Deretan Game PC Jadul yang Bisa Temani Waktu Santai Dirumah

Deretan Game PC Jadul yang Bisa Temani Waktu Santai Dirumah

Deretan Game PC Jadul yang Bisa Temani Waktu Santai Dirumah – Game PC yang dibuat oleh pengembang satu atau lebih permainan, biasanya bersama dengan spesialis lainnya (seperti seniman permainan) dan dipublikasikan baik secara mandiri atau melalui penerbit pihak ketiga.

Mereka kemudian dapat didistribusikan pada media fisik seperti DVD dan CD, sebagai internet-download, mungkin dapat didistribusikan secara bebas, perangkat lunak, atau melalui jasa pengiriman online seperti Direct2Drive dan Uap.  Saat ini hampir sebagian besar orang bermain game menggunakan smartphone. Namun, dulu sebelum ada smartphone, orang biasanya bermain game lewat PC komputer.

Pada akhir tahun 1990 hingga awal 2000an, terdapat beberapa developer game yang cukup terkenal. Di antaranya ada Game House, PopCap Game, Gamelab, dan lainnya. Developer game ini memproduksi game yang populer pada masanya.

1. Diner Dash (Gamelab)
Dinner Dash - Game EdukasiGame Edukasi

Siapa yang tidak kenal Diner Dash? Hampir semua anak generasi 90an pasti pernah memainkan game yang satu ini. Game produksi Gamelab ini pertama kali diluncurkan tanggal 3 Desember 2004 untuk versi PC dan 13 Mei 2007 untuk versi Nintendo.

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai Flo, seorang pemilik restoran yang juga pelayan. Flo harus bekerja keras dan turun langsung menjadi pelayan untuk melayani para pelanggan yang mengunjungi restorannya.

Flo akan memandu pelanggan ke meja kosong yang tersedia, mengantarkan makanan, hingga membereskan meja. Flo harus siap menghadapi tipe pelanggan yang tidak sabaran dan mudah marah. Jika pelayanan yang diberikan kurang baik, reputasi restoran akan menurun.

Pekerjaan mengelola restoran ini tidak mudah. Pemain dituntut untuk cepat tanggap dan gesit. Namun tidak dipungkiri bahwa Diner Dash adalah salah satu game jadul yang membuat ketagihan. Pemain akan lupa waktu dibuatnya!

2. Feeding Frenzy (PopCap Games)
🐠🐟👍Feeding Frenzy 2 - Shipwreck Showdown - By PopCap Games - PS3/XBOX360  Classic👍 - YouTube

Feeding Frenzy bisa diklasifikasikan sebagai game PC legendaris. Game Feeding Frenzy aslinya diproduksi oleh Sprout Games dan dipublikasikan oleh PopCap Games. Feeding Frenzy pertama dirilis 11 Februari 2004. Wow, sudah hampir 16 tahun yang lalu.

Di game ini, pemain akan berperan sebagai ikan yang kelaparan dan harus memangsa ikan lain agar ukuran tubuhnya jadi membesar dan naik level. Feeding Frenzy membutuhkan kelincahan dan kewaspadaan. Sebab, di dalam laut yang menjadi setting tempatnya bertebaran ranjau-ranjau berbahaya dan mematikan.

Selain ranjau, game ini juga menyediakan predator berukuran besar, ikan yang terpapar radiasi atau ubur-ubur penyengat yang perlu dihindari. Pemain juga bias menangkap Mutiara sebagai reward tambahan.

Hanya di Feeding Frenzy ikan kecil bisa memangsa hiu saat dirinya mencapai level 3. Game ini memang paling berkesan bagi masa kecil anak 90an.

3. Pizza Frenzy (PopCap Games)
Nostalgia, 20 Game GameHouse yang pastinya pernah kalian mainkan! -  Gamebrott.com

Tentu masih banyak yang ingat dengan Pizza Frenzy, arcade game yang dibuat oleh Sprout Games dan diterbitkan oleh PopCap Games. Game PizzaFrenzy pertama dirilis pada 2 Februari 2005 silam. Cara bermainnya juga cukup mudah, pemain hanya perlu mengantarkan pesanan pizza pada customer.

Pengantaran pizza dari rumah ke rumah harus dilakukan dengan cepat dan akurat, agar pelanggan tidak kesal dan marah. Dalam perjalanan mengantar pizza, pemain juga harus berhati-hati dengan penjahat yang bertugas mencuri uang hasil kerja pemain.

Di setiap level, ada goals yang harus diraih, baik dalam wujud uang atau bintang. Semakin naik levelnya, semakin banyak pilihan topping pizza yang akan peroleh. Pemain juga bisa mendesain sendiri pizza buatannya dan menjualnya ke customer.

4. Zuma (PopCap Games)
Part 2: 7 Game Lawas Bikin Nostalgia, Masih Ingat?

Salah satu game legendaris lainnya tentu adalah Zuma. Dari anak-anak hingga orangtua, banyak yang kecanduan bermain game yang satu ini. Game Zuma dibuat oleh Oberon Media dan dipublikasikan oleh PopCap Games. Zuma dirilis pada 12 Desember 2003.

Secara model, Zuma adalah salah satu game yang paling simpel. Pemain akan berperan sebagai seekor kodok dan hanya harus menembakkan bola warna-warni. Bola-bola itu harus ditembakkan sesuai dengan kelompok warnanya agar menghilang dan pemain mendapatkan poin.

Namun hati-hati, bola jangan sampai masuk ke dalam tengkorak. Karena bias berakibat pemain kehilangan satu nyawanya. Pemain akan dibekali dengan tiga nyawa yang bisa digunakan di level berikutnya. Semakin tinggi levelnya, tantangan akan semakin sulit, bola akan semakin cepat bergerak dan warnanya pun semakin beragam.

5. Bounce Out Blitz (Game House)
Bounce Out Blitz | GameHouse

Game dengan tampilan bola-bola lucu berwarna-warni ini adalah salah satu game yang paling digemari anak perempuan pada zamannya. Cara main game ini adalah dengan menukar-nukar posisi bola agar sejajar berkumpul dengan warna dan motif yang sama. Namun karena motif dan warnanya sangat beragam, pemain biasanya kesulitan untuk menyelesaikan.

Apalagi, ditambah dengan sensasi dikejar-kejar waktu membuat game ini semakin menantang. Menjaga agar bom jangan meledak sebelum pemain menyelesaikan misi sungguh membuat histeris dan penasaran untuk menyelesaikannya.

Game PC sering membutuhkan hardware khusus di komputer pengguna untuk bermain, seperti generasi spesifik unit pemrosesan grafik atau koneksi internet untuk bermain online, meskipun persyaratan sistem ini bervariasi dari satu pertandingan ke pertandingan.

Selain itu pula fitur yang menarik dari PC Game pada saat ini adalah bisa berinteraksi secara online (jika dibuatkan oleh pengembang). sehingga antar pemain antara PC game yang satu dengan yang lain (terpisah) dapat melakukan interaksi pada waktu yang sama dalam satu game.