Deretan Aplikasi Speech To Text yang Efisien dan Praktis

Deretan Aplikasi Speech To Text yang Efisien dan Praktis

Deretan Aplikasi Speech To Text yang Efisien dan Praktis – Pengenalan ucapan atau pengenalan wicara dalam istilah bahasa Inggrisnya, automatic speech recognition (ASR) adalah suatu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan.

Teknologi ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat. Kamu yang pernah melakukan tugas wawancara pasti tahu betapa menyebalkannya melakukan transkrip.

Mendengarkan seluruh wawancara, lalu menuliskannya, itu semua membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untungnya teknologi terus berkembang hingga menciptakan aplikasi yang mampu mengubah suara rekaman langsung menjadi rekaman. Namanya adalah aplikasi speech to text.

1. Live Transcribe
7 Rekomendasi Aplikasi Speech to Text Terbaik, Efisien!

Aplikasi ini sudah berada di AppStore dan Playstore sehingga kamu bisa coba sesegera mungkin. Bisa dibilang Live Transcribe adalah aplikasi speech to text yang populer mengingat penggunanya sudah berjuta-juta.

2. Google Keyboard
7 Rekomendasi Aplikasi Speech to Text Terbaik, Efisien!

Dikenal juga sebagai Gboard, aplikasi ini seharusnya sudah tersedia secara otomatis di HP androidmu. Di dalam Gboard ini, terdapat fitur voice typing yang memungkinkanmu mengetik dengan berucap suara. Dengan kata lain kamu bisa langsung mendapatkan transkrip teks, asalkan obrolan yang direkam memiliki pelafalan yang jelas.

3. Transcriber
7 Rekomendasi Aplikasi Speech to Text Terbaik, Efisien!

Aplikasi yang dibangun oleh WBS ini merupakan salah satu aplikasi speech to text yang paling menjanjikan. Teknologi AI-nya mencoba menjamin pembentukan teks yang sesuai dengan ucapan yang terekam.

Karena itu kamu perlu membelinya. Beruntung Transcriber memberikan durasi pemakaian gratis 10 menit agar kamu bisa mencobanya terlebih dahulu.

4. Speechnotes
7 Rekomendasi Aplikasi Speech to Text Terbaik, Efisien!

Yang menyenangkan dari Speechnotes adalah aplikasi ini punya opsi bahasa Indonesia. Itu berarti rekaman suara yang biasa kamu lakukan sehari-hari bisa diubah ke teks lebih mudah dan lebih meyakinkan. Tentu saja ada opsi bahasa lain yang bisa kamu gunakan.

5. Windows Speech Recognition
7 Rekomendasi Aplikasi Speech to Text Terbaik, Efisien!

Sadarkah kamu ternyata Windows 10 yang (mungkin) sedang kamu pakai saat ini ternyata sudah memiliki software yang bisa mengubah suara menjadi teks? Namanya Windows Speech Recognition dan untuk menyalakannya, kamu perlu menekan tombol Windows + Ctrl + S pada keyboard di halaman dekstop.

Mengingat adanya AI dalam aplikasi tersebut, Windows Speech Recognition akan semakin bagus semakin sering kamu menggunakannya. Tentu saja aplikasi ini hanya bisa digunakan di komputer.

6. Voice Search
7 Rekomendasi Aplikasi Speech to Text Terbaik, Efisien!

Digarap oleh Prometheus Interactive LLC, aplikasi ini telah beredar sejak 2011 dan terus mendapatkan pengembangan. Untuk sekarang, kamu bisa memakai beberapa pilihan bahasa.

Mulai dari Inggris, Spanyol, Arab, China, Rusia, dan lainnya. Jika kamu cukup banyak berinteraksi dengan native speaker dari luar negeri, Voice Search akan sangat berguna untuk menuliskan otomatis ucapan mereka, baik saat kamu wawancara ataupun ikut kelas dan seminar/workshop.

7. Write by Voice
7 Rekomendasi Aplikasi Speech to Text Terbaik, Efisien!

Write by Voice mendapatkan banyak review positif dari para penggunanya. Walaupun tampilan UI-nya sederhana, aplikasi ini berjalan dengan sangat baik dan mampu mencatat suara dengan jelas.

Kata-kata yang diucapkan diubah bentuknya menjadi sinyal digital dengan cara mengubah gelombang suara menjadi sekumpulan angka yang kemudian disesuaikan dengan kode-kode tertentu untuk mengidentifikasikan kata-kata tersebut. Hasil dari identifikasi kata yang diucapkan dapat ditampilkan dalam bentuk tulisan atau dapat dibaca oleh perangkat teknologi sebagai sebuah komando untuk melakukan suatu pekerjaan, misalnya penekanan tombol pada telepon genggam yang dilakukan secara otomatis dengan komando suara.

Alat pengenal ucapan, yang sering disebut dengan speech recognizer, membutuhkan sampel kata sebenarnya yang diucapkan dari pengguna. Sampel kata akan didigitalisasi, disimpan dalam komputer, dan kemudian digunakan sebagai basis data dalam mencocokkan kata yang diucapkan selanjutnya. Sebagian besar alat pengenal ucapan sifatnya masih tergantung kepada pembicara.