Deretan Game RPG Maker yang Paling Menyeramkan & Horor Abiss

Deretan Game RPG Maker yang Paling Menyeramkan & Horor Abiss

Deretan Game RPG Maker yang Paling Menyeramkan & Horor Abiss – RPG Maker, yang dikenal di Jepang sebagai RPG Tsukūru, adalah serangkaian program untuk pengembangan video game role-playing dengan elemen story-driven, dibuat oleh grup Jepang ASCII, digantikan oleh Enterbrain.

Deretan game horor yang dibuat dengan RPG Maker pernah mendominasi YouTube tepatnya sekitar tahun 2011-2013. YouTuber dengan jumlah  subscribers yang banyak seperti PewDiePie dan Markiplier memilih untuk memainkan game ini dan pada akhirnya menikmatinya.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa tanpa gafik yang realistis pun, game horor berbasis RPG Maker tetap mampu menawarkan pengalaman bermain yang fantastis. Termasuk Corpse Party, berikut tujuh game RPG Maker yang paling menyeramkan. Check it out!

1. Ao Oni
7 Game RPG Maker Horor Paling Seram, Ada Corpse Party

“Bodoh. Tidak mungkin ada monster di dunia ini. Secara ilmiah, keberadaan mereka bersifat mustahil.”

Begitu kata Hiroshi, pelajar cerdas yang menjadi tokoh utama di Ao Oni. Namun, mengingat game ini memiliki genre horor, kamu pasti sudah tahu bahwa Hiroshi salah besar.

Sedikit demi sedikit, sikap skeptis ini berubah sejak Hiroshi dan kawan-kawannya terjebak dalam rumah besar yang diduga berhantu. Mereka dikejar oleh iblis berwarna biru keunguan yang menakutkan.

Untuk menghadapi ancaman, kamu harus mengontrol Hiroshi dan menyelesaikan berbagai jenis puzzle di rumah itu. Seramnya, kehadiran Ao Oni sangat acak dan tidak dapat ditebak. Dalam setiap permainan game ini, Ao Oni dapat muncul kapan saja, yang membuat kamu harus siap menghadapi jumpscare.

2. Mad Father
7 Game RPG Maker Horor Paling Seram, Ada Corpse Party

Keluarga harusnya menjadi teman dan sahabat terdekat dalam hidup. Sayangnya, realitas di Mad Father tidak seindah itu. Sebagai perempuan berusia sebelas tahun bernama Aya Drevis, kamu akan mengungkap rahasia dari insiden aneh yang menimpa kediaman Drevis, di mana eksperimen yang tidak masuk akal dilakukan ayah kamu setiap malamnya.

Aya perlu mengeksplorasi rumah keluarganya yang besar sambil melarikan diri dari hasil eksperimen ayahnya yang lepas dari laboratorium. Tidak hanya itu, perempuan ini juga perlu memastikan agar nyawanya tidak direnggut oleh ayahnya sendiri.

3. Ib
7 Game RPG Maker Horor Paling Seram, Ada Corpse Party

Ib adalah nama seorang anak perempuan yang mengunjungi museum seni bersama kedua orangtuanya. Dalam kunjungan ini, ia terjebak di sebuah lukisan sehingga mencari jalan keluar menjadi sebuah keharusan.

Sama seperti game horor RPG Maker lainnya, Ib tidak memiliki fokus pada combat, tetapi eksplorasi dan penyelesaian puzzle. Meskipun memiliki jumpscare yang dijamin bikin deg-degan, faktanya Ib lebih banyak dipuji karena plot dan karakternya, terutama Garry, sosok dalam lukisan yang ingin melindungi Ib.

Pada 3 Oktober lalu, developer game Ib mengumumkan lewat Twitter bahwa ia sedang membuat versi remake untuk game horor tersebut. Kabar baik ini mendapatkan kurang lebih 193 ribu likesYup, sebanyak itu!

Nah, kalau belum mencobanya, kamu dapat langsung mengunduhnya secara cuma-cuma atau menunggu perilisan versi remake-nya pada tahun 2022. It’s your choice!

4. The Crooked Man
7 Game RPG Maker Horor Paling Seram, Ada Corpse Party

David Hoover baru saja berpindah ke apartemen yang baru. Tentunya hal ini butuh selebrasi, bukan? Well, dalam kasus David, ia tidak mampu melakukan hal itu.

