Deretan Game Mobile Era ’80-an ini Pasti Buat Kamu Nostalgia

Deretan Game Mobile Era ’80-an ini Pasti Buat Kamu Nostalgia

Deretan Game Mobile Era ’80-an ini Pasti Buat Kamu NostalgiaSebuah  game mobile adalah video game yang biasanya dimainkan pada ponsel. Secara historis, istilah ini mengacu pada semua game yang dimainkan pada perangkat portabel apa pun , termasuk dari ponsel ( ponsel berfitur atau ponsel cerdas ), tablet , PDA hingga konsol game genggam , pemutar media portabel atau kalkulator grafik , dengan dan tanpa kemampuan jaringan. 

Game paling awal yang diketahui pada ponsel adalah varian Tetris pada perangkat Hagenuk MT-2000 dari tahun 1994. Game mobile juga bisa buat lo nostalgia. Ngerasa, enggak, sih, budaya pop zaman sekarang sering banget ngerujuk sama budaya pop era 1980-an? Lihat aja, tahun lalu ada serial Stranger Things yang ngerujuk game arcade.

Tahun ini pun kembali heboh sama film Ready Player One dengan IDN Poker77 beragam easter egg dari beragam game. Game-game yang ada pun berasal dari era 1980-an yang lo sendiri pasti bingung karena jumlahnya banyak. Game era 1980-an awalnya populer dari mesin arcade yang segede gaban, terus makin modern, muncul, deh, game konsol yang bisa dimainin di rumah. Sekarang game makin canggih lagi soalnya lo bisa mainin game di mana pun dan kapan pun.

1. Pac-Man
Via https://apollo2.dl.playstation.net/cdn/EP0700/CUSA03862_00/FREE_CONTENTZHTLYCUWw02KwT7Xh27h/pacman_01.jpg

Mulai dari game arcade dan konsol, kini Pac-Man jadi game mobile, loh. Versi orisinal game Pac-Man yang dirilis oleh Bandai pada 1980 udah bisa lo mainin di smartphone. Rasakan nostalgia mainin salah satu game terpopuler di era arcade.

Game ini dirancang tanpa akhir. Namun pada masanya, lo bisa nyelesein dengan makan semua titik, buah, dan hantu tanpa kehilangan satu nyawa pun sampai level 256. Rekor itu pertama kali dipecahkan oleh Billy Mitchell pada 1999.

Parzival dalam Ready Player One juga membuat rekor yang serupa loh buat dapetin artefak koin buat nyawa tambahan, meski di versi filmnya berbeda.

Buat lo yang penasaran buat mecahin rekor, langsung aja, unduh di Play Store atau App Store. Enggak cuma versi orisinal, akan ada tingkat kesulitan lain yang bisa lo mainin. Selain itu, akan ada tambahan labirin, misi, dan juga sistem turnamen yang enggak kalah seru.

Via https://phandroid.s3.amazonaws.comhttps://cdn.kincir.com/1/old/2015/05/Pac-Man-256-screenshot.png

Mengusung tema yang lebih modern, lo juga bisa nyobain Pac-Man 265. Dengan nama yang terinspirasi dari level teratas, lo akan dibawa menuju game Pac-man yang lebih mutakhir. Akan ada glitch yang jadi ciri game orisinalnya. Ada juga kemampuan tambahan yang super unik, kayak tornado dan serangan laser.

2. Q*bert: Rebooted
Via https://lh3.googleusercontent.com/ca_QLPV3GVPXaav3aNtaWkadXvyN-x4d4_KsLllqzATDRTwx0Rk8LqsMCl7UdLq_eQ=h900

Game action 2D dengan puzzle yang gunain elemen grafis isometrik yang nimbulin efek 3-D. Q*bert pun bertransformasi jadi game mobile. Akan ada piramida dengan 28 kubus. Misi lo adalah gantiin semua warna kubus tersebut dengan melompatinya. Tentunya, bukan perkara mudah karena bakal ada musuh yang berusaha nangkep lo.

