Deretan Aplikasi Edit Foto Untuk Mempercantik Produk Bisnis

Deretan Aplikasi Edit Foto Untuk Mempercantik Produk Bisnis

Deretan Aplikasi Edit Foto Untuk Mempercantik Produk Bisnis – (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kepada usaha  ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. UMKM artinya bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil.

Sejak pandemi COVID-19 membatasi kegiatan banyak orang, terutama perlaku UMKM, banyak UMKM yang terkena dampak buruk yang berujung dengan gulung tikar. Tetapi, terdapat cara yang sangat ampuh dalam menghadapi situasi ini, yaitu beralih ke digital. Hal ini juga mendapat dukungan dari Kemenkominfo yang menyarankan pelaku UMKM untuk segera Go Online dan memanfaat plaform digital agar bisnis tetap berjalan lancar.

Sebagai pelaku UMKM, kamu perlu memiliki beberapa kemampuan yang bisa belajar secara otodidak seperti teknik dasar memotret foto produk agar terlihat menarik hingga edit foto produk agar terlihat lebih menarik dan lebih cantik. Jika kamu masih mencari aplikasi edit foto untuk mempercantik produk foto UMKM, kamu bisa simak ulasan ini lebih lanjut.

1. Snapseed
7 Aplikasi Edit Foto untuk Membuat Produk UMKM Terlihat Menarik

Biasanya aplikasi edit foto ini sering digunakan oleh traveller agar bisa mempercantik foto yang mereka potret selama liburan. Namun, saat ini Snapseed pun digunakan bagi para pebisnis hingga pelaku UMKM agar produk yang akan mereka jual terlihat menarik. Terdapat berbagai fitur yang bisa kamu gunakan di Snapseed, seperti mengatur cahaya, menggunakan efek, dan lainnya.

2. Canva
7 Aplikasi Edit Foto untuk Membuat Produk UMKM Terlihat Menarik

Selain digunakan untuk edit proposal demi memenuhi kebutuhan presentasi, Canva bisa digunakan sebagai aplikasi edit foto dengan menyediakan berbagai template dan font yang bisa kamu pilih. Dalam mengoperasikan aplikasi desain grafis ini, kamu tidak perlu menguasai keahlian tertentu karena Canva bisa digunakan dengan mudah.

3. Picsart
7 Aplikasi Edit Foto untuk Membuat Produk UMKM Terlihat Menarik

Salah satu aplikasi edit foto yang menyediakan fitur lengkap yaitu Picsart. Dengan mengunduh aplikasi Picsart, kamu bisa menggunakan fitur seperti memotong bagian foto, menggunakan filter yang tersedia, menambah tulisan, dan lainnya. Font yang tersedia di Picsart pun beragam sehingga kamu bisa memilih font yang tepat untuk foto produkmu, serta atur ketebalan dan letak tulisan dengan tepat.

4. Pixlr
7 Aplikasi Edit Foto untuk Membuat Produk UMKM Terlihat Menarik

Jika kamu ingin edit foto secara sederhana, seperti menggabungkan banyak foto ke dalam satu frame, kamu bisa gunakan aplikasi Pixlr. Terdapat berbagai tools yang tersedia untuk mempercantik foto produk kamu, sehingga calon konsumen akan lebih tertarik dan memiliki peluang membeli produk jualanmu.

5. Remove.bg
7 Aplikasi Edit Foto untuk Membuat Produk UMKM Terlihat Menarik

Berbeda dari aplikasi yang telah disebut sebelumnya, Remove.bg berfungsi sebagai aplikasi yang akan menghilangkan atau menghapus latar belakang yang tidak penting. Kamu bisa unduh Remove.bg secara gratis. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah, sehingga kamu tidak memerlukan kemampuan khusus untuk operasikan aplikasi Remove.bg.

6. InCollage
7 Aplikasi Edit Foto untuk Membuat Produk UMKM Terlihat Menarik

Jika kamu butuh aplikasi untuk menyatukan banyak foto menjadi satu frame,  kamu bisa gunakan aplikasi InCollage. Tetapi perlu diingat bahwa menggunakan terlalu banyak foto akan membuat hasil fotomu terlihat penuh dan kurang menarik. Jadi kamu bisa tambahkan beberapa foto saja, ya.

7. VSCO
7 Aplikasi Edit Foto untuk Membuat Produk UMKM Terlihat Menarik

Aplikasi VSCO cukup terkenal dengan menyediakan berbagai filter menarik yang akan membuat foto terlihat semakin menarik. Kamu bisa manfaatkan aplikasi VSCO dan tambahkan filter yang sesuai. Kamu bisa gunakan fitur lainnya seperti border, mengatur terang dan gelap, hingga menambahkan  grain atau titik-titik kecil yang terlihat aesthetic.

Aplikasi yang telah disebutkan di atas bisa kamu gunakan untuk membuat foto produk terlihat menarik. Dengan begitu, ketika kamu unggah ke media sosial atau marketplace, calon konsumen akan tertarik untuk mampir ke toko onlinemu.

Yang termasuk kriteria usaha mikro adalah usaha yang memiliki kekayaan bersih mencapai Rp 50.000.000,- tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Hasil penjualan usaha mikro setiap tahunnya paling banyak Rp 300.000.000,- Usaha kecil merupakan suatu usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, baik yang dimiliki perorangan atau kelompok dan bukan sebagai badan usaha cabang dari perusahaan utama. Dikuasai dan dimiliki serta menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah.