Deretan Game Konsol yang Sudah Ada di Platform Sejuta Umat

Deretan Game Konsol yang Sudah Ada di Platform Sejuta Umat

Deretan Game Konsol yang Sudah Ada di Platform Sejuta Umat – Konsol permainan adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa  monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau  controller. Konsol permainan pertama kali dibuat Atari, kemudian dilanjutkan dengan Nintendo yang sempat merajai pasaran pada tahun 1985-1989.

Persaingan antara Sony, Nintendo, dan Microsoft untuk menggaet pembeli kian berlanjut. Beragam strategi diterapkan untuk selangkah lebih maju dari kompetitor. Gimik konsol yang membedakan satu dan yang lain diikuti game-game eksklusif merupakan contoh taktik yang digunakan. Seperti namanya, ‘game eksklusif’ hanya tersedia di konsol yang bersangkutan. The Last of Us, Pokémon, dan Halo merupakan game eksklusif dari ketiga perusahaan raksasa tersebut. Seiring berjalannya waktu, sejumlah game eksklusif setiap platform masuk ke PC.

Perusahaan game mulai melebarkan sayap ke PC, baik melalui Steam maupun Epic GamesMicrosoft sudah merangkul PC  dengan erat sampai-sampai akan merilis Halo Infinite di platform tersebut. Di belakang Microsoft, ada Sony  yang sudah meluncurkan beberapa game. Di sisi lain, Nintendo hampir tidak pernah merilis game-nya di PC.

1. Kingdom Hearts 3
Can you open the map in Kingdom Hearts 3? | Map Guide | Gamepur

Kabar masuknya Kingdom Hearts 3 ke PC disambut kegembiraan oleh para gamer. Berita ini tidak disangka karena sebelumnya, game besutan Square Enix ini hanya tersedia di PS4 dan Xbox One.

Sejak awal, seri Kingdom Hearts secara keseluruhan merupakan eksklusif konsol. Namun, pada 30 Maret 2021 Epic Games resmi meluncurkan Kingdom Hearts III di platform-nya. Jangankan titel ke-12 dalam seri ini, Epic Games juga merilis Kingdom Hearts HD 1.5+2.5 ReMIX, Kingdom Hearts HD II.8 Final Chapter Prologue, dan Kingdom Hearts Melody of Memory.

Nama tersebut mungkin terlihat memusingkan. Akan tetapi, yang lebih memusingkan lagi adalah penetapan harga setiap game dalam platform tersebut yang dianggap terlalu mahal. Dilansir Metro, tidak sedikit pemain game yang menyuarakan kekecewaannya. Akibatnya, hype seri tersebut tidak terasa meskipun baru dirilis Maret lalu.

2. Detroit: Become Human
Detroit: Become Human™ Standard Edition (English/Chinese/Korean Ver.)

Detroit: Become Human pertama kali hadir di PC lewat platform Epic Games, tepatnya pada 12 Desember 2019. Setelah rilis di PS4 pada 2018, diikuti eksklusif selama kurang dari satu tahun di Epic Games, game karya Quantic Dream ini masuk Steam pada 18 Juni 2020.

Seperti game Quantic Dream lainnya (Heavy Rain, Beyond Two Souls), Detroit: Become Human juga menawarkan cerita dengan alur pilihan bercabang. Artinya, pilihan kamu akan memengaruhi jalan cerita dan ending. Hal ini akan membedakan gameplay kamu dengan gamer lainnya. Banyaknya pilihan dan ending membuat game ini sangat populer di kalangan YouTuber.

3. Persona 4 Golden
Persona 4 Golden REVIEW (PC) - YouTube

Sama seperti Kingdom Hearts III, pengumuman bahwa Persona 4 Golden akan dirilis di PC menuai banyak respons positif. Bagaimana tidak? Game RPG yang seharusnya hanya dapat dimainkan di konsol portabel PS Vita malah masuk PC. Untuk memberi konteks terhadap kebingungan ini, game yang ikonik ini tidak ada di PS4 atau konsol Sony lainnya.

Persona 4 Golden pertama kali muncul di pasaran pada 2012. Versi Steam datang delapan tahun kemudian. Meskipun begitu, antusiasme gamer tidak mengenal waktu. Lebih dari satu juta kopi terjual di Steam dengan total ulasan mencapai 42 ribu. Persentase ulasan positif mencapai 97 persen. Artinya, sekitar 41 ribu ulasan bernada positif.

Kini, penggemar seri Persona sedang menunggu kehadiran titel lainnya, seperti Persona 3 dan Persona 5 Royal. Sehubungan dengan itu, belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai rencana Atlus selanjutnya.