Setiap level akan punya kesulitannya sendiri. Dalam game Q*bert Rebooted, lo akan disuguhi 2 versi: versi klasik dan rebooted. Perbedaannya hanya pada grafis rebooted yang lebih bagus. Selain itu, lo akan menemukan beragam variasi permainan dan tingkat kesulitan yang lebih. Langsung, deh, unduh di App Store dan Play Store.

3. Tetris
Via https://www.droid-life.comhttps://cdn.kincir.com/1/old/2013/07/Tetris.png

Siapa yang enggak tahu Tetris? Game yang diprakarsai oleh desainer game asal Rusia, Alexey Pajitnov ini jadi game dengan penjualan terbaik sepanjang masa. Siapa sangka permainan nyusun ubin ini bisa jadi sangat adiktif hingga sekarang.

Buat lo yang ingin nostalgia, lo bisa unduh gratis game Tetris yang dibuat oleh developer Electronic Arts di App Store dan Play Store. Game ini pun tentunya sudah modern dengan grafis yang lebih berwarna. Lo pun akan disuguhin beragam mode permainan, seperti maraton, galaksi, dan eksplorasi. Akan ada sistem level dan skor yang bikin lo makin semangat mecahin rekor.

4. Double Dragon Trilogy
Via http://4.bp.blogspot.com/-Y35_8I-Z6Mc/UrhpbGWTfzI/AAAAAAAAAfY/ozE5_f9bUkE/s1600/dqa.png

Kalau ngomomgin game arcade, enggak afdal tanpa adanya game action. Pada masanya, Double Dragon menjadi game pertarungan yang sangat digandrungin. Pas dirilis pada 1987, game ini sangat populer. Sampai-sampai, game ini dirilis hingga menjadi trilogi: Double Dragon, Double Dragon 2: The Revenge, dan Double Dragon 3: The Roseeta Stone.

Dalam game ini, lo akan dapat ketiganya sekaligus dengan dua mode: arcade dan cerita. Dalam mode cerita lo akan memerankan kakak beradik Billy dan Jimmy. Mereka adalah ahli bela diri yang punya misi untuk nyelamatin Marian, pacar Billy. Lo akan pakai beragam jurus bela diri sederhana, seperti pukulan, tendangan, sundulan, dan pakai beragam senjata unik. Silakan unduh di App Store atau Play Store.

5. Atari Greatest Hits
Via https://cdn.vox-cdn.com/thumbor/EyCAoOQeaiPAO0eBwAqKZ9MSiTg=/94x0:607x342/1200x800/filters:focal(94x0:607x342)/cdn.vox-cdn.com/assets/781230/AtariGreatestHitsAndroid.png

Selain Pac-Man dan Q*bert yang dibuat terpisah, ada juga game-game terbaik Atari dalam satu bundel dalam game: Atari Greatest Hits. Dalam game ini, lo akan temuin beragam game terbaik dari masa ke masa, termasuk game 1980-an yang melegenda, seperti Adventure, Missile Command, Centipede, dan Tempest.

Pada tahun 1997, Nokia meluncurkan Snake yang sangat sukses  Snake (dan variannya), yang telah diinstal sebelumnya di sebagian besar perangkat seluler yang diproduksi oleh Nokia, telah menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan dan ditemukan di lebih dari 350 juta perangkat di seluruh dunia.  Sebuah varian dari permainan Ular untuk Nokia 6110 , menggunakan port inframerah , juga merupakan permainan dua pemain pertama untuk ponsel.

Atari Gratest Hits berusaha bawa bentuk orisinalitas dari game aslinya dengan kontrol layar sentuh yang nyesuain perangkat mobile. Kalau lo bener-bener suka gamenya dan pengen main berkali-kali, lo bisa beli langsung. Harganya cukup terjangkau, loh. Lumayanlah buat lo nostalgia.