktifkan secara default di sebagian besar HP karena boros baterai.

Jika kamu tidak masalah dengan baterai yang cepat habis, maka disarankan untuk menyalakan fitur yang satu ini. Pertama-tama mode developer harus diaktifkan dengan cara ke SettingsAbout Phone lalu tap Build number sebanyak 7 kali. Jika sudah, kembali ke halaman utama Settings, pilih Developer options, cari “Force 4x MSAA” kemudian nyalakan.

4. Hapus sampah dari HP
7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

Makin banyak file yang disimpan atau semakin penuh penyimpanan, semakin lemot pula kinerja yang dihasilkan HP. Karenanya, dokumen tidak penting, aplikasi jarang digunakan dan file media lawas yang berakhir tidak berguna ada baiknya untuk dihapus agar bisa meningkatkan performa HP.

Peningkatan ini nantinya juga bisa berdampak terhadap kinerja ketika bermain game. HP-HP Android biasanya sudah bisa fitur menghapus sampah-sampah file yang bisa diakses di Settings > Storage lalu tap Free Up Space. Dari situ, pengguna bisa memilih file yang sekiranya harus ditiadakan.

5. Gunakan aplikasi Game Booster
7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

Dengan makin banyaknya orang yang menggunakan HP mereka untuk bermain game, semakin banyak pula aplikasi Game Booster baik bawaan HP atau pihak ketiga. Aplikasi Game Booster semacam itu melakukan tweak di beberapa opsi pengaturan atau proses untuk memastikan bahwa pengguna dapat bermain game dengan lancar.

Jadi, pengguna tidak perlu melakukan optimalisasi secara manual dan hanya perlu dengan satu kali tap saja. Game Booster buatan BGNmobi jadi salah satu yang direkomendasikan. Brand ternama seperti Samsung bahkan punya aplikasinya sendiri yang dinamakan Game Launcher.

6. Memakai aksesoris gaming
7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

Secara performa, cara ini mungkin tidak akan berpengaruh sedikitpun namun setidaknya dapat memberikan level kenyamanan ekstra kepada pengguna ketika bermain game. Contohnya, pengguna dapat menggunakan kontroler game ekstra untuk membantu kontrol yang lebih baik di berbagai game yang terasa sulit dikendalikan lewat kontrol sentuh.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan tombol bahu untuk sejumlah game battle royale atau FPS dn perangkat cooling berbasis fan atau kipas agar sesi gaming tidak terganggu oleh HP yang menjadi panas.

7. Overclock chipset atau CPU
7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

Tips terakhir ini jadi yang paling ampuh sekaligus paling berisiko. Jadi hindari langkah ini jika tidak siap dengan risiko yang mungkin bakal terjadi.  Overclock chipset atau CPU pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mendapat clock speed lebih tinggi dari yang seharusnya.

Dengan begitu, performa gaming yang dihasilkan jadi lebih maksimal lagi. Untuk melakukan overclock, HP harus dalam posisi sudah di-root. Tidak hanya itu saja, menginstal custom kernel jadi syarat wajib selanjutnya. Jika sudah, proses overclock bisa dilakukan langsung lewat aplikasi seperti Franco Kernel Manager.

Ponsel seperti Samsung Galaxy S21 Ultra dan iPhone 13 Pro Max mencentang kotak tersebut, jadi Anda akan menemukannya dalam daftar di bawah ini. Tetapi ada ponsel lain yang melangkah lebih jauh dan dirancang khusus dengan mempertimbangkan permainan.

Kami berbicara tentang ponsel seperti Asus ROG Phone 5 dan Lenovo Legion Phone Duel , yang memiliki fitur seperti pemicu bahu, mode permainan yang dapat disesuaikan, getaran yang lebih baik, dan pendinginan yang ditingkatkan.

Kami telah menyoroti ponsel terbaik yang dirancang khusus untuk bermain game di awal daftar ini, lalu di bawahnya ada bagian terpisah untuk smartphone umum yang juga unggul untuk bermain game. Dan kami memperbarui artikel ini secara berkala, jadi segera periksa kembali untuk tambahan baru.

Setelah Anda memilih ponsel Anda, kami juga siap membantu Anda dalam memilih game, dengan game iPhone terbaik kami ,  game iPhone gratis  terbaik, game Android terbaik, dan  daftar game Android gratis terbaik – semuanya juga diperbarui secara berkala.