4. Horizon Zero Dawn

Horizon Zero Dawn: Complete Edition Launches Today Accompanied with a New  Trailer - AusGamers.com

Tanggal 10 Maret 2020, Horizon Zero Dawn dikonfirmasi akan hadir di PC. Bukan sebatas base game saja, versi game yang akan masuk PC adalah Complete Edition. Berarti, versi PC game besutan Guerilla Games itu juga dilengkapi oleh ekspansi The Frozen Wilds.

Setelah rilis tanggal 7 Agustus 2020 di Steam dan Epic Games, game ini dibanjiri bugs. Dilansir Rock Paper Shotgun, banyak gamer yang menghadapi lag. Kondisi terparahnya, game itu sama sekali tidak dapat dimainkan karena lag itu.

Sebagai respons, tim pengembang berusaha untuk memperbaikinya. Menurut artikel Eurogamer, usaha ini membawa hasil. Terdapat peningkatan performa dan penurunan bugs yang signifikan. Meskipun begitu, keadaan Horizon Zero Dawn untuk PC masih jauh dari kata ideal.

5. Halo: The Master Chief Collection
Halo: The Master Chief Collection is getting a serious Xbox Series X  upgrade | TechRadar

Kata ‘Halo’‘Master Chief’, dan ‘Cortana’  sangat identik dengan Xbox. Franchise ini dapat dikatakan legendaris dan pada kenyataannya memang melekat dengan identitas Xbox. Setelah bertahun-tahun eksklusif di konsol XboxHalo: The Master Chief Collection dirilis di PC lewat Microsoft Store dan Steam pada 3 Desember 2019.

Kompilasi ini terdiri dari enam buah game, yaitu Halo: Reach, Halo: Combat Evolved Anniversary, Halo 2: Anniversary, Halo 3, Halo 3:ODST, dan Halo 4. Belum ada informasi terkait masuknya Halo 5: Guardians di PC. Di sisi lain, game terbaru dalam seri Halo, Halo Infinite sudah dikonfirmasi akan masuk Xbox Series X, Xbox Series S, Xbox One, dan PC.

6. The Great Ace Attorney Chronicles
The Great Ace Attorney Chronicles Preview

The Great Ace Attorney Chronicles adalah salah satu game dari seri Ace Attorney. Apabila dibandingkan dengan game lainnya dalam list ini, game buatan Capcom yang berkisah tentang seorang pengacara ini masih relatif baru. Visual Novel yang dilengkapi elemen puzzle ini baru rilis di PC pada 28 Juli 2021.

Game ini sangat ditunggu-tunggu karena sebelumnya, kompilasi dua game ini tidak pernah diterjemahkan secara resmi dari Bahasa Jepang ke Bahasa Inggris. Selain itu, game tersebut hanya tersedia di Nintendo 3DS, iOS, dan Android. Setelah enam tahun menunggu, keinginan para penggemar untuk mengikuti cerita Ryunosuke Naruhodo pun menjadi kenyataan.

7. Yakuza 0
Yakuza 0 on Steam

Populer karena komedinya yang konyol, ceritanya yang seru, dan minigames-nya yang membuat ketagihan, versi PC dari Yakuza 0 menjadi salah satu game yang diantisipasi gamer ketika pertama kali diumumkan.

Berawal dari eksklusif konsol PS3 dan PS4, kini cerita yakuza junior, Kiryu dan Majima dapat dinikmati juga di PC dan Xbox One. SEGA pun perlahan tapi pasti terus-menerus memanjakan penggemar Yakuza.

Penerbit game ini merilis deretan sekuelnya, yaitu Yakuza Kiwami, Yakuza Kiwami 2, Yakuza 3 Remastered, Yakuza 4 Remastered, Yakuza 5 Remastered, Yakuza 6: The Song of Life, dan sebuah soft rebootYakuza: Like a DragonYakuza 6: The Song of Life baru dirilis 15 Maret 2021.

Jadi, para gamer dapat menikmati seluruh cerita utama Yakuza baik di PC, Xbox, maupun PS4. Sebenarnya masih banyak game eksklusif konsol yang masuk ke PC. Ketujuh game dalam list ini menjadi contoh game yang mendapatkan respons baik ketika pertama kali diumumkan.

Konsol permainan modern saat ini antara lain adalah PlayStation buatan  Sony dan Xbox buatan Microsoft. Konsol yang berdimensi kecil dan mudah dibawa ke mana-mana disebut konsol portabel, misalnya PlayStation Portable yang dirilis oleh Sony pada tahun 2005, dan Nintendo DS yang diproduksi oleh Nintendo