Berikut Tujuh Contoh Game Puzzle yang Bikin Kamu Mumet

Berikut Tujuh Contoh Game Puzzle yang Bikin Kamu Mumet

Berikut Tujuh Contoh Game Puzzle yang Bikin Kamu Mumet – Mainan bongkar pasang atau puzzle adalah permainan edukatif yang telah ada sejak abad ke-18. Permainan ini masih eksis hingga saat ini, karena terbukti dapat melatih kecerdasan otak anak! Puzzle merupakan salah satu genre game yang populer. Tidak perlu selalu penuh dengan aksi nonstop, puzzle justru menawarkan pengalaman yang santai.

Manfaat puzzle untuk melatih kecerdasan otak anak bahkan telah terbukti lewat berbagai studi. Disebutkan bahwa permainan yang satu ini ternyata dapat menstimulasi kedua bagian otak, sehingga dapat mengasah berbagai fungsinya dengan optimal. Namun, game puzzle tidak dapat diremehkan. Dilihat dari segi kesulitan, jenis game ini bisa lebih sulit daripada game kompetitif.

Akan tetapi, kesenangan dan kepuasan yang diperoleh setelah menyelesaikan puzzle yang susah merupakan perasaan yang tidak terkalahkan. Dari banyaknya game puzzle yang ada di pasaran, berikut adalah tujuh contoh game puzzle yang bikin kamu pusing.

1. 5D Chess With Multiverse Time Travel
5D Chess With Multiverse Time Travel Trailer - YouTube

Bagi kamu para penggemar catur, kamu harus coba game puzzle yang satu ini. Melihat judul dan thumbnail video YouTube di atas, pusing menjadi perasaan yang normal.

Lebih menariknya, game ini sudah pernah dimainkan oleh para pemain catur ternama di dunia seperti Hikaru Nakamura. Boleh dibilang, orang-orang berprestasi itu juga menggaruk-garuk kepala ketika bermain 5D Chess. Berani coba? Game ini tersedia di PC.

2. Baba Is You
Baba Is You for Nintendo Switch - Nintendo Game Details

Impresi pertama yang mungkin muncul ketika melihat Baba is You adalah ‘grafiknya simpel’. Well, kamu tidak salah sih. Akan tetapi, game dengan grafik bagus belum tentu bagus pula dari segi substansinya. Nah, selain memiliki grafik yang simpel, Baba is You juga memiliki gameplay yang sederhana. Namun, kamu harus berpikir keras untuk menyelesaikan setiap level dalam game indie ini.

Apa yang terjadi? Kamu menjadi batu. Yup, karena logikanya ‘Rock is You‘ atau ‘Batu adalah Kamu’, kamu tidak lagi mengontrol Baba. Kalau ingin mengontrol Baba, kamu harus mengubah aturannya kembali menjadi ‘Baba is You‘. Sekarang, bayangkan gameplay tersebut tetapi dengan skala yang lebih kompleks. Itulah esensi Baba is You. Game ini tersedia di PC dan Nintendo Switch.

3. Superliminal
Superliminal - Instructional Trailer - YouTube

Apabila Baba is You menggunakan permainan kata sebagai gimiknya, Superliminal justru menggunakan ilusi optik. Ketika kamu mengambil objek, ukuran objek itu bisa berbeda saat kamu melepaskan objek tersebut.

Rumit? Itulah Superliminal.

Kamu benar-benar harus berpikir di luar kepala untuk dapat menyelesaikan setiap puzzle yang ditawarkan game buatan Pillow Castle ini. Kalau tertarik, kamu dapat membeli game ini di PC, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

4. The Witness
The Witness on Steam

Berbeda dengan Superliminal, The Witness merupakan game puzzle di ruang yang terbuka (open world). Berarti, kamu tidak hanya menyelesaikan puzzle yang ada. Kamu harus mengeksplorasi pulau dalam game tersebut dan secara mandiri mencari puzzle yang ingin dikerjakan.

Mekanisme puzzle game buatan Jonathan Blow ini cukup sederhana. Kamu menghubungkan titik awal dan titik akhir dengan ‘menggambar’ jalur yang tepat. Jadi, seperti menemukan jalan keluar dari sebuah labirin.

Ingin mencoba? Game ini dapat dibeli di PC, PS4, Xbox One, dan iOS.

5. Portal + Portal 2
Portal 2 - Portal 2 - Update - Steam News

Siapa yang tidak kenal seri Portal? Rasanya, Portal menjadi salah satu seri populer Valve selain Half-Life, Counter Strike, dan Left 4 Dead.

Seri Portal dapat kamu mainkan di PC, Xbox 360, dan PS3. Bagi kamu yang merupakan sosok kompetitif tetapi juga punya ketertarikan pada Portal, kamu bisa mencoba Splitgate.

6. Manifold Garden
Manifold Garden on Steam

Manifold Garden adalah game puzzle yang terasa cukup surreal. Dengan setting Escheresque, gaya visual yang terinspirasi oleh hasil karya seniman grafis Maurits Cornelis Escher, dunia Manifold Garden mengizinkan kamu untuk memanipulasi gravitasi.

Game besutan William Chyr tersebut telah mendapatkan berbagai nominasi, seperti ‘Best Debut’ dari Game Developers Choice Awards dan BAFTA Game Awards. Manifold Garden tersedia di platform PC, iOS, PS4, Nintendo Switch, Xbox One, Xbox Series X, Xbox Series S, dan PS5.

7. The Talos Principle
The Talos Principle on Steam

Dari developer Croteam yang terkenal karena seri Serious Sam, hadirlah The Talos Principle. Berbeda genre, berbeda gaya, tapi inilah game Croteam yang mendapatkan respons paling positif baik dari kritikus maupun para gamer.

Sebagai robot yang bangun dari tidur di tempat yang sangat misterius, kamu diberi tugas oleh penciptamu untuk menyelesaikan serangkaian puzzle yang semakin sulit seiring progres kamu berjalan.