Deretan Game Indie yang Segera Rilis di Bulan Desember ini

Deretan Game Indie yang Segera Rilis di Bulan Desember ini

Deretan Game Indie yang Segera Rilis di Bulan Desember ini – Gim indie , kependekan dari gim video independen , adalah gim video yang biasanya dibuat oleh individu atau tim pengembangan yang lebih kecil tanpa dukungan finansial dan teknis dari penerbit gim besar , berbeda dengan kebanyakan gim “AAA” (triple-A) .

Namun, istilah “indie” mungkin berlaku untuk skenario lain di mana pengembangan game memiliki beberapa ukuran independensi dari penerbit bahkan jika penerbit membantu mendanai dan mendistribusikan game, seperti kebebasan berkreasi.  Bulan  November telah berlalu tanpa disadari.

Kini, para gamer sedang sibuk mendiskusikan game apa yang layak menjadi Game of the Year, padahal ada banyak game yang baru rilis pada bulan Desember, baik AAA maupun indie. Dari banyaknya game indie terbaru yang rilis bulan Desember, terdapat sejumlah game yang wajib untuk dicoba.

1. Wartales – 1 Desember (PC)
Wartales will be released on December 1 - Game News 24

Nama Shiro Games pastinya sudah tidak asing lagi di telinga pencinta game indie. Sebab, tim developer asal Prancis ini merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam pembuatan Evoland dan Northgard. Kini, mereka siap merilis game terbarunya, Wartales. Dalam game RPG open-world ini, kamu memimpin sekelompok karakter tak bermoral dan melakukan penjelajahan benua yang luas, melawan bandit, serta mengerjakan misi dari berbagai pihak.

Deretan kegiatan ini sangat menantang karena kamu adalah manusia biasa, bukan pahlawan yang sering muncul dalam cerita fiksi. Jadi, kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk bertahan hidup dalam dunia Wartales yang keras.

2. Archvale – 2 Desember (PC, Xbox One, Nintendo Switch)

Bullet Hell. The archvale Release Date - Game News 24

Kalau menyukai genre bullet hell yang rusuh dan tidak memberikan kamu waktu untuk beristirahat, kamu patut mencoba Archvale. Game yang memiliki kemiripan dengan Enter the Gungeon ini bercerita tentang petualangan kamu dalam menghadapi kekuatan musuh bernama ‘Undying’ untuk menemukan kebenaran tentang dunia Archvale.

Archvale memberikan kamu kesempatan untuk membuat lebih dari 200 senjata dan armor. Dengan demikian, kamu bisa bertempur melawan musuh sesuai gaya bermain kamu sendiri. Mengingat game ini memiliki genre bullet hell, kamu tidak sepenuhnya bergantung pada senjata dan armor. Gerakan yang gesit dan refleks yang cepat juga menjadi senjata yang tidak boleh dilupakan.

3. Mechajammer – 2 Desember (PC)
Mechajammer torrent download upd.14.06.2021 (demo)

Konsep open world yang dimiliki oleh Mechajammer terbilang unik. Alih-alih melakukan eksplorasi untuk mengenal dunia itu secara lebih dekat, kamu dan kawananmu berusaha mencari jalan untuk melarikan diri dari planet yang brutal.

Tindakan melarikan diri ini jauh dari kata mudah. Kamu wajib mengumpulkan informasi dari rumor, menyogok musuh, dan menyelesaikan rangkaian misi yang ada. Seiring berjalannya waktu, kamu diberikan pilihan sulit yang akan mengubah jalan cerita game RPG ini. Choose wisely!

4. Solar Ash – 3 Desember (PC, PS4, PS5)
Promising Indie Game Solar Ash Has Been Delayed to 2nd December - Push  Square

Seharusnya rilis pada Oktober lalu, Solar Ash mengalami penundaan sampai bulan Desember. Meskipun fans merasa kecewa, rasa hype mereka belum padam. Kini, para gamer tinggal menghitung jari sebelum mendapatkan kesempatan untuk mencoba game besutan tim Heart Machine ini.

Solar Ash adalah game platformer yang menempatkan perhatian khusus untuk gerakan (movement) karakter, bukan sistem combat-nya. Dengan gerakan yang cepat dan fluid, kamu menjelajahi black hole raksasa dan menaklukkan musuh yang buas untuk menyelamatkan planet kamu. Solar Ash cocok dimainkan kalau kamu suka game petualangan dengan unsur parkur.

