Daftar Permainan Tradisional Untuk Mengenang Zaman Dulu

Daftar Permainan Tradisional Untuk Mengenang Zaman Dulu

Daftar Permainan Tradisional Untuk Mengenang Zaman Dulu – Mengenal Permainan Tradisional yang Bisa Dimainkan dengan Alat atau tanpa Alat Permainan anak tradisional adalah jenis-jenis permainan dari zaman dulu yang konsepnya sederhana, tanpa mesin rumit, baterai, atau koneksi internet seperti permainan modern.

Permainan tradisional yang kini disebut permainan jadul biasanya dimainkan berkelompok atau minimal berpasangan. Alat yang digunakan sangat sederhana dan murah meriah karena dibuat dari bahan-bahan di sekitar. Sementara cara memainkannya tak jarang disertai nyanyian khas. Biasanya suka stres dan jenuh bila berada di rumah terus, bosan dan gak tau harus ngapain.

Apalagi di masa-masa PPKM begini mengharuskan untuk tidak ke mana-mana dulu. Rasa stres, jenuh, dan bosan terus bertengger di dalam diri akan dapat memengaruhi pada kesehatan mental seseorang, lho. Nah, maka itu biar kesehatan tetap terjaga selama di rumah, solusinya ialah mencari hiburan, contohnya bermain permainan tradisional.

1. Congklak
5 Rekomendasi Permainan Tradisional yang Dapat Usir Bosan

Congklak merupakan permainan tradisional yang biasanya bermain dengan sejenis cangkang kerang untuk biji congklak. Dulu permainan ini sangat populer. Oh ya, asal kamu tahu ya permainan congklak ini aslinya dari bangsa Arab dan diperkirakan masuk ke Asia sekitar tahun 1640 silam.

Jadi congklak ini bukanlah suatu permainan lokal asli. Namun begitu, permainan congklak ini sangat seru loh untuk dimainkan oleh orang-orang Indonesia. Untuk cara bermain pun mudah yaitu pemainnya harus dua orang, lalu isikan setiap lubang congklak dengan 7 biji kerang, setelah itu mulai mainkan tapi bermainnya dari sebelah kanan dulu ya.

Dan siapa yang memasukkan bijinya ke lubang lawan, berarti dia mati dan gantian dengan lawan. Hingga lawan lagi main sampai berulang.

2. Bola bekel
5 Rekomendasi Permainan Tradisional yang Dapat Usir Bosan

Dulu, bola bekel salah satu permainan rakyat yang paling disegani oleh kalangan perempuan. Main dengan suatu bola yang terbuat dari karet yang agak kenyal sehingga dapat memantul ketika menyentuh permukaan lantai, disertai beberapa biji cangkang untuk dimainkannya.

Cara memainkan pun sangat mudah namun harus sigap, yaitu dimulai dengan melambungkan bola karet, dan ketika bolanya dilambungkan segera menaburkan biji cangkang ke lantai.

Sewaktu bola melambung ke atas, ambil biji bekel satu persatu dan pemain akan meraup jumlah biji cangkang sesuai dengan tingkatannya.

3. Kelereng
5 Rekomendasi Permainan Tradisional yang Dapat Usir Bosan

Permainan kelereng punya sebutan yang berbeda-beda di setiap wilayahnya, seperti gundu, kaleci, neker, gotri, atau guli. Biasanya kelereng banyak disegani oleh anak laki-laki, karena kelereng suatu permainan yang membutuhkan keterampilan membidik dan menembak kelereng target, sehingga itu sangat menarik bagi kalangan anak laki-laki.

Namun anak perempuan juga suka sama permainan kelereng ini. Bermain kelereng punya banyak manfaatnya juga, yaitu bisa melatih keterampilan motorik, melatih kemampuan kognitif atau berpikir, kemampuan berhitung, mengasah keterampilan sosial, dan melatih mengendalikan emosi.

4. Lompat tali karet
5 Rekomendasi Permainan Tradisional yang Dapat Usir Bosan

Lompat tali merupakan salah satu permainan yang seru untuk dimainkan para anak perempuan. Sebuah permainan yang di mana satu orang atau lebih melompati sebuah tali yang dikibas-kibaskan sehingga kibasan tali tersebut melintasi bagian bawah kaki mereka dan atas kepala mereka.

Itulah mengapa main lompat tali sangatlah menyenangkan bagi anak perempuan, apalagi dimainkan oleh banyak orang sekitar 4 sampai 10 orang.

5. Petak umpet
5 Rekomendasi Permainan Tradisional yang Dapat Usir Bosan

Petak umpet merupakan sejenis permainan cari dan sembunyi yang bisa dimainkan minimal 3 orang yang umumnya dilakukan di luar ruangan. Permainan yang sangat sederhana tapi sangat seru dimainkan.

Untuk bisa bermain lebih seru lagi, carilah beberapa orang untuk ikut bermain, kemudian semua orang gambreng sampai tersisa 2 orang.

Dua orang yang tersisa harus suit sampai 3 kali, dan yang kalah harus menutup matanya sambil menghitung angka sampai selesai. Setelah itu baru mencari orang-orang yang telah bersembunyi di suatu tempat. Dan harus sampai dapat ditemukan, ya kalau mau menang.

Rekomendasi permainan tradisional yang dapat dimainkan ketika lagi jenuh selama di rumah, bisa kamu coba. Kamu bisa bermain bersama keluarga, dengan permainan yang bikin nostalgia ke zaman kecil lagi. Pastinya lebih seru dibandingkan bermain gadget.

Bermain dengan mainan-mainan tradisional memiliki banyak manfaat untuk anak. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Meningkatkan intuisi
  • Melatih kemampuan berkomunikasi
  • Mengajarkan sosialisasi sejak dini
  • Merangsang kreativitas anak
  • Melatih kemampuan motorik halus
  • Melatih kepekaan anak terhadap lingkungan
  • Menyehatkan badan
  • Mengurangi risiko stres pada anak

Permainan tradisional yang dimainkan dengan bantuan alat juga cukup banyak. Ada yang menggunakan peralatan sederhana seperti pecahan genting, batu kerikil, atau biji kapuk. Ada pula yang peralatannya harus dibuat dengan keterampilan khusus. Misalnya gasing, layang-layang, bola bekel, atau egrang.