Berikut Fighting Game Crossover Terbaik yang Pernah Ada

Berikut Fighting Game Crossover Terbaik yang Pernah Ada

Berikut Fighting Game Crossover Terbaik yang Pernah Ada – Crossover dalam video game terjadi ketika karakter fiksi, cerita, latar, alam semesta, atau media yang terpisah dalam video game bertemu dan berinteraksi satu sama lain. Jika dulu industri game bersaing satu sama lain demi menjadi besar, maka sekarang hal tersebut sudah berubah. Banyak dari mereka membuat game yang bekerja sama dengan pihak lain.

Ini mungkin ada sebagai gimmick jika dua game terpisah yang dimaksud dikembangkan oleh perusahaan yang sama. Jika tidak, mereka mungkin ada sebagai lelucon dari perusahaan saingan. Satu game yang paling kentara adalah Kingdom Hearts yang mengundang karakter-karakter Disney untuk terlibat dalam dunia Square Enix. Dari sekian banyak judul game yang melakukan crossover  macam ini, game fighting merupakan genre game yang paling umum membuatnya.

Itu dapat dilihat dari kedatangan karakter rahasia atau bonus yang sebenarnya bukan dari game itu sendiri. Dalam beberapa judul, ada game yang memang dibuat demi proyek crossover tersebut. Berikut ini adalah fighting game crossover terbaik yang pernah ada.

1. Super Gem Fighter Mini Mix
8 Game Fighting Crossover Terbaik, Banyak Tokoh Bersatu

Dari sekian banyak game fighting, mungkin Super Gem Fighter Mini Mix adalah satu-satunya game fighting yang punya karakter imut. Terlahir pada 1997 untuk konsol PS1, PS2, dan SEGA Saturn, game ini mendatangkan karakter Street Fighter, Darkstalker, hingga Red Earth.

2. Battle Stadium D.O.N.
8 Game Fighting Crossover Terbaik, Banyak Tokoh Bersatu

Sebagai penggemar manga dan game, pastinya kamu sudah pernah mendengar keberadaan game bernama Jump Force. Game tersebut mendatangkan berbagai karakter manga yang pernah dirilis oleh Weekly Shōnen Jump.

Nyatanya, jauh sebelum Jump Force, crossover Shōnen Jump ini pernah diwujudkan dalam game GameCube bernama Battle Stadium D.O.N. D.O.N. sendiri adalah singkatan dari Dragon Ball, One Piece, dan Naruto.

3. Capcom vs SNK 2
8 Game Fighting Crossover Terbaik, Banyak Tokoh Bersatu

Kolaborasi paling mengerikan yang pernah terjadi di dunia game fighting terjadi pada 2001. Di tahun tersebut, dua raksasa perusahaan game fighting, Capcom dan SNK, bekerja sama membuat game crossover. CVS memberikan catatan sejarah crossover tersendiri, namun sekuelnya, yaitu CVS2, dirasa oleh para penggemar game fighting sebagai game yang lebih baik dan lebih menarik.

4. Street Fighter x Tekken
8 Game Fighting Crossover Terbaik, Banyak Tokoh Bersatu

Ada banyak game crossover yang dibuat oleh Capcom. Jika CVS bekerja sama dengan SNK, maka di Street Fighter x Tekken, Capcom bekerja sama dengan Bandai Namco. Game ini punya grafis berkualitas tinggi serta gameplay super seru.

Semua ini bisa tampak lewat penilaian para gamer yang rata-rata memberi angka 9 dari 10 untuk review game ini. Penjualan gamenya juga mengerikan, yaitu terjual sebanyak 1 juta unit hanya dalam waktu 1 bulan.

5. Super Smash Bros. Ultimate
8 Game Fighting Crossover Terbaik, Banyak Tokoh Bersatu

Tidak ada yang lebih mengerikan dari jumlah karakter pada game ini. Super Smash Bros. Ultimate membawa 82 karakter masuk dalam satu judul game dan banyak dari karakter itu datang dari franchise game yang berbeda. Sebagai contoh, ada Snake dari Metal Gear Solid, Bayonetta, hingga yang terakhir Sora dari Kingdom Hearts.

6. Tatsunoko vs Capcom: Ultimate All-Stars
8 Game Fighting Crossover Terbaik, Banyak Tokoh Bersatu

Tidak banyak yang tahu akan game ini mengingat TVC dulunya rilis eksklusif di Jepang. Nama game ini baru mencuat di akhir-akhir setelah banyak anggota komunitas game fighting mengetahui betapa serunya TVC. Tatsunoko sendiri, jika kamu belum tahu, adalah studio animasi Jepang yang merilis karakter-karakter keren semacam Hurricane Polymar, Space Knight Tekkaman, dan Ninja Science Team Gatchaman!

7. BlazBlue: Cross Tag Battle
8 Game Fighting Crossover Terbaik, Banyak Tokoh Bersatu

Arc System Works memang terkenal dengan seri Guilty Gear dan Dragon Ball FighterZ. Akan tetapi untuk urusan crossover, Arc System Works lebih dikenal melalui judul BlazBlue: Cross Tag Battle.

Pada game ini, Arc System membawa banyak karakter dari judul game berbeda. Mulai dari BlazBlue, Persona 4 Arena, Under Night In-Birth, RWBY, hingga Arcana Heart, Senran Kagura, dan Akatsuki Blitzkampf.

8. Seri Marvel vs Capcom
8 Game Fighting Crossover Terbaik, Banyak Tokoh Bersatu

Bisa dibilang seri game MVC adalah cawan suci untuk genre fighting game crossover. Dimulai dari yang pertama hingga paling akhir, yaitu Marvel vs Capcom: Infinite, semua penggemar game fighting pasti menantikan dan memperhatikan game ini. Walaupun saat ini serinya sedang berhenti, banyak gamer yang masih memainkan judul-judul game lama MVC.