Ia sedang mengalami depresi. Ibunya mengidap tumor otak dan tidak dapat mengenali anaknya sendiri. Kekasihnya, Shirley Webber, memutuskan untuk mengakhiri hubungannya karena David dinilai terlalu baik hati.

Saat sedang menghadapi banyak masalah, ia menyadari bahwa apartemen yang kini menjadi tempat tinggalnya dihantui. David pun memutuskan untuk menginvestigasi misteri ini. Jika sudah mengetahui rahasia di balik hantu tersebut dan menamatkan The Crooked Man, kamu dapat memainkan ketiga game berikutnya dalam antologi The Strange Men, yaitu The Sandman, The Boogie Man, dan The Hanged Man.

5. Misao
7 Game RPG Maker Horor Paling Seram, Ada Corpse Party

Sebelum perilisan Mad Father, Sen juga membuat game horor yang tidak kalah memorable, yaitu Misao. Kedua game ini memiliki koneksi yang akan dipahami pemain yang sudah mencoba Mad Father dan Misao. Tanpa membocorkan banyak detail, Mad Father adalah prekuel dari Misao.

Tiga bulan setelah Misao hilang, Aki selaku tokoh utama mendengar suara perempuan yang dulunya kerap menjadi korban perundungan. Tidak lama setelah itu, gempa misterius mengguncang sekolah Aki.

Anehnya, Aki, teman-temannya, dan wali kelas mereka dibawa ke dimensi lain. Kamu akan mengontrol Aki dan mengungkap misteri kematian Misao dengan cara mengumpulkan bagian tubuhnya yang tersebar di seluruh sekolah dan melakukan ritual.

6. Corpse Party
7 Game RPG Maker Horor Paling Seram, Ada Corpse Party

Dari ketujuh game dalam list ini, Corpse Party mungkin menjadi game paling brutal. Dari namanya saja kamu sudah dapat menebak bahwa game ini memiliki unsur kesadisan.

Corpse Party sendiri bercerita tentang ritual persahabatan yang menjadi kacau ketika Ayumi Shinozaki dan teman-temannya terbawa ke dimensi lain, tepatnya ke dalam institusi yang dilanda tragedi, yang dulunya berdiri di lokasi sekolah Ayumi.

Hidup Ayumi dan teman-temannya terancam karena roh siswa sekolah dasar yang pendendam. Oleh karena itu, solusinya bukanlah melarikan diri, melainkan menyingkap detail seputar pembunuhan orang-orang dalam institusi tersebut.

Versi terbaru dari Corpse Party dirilis 20 Oktober lalu untuk platform PC, Xbox One, Xbox Series X|S, PlayStation 4, dan Nintendo Switch. Perbedaan dengan versi lawas terletak pada bab cerita baru, salah satunya memperkenalkan dua karakter baru. Corpse Party (2021) juga makin premium dengan keberadaan dubbing dalam Bahasa Jepang secara menyeluruh.

7. The Witch’s House
7 Game RPG Maker Horor Paling Seram, Ada Corpse Party

List ini ditutup dengan game The Witch’s House yang berkisah tentang Viola yang memasuki rumah asing di tengah hutan. Viola langsung menyadari bahaya yang menyelimuti rumah tersebut. Dengan demikian, ia harus bisa bertahan hidup dan memecahkan puzzle dalam rumah yang dirasuki penyihir bernama Ellen.

Tindakan bertahan hidup menjadi sulit karena The Witch’s House memiliki banyak jebakan yang sengaja dirancang agar mendorong gamer menjadi waspada. Kematian menjadi sesuatu yang normal dalam game ini. Bahkan, video YouTube yang menunjukkan kompilasi kematian dalam The Witch’s House berdurasi sampai 22 menit. Apakah kamu bisa membayangkan betapa banyaknya Game Over yang harus dilalui?

RPG Maker adalah program yang memungkinkan pengguna membuat video game role-playing mereka sendiri . Sebagian besar versi menyertakan editor peta berbasis set ubin (set ubin disebut chipset dalam versi pra-XP), bahasa skrip sederhana untuk acara skrip, dan editor pertempuran. 

Semua versi menyertakan ubin, karakter, dan acara awal yang dibuat sebelumnya yang dapat digunakan dalam membuat game baru. Salah satu fitur dari program RPG Maker versi PC adalah pengguna dapat membuat ubin dan karakter baru, dan menambahkan grafik baru