5. Heavenly Bodies – 7 Desember (PC, PS4, PS5)
Inside the art design of Heavenly Bodies, launching December 7 –  PlayStation.Blog

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa astronot mengambang di luar angkasa. Melihat hal ini, 2pt Interactive selaku tim developer Heavenly Bodies ingin membuat game seputar gerakan astronot yang terlihat sulit. Untuk menyimulasikan kesulitan itu, tim pengembang mengimplementasi fitur kontrol yang kurang lebih mirip dengan game Octodad dan Heave Ho. Maksudnya, kamu dapat mengendalikan setiap tangan dan kaki dengan tombol yang berbeda.

Kemenarikan Heavenly Bodies tidak berhenti sampai di sini saja. Rupanya, deretan level dalam game ini terinspirasi oleh prestasi astronot sepanjang sejarah. Dengan kata lain, game ini juga bisa menjadi sarana belajar bagi mereka yang tertarik dengan antariksa. Supaya tidak kesepian di luar angkasa, kamu boleh mengajak teman dalam menghadapi level yang seru.

6. Wolfstride – 7 Desember (PC)

Wolfstride diluncurake tanggal 7 Desember

Perpaduan visual ala manga dalam combat dan pixel art dalam eksplorasi membuat Wolfstride menjadi salah satu game yang paling mencolok dalam list ini. Benar-benar memanjakan mata!

Game yang digarap oleh OTA IMON Studios ini menceritakan tentang tiga kawan yang memutuskan untuk berpartisipasi dalam kompetisi mecha yang paling elit di planet itu, yakni ‘Ultimate Golden God Tournament’. Masing-masing berkontribusi untuk mencapai kesuksesan. Tak melulu bertempur di arena, ketiga karakter ini perlu memperbaiki kerusakan robot setelah duel, menambahkan senjata baru, dan melakukan upgrade. Keren abis!

7. White Shadows – 8 Desember (PC, PS5, Xbox Series X|S)

White Shadows revealed for PS5, Xbox Series X, and PC | TheSixthAxis

Warna hitam putih tidak menjadi identitas Wolfstride saja, tetapi juga game White Shadows. Kamu mengikuti kisah Ravengirl dalam usahanya untuk melarikan diri dari distopia brutal yang didasari pada kekerasan dan penindasan. Ravengirl sendiri berada di bagian bawah tangga sosial hierarki distopia tersebut.

Untuk melarikan diri, Ravengirl perlu bertahan hidup dari mesin yang dapat menggilingnya jadi debu dan menghindari para penjaga yang siap menembaknya tanpa berpikir panjang. Jika dilihat dari segi visual dan gameplay-nya, White Shadows terasa seperti Little Nightmares tetapi dengan isu sosial sebagai fokus utamanya.

8. Wytchwood – 9 Desember (PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X|S, Nintendo Switch)
Wytchwood launches December 9 for PS5, Xbox Series, PS4, Xbox One, Switch,  and PC - Gematsu

Biasanya, developer Alientrap lebih memilih untuk mengadopsi genre aksi ketimbang genre lainnya. Kali ini, mereka mencoba tipe game yang berbeda melalui Wytchwood.

Wytchwood merupakan game petualangan dengan unsur crafting yang mengambil tempat di negeri dongeng yang ekspresif. Kamu mengambil peran sebagai penyihir tua yang akan menelusuri pedesaan aneh, mengumpulkan bahan-bahan yang ajaib, dan membuat mantra sihir. Nantinya, sihir ini digunakan untuk mengajarkan nilai moral kepada setiap orang jahat. Sebagai contoh, kamu dapat mengubah orang serakah menjadi katak.

Karena kemandirian dan kebebasannya untuk berkembang, game indie sering kali berfokus pada inovasi , gameplay eksperimental, dan pengambilan risiko yang biasanya tidak diberikan dalam game AAA, dan mungkin mengeksplorasi media untuk menghasilkan pengalaman unik dalampermainan seni . 

Game indie cenderung dijual melalui saluran distribusi digital daripada eceran karena kurangnya dukungan penerbit. Istilah ini identik dengan musik  independen atau film independen di masing-masing media. Pengembangan game indie lahir dari konsep pemrograman amatir dan hobi yang sama yang tumbuh dengan diperkenalkannya komputer pribadi dan bahasa komputer BASIC sederhana pada 1970-an dan 1980-an.