Berikut Game yang Dibuat Oleh Satu Orang & Lebih Berkwalitas

Berikut Game yang Dibuat Oleh Satu Orang & Lebih Berkwalitas

Berikut Game yang Dibuat Oleh Satu Orang & Lebih Berkwalitas – Permainan  sesuatu yang digunakan untuk bermain (sebuah mainan), sebuah barang atau sesuatu yang pada umumnya digunakan untuk hiburan atau kesenangan, dan kadang-kadang digunakan sebagai alat pendidikan.

Permainan berbeda dari pekerjaan, yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan upah, dan dari seni, yang lebih sering merupakan ekspresi elemen estetika atau ideologis. Tidak semudah ketika memainkannya, mengembangkan game sangatlah sulit sekalipun game yang dibuat merupakan game indie dengan visual sederhana maupun gameplay simpel.

Namun, game berikut luar biasanya dikembangkan oleh hanya satu orang saja yang berdedikasi tinggi dalam menuangkan kreativitas IDN Poker 777 mereka ke dalam bentuk media interaktif. Kerennya, game yang mereka buat diterima dengan tangan terbuka oleh para gamer berkat kualitas yang tidak kalah bagus dibanding game lain yang dibuat oleh banyak orang.

1. Axiom Verge

Axiom Verge for Nintendo Switch - Nintendo Game Details

Axiom Verge dikembangkan oleh seorang bernama Thomas Happ. Game metroidvania ini awalnya dirilis untuk PS4, sebelum akhirnya juga diluncurkan untuk PC, Xbox One, PS Vita, Wii U dan Nintendo Switch. Terinspirasi dari game seperti Metroid dan Contra, Axiom Verge merupakan game side-scroller yang berfokus pada sisi eksplorasi dan combat.

Pada game ini, pemain berperan sebagai Trace – seorang ilmuwan yang ditugaskan untuk menyelamatkan dunia alien dari orang jahat. Selain Axiom Verge, Happ juga diketahui ambil bagian dalam pengembangan game lain seperti End of Nations dan NFL Street.

2. Braid
Revisiting 'Braid', the Indie Video Game That Set the Industry Ablaze | GQ

Braid pada awalnya hanya dibuat oleh Jonathan Blow dan versi pertamanya diluncurkan untuk PC pada tahun 2005. Tiga tahun setelahnya, seorang seniman webcomic bernama David Hellman ikut dalam bagian pengembangan untuk menyempurnakan visual dari Braid sebelum kemudian kembali dirilis pada tahun 2008 untuk Xbox 360, PS3 dan PC (lagi).

Meski Hellman kemudian bergabung, Braid versi 2008 memiliki dunia, cerita dan unsur puzzle yang sama seperti versi 2005. Braid sendiri berkisah mengenai pria bernama Tim yang sedang mencari seorang putri yang ditangkap oleh monster.

3. Dust: An Elysian Tail
Dust: An Elysian Tail for Nintendo Switch - Nintendo Game Details

Dust: An Elysian Tail diciptakan oleh satu orang saja yaitu Dean Dodrill. Game ini dirilis untuk Xbox 360 pada tahun 2012, sebelum dirilis juga untuk PC pada 2013, PS4 pada 2014 dan mobile pada 2015. Versi Nintendo Switch juga telah dikonfirmasi, meski hingga kini belum ada tanggal rilis pasti.

Dust: An Elysian Tail sendiri berlatar di dunia fiksi bernama Falana. Pemain mengendalikan karakter bernama Dust yang punya misi untuk membantu penduduk dunianya melawan pasukan yang dipimpin General Gaius pasca menemukan pedang – Blade of Ahrah dan penjaga pedangnya yang bernama Fidget.

4. Minecraft
Minecraft: We bet you didn't know these facts | Technology News,The Indian  Express

Dikembangkan oleh Markus “Notch” Persson, Minecraft merupakan salah satu game paling populer di dunia yang diluncurkan untuk PC pada tahun 2009 sebelum dibawa ke platform lain seperti mobile dan konsol. Game yang mengusung genre sandbox RPG ini memberi misi pemain untuk bertahan hidup dengan membuat tempat berlindung, bercocok tanam dan mengalahkan musuh-musuh yang ada pada dungeon. Minecraft dibuat sebagai game yang tidak dapat tamat di mana dunia dirancang agar bisa terus berkembang dan dieksplorasi oleh para pemainnya.

5. Spelunky
Spelunky for Nintendo Switch - Nintendo Game Details

Spelunky dikembangkan oleh Derek Yu dan awalnya dirilis secara cuma-cuma untuk PC. Game ini kemudian dibuat ulang untuk Xbox 360 pada tahun 2012 dan diporting ke platform lain seperti PS3, PS4, PS Vita dan juga PC.

Pemain mengendalikan seorang spelunker (orang yang gemar mengeksplorasi gua) pada game ini, dengan tujuan untuk mencari sebanyak mungkin harta karun sembari menghindari musuh dan banyak jebakan mematikan. Spelunky juga mengusung elemen roguelike yang bisa dilihat dari levelnya yang dibuat secara acak/random, tingkat kesulitan tinggi dan tidak adanya save point.

6. Stardew Valley
Stardew Valley's creator is running a $40,000 esports tournament next month  | Engadget

Selanjutnya adalah Stardew Valley yang dibuat oleh Eric “ConcernedApe” Barone. Game ini dirilis untuk PS4, Xbox One dan PC pada tahun 2016 dan diporting ke Nintendo Switch pada 2017 dan PS Vita pada 2018.

Pada game ini, pemain punya misi untuk mengatur kehidupan seorang karakter yang berusaha untuk melepas penat dari rutinitas kerja kantoran dengan merawat peternakan milik kakeknya. Kepada PC Gamer, Barone yang mengaku gemar bermain seri Harvest Moon menyebut jika ia memulai pengembangan Stardew Valley pada 2011 untuk mendapatkan pekerjaan di industri yang ia cintai.

7. Undertale
UnderTale by Toby Fox — Kickstarter

Undertale dikembangkan oleh Toby Fox dan dirilis untuk PC pada tahun 2015, serta PS4 dan PS Vita pada 2017. Sama seperti Dust: An Elysian Tail juga dikonfirmasi akan rilis di Nintendo Switch namun tanpa tanggal rilis pasti. Pada Undertale, pemain berperan sebagai anak manusia yang jatuh ke dalam Underground – rumah bagi berbagai macam monster.

Misi pemain adalah mengeluarkan sang anak dari “mimpi buruk” itu. Yang menarik, setiap langkah yang pemain pilih di dalam Undertale dapat berdampak pada dialog, karakter dan cerita secara keseluruhan.

Namun, perbedaannya tidak jelas, dan banyak permainan juga dianggap sebagai karya (seperti pemain profesional olahraga atau permainan penonton) atau seni (seperti puzzle atau permainan yang melibatkan tata letak artistik seperti Mahjong, solitaire, atau beberapa permainan video).

Diuji sejak 2600 SM, permainan adalah bagian universal dari pengalaman manusia dan hadir dalam semua budaya. Permainan Kerajaan Ur, Senet, dan Mancala adalah beberapa permainan tertua yang diketahui.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa game yang tidak banyak diketahui dibuat oleh satu orang saja. Dari 7 game di atas, Minecraft jadi yang paling sukses dengan berhasil menjadi game terlaris sepanjang masa dengan terjual sebanyak lebih dari 200 juta kopi di berbagai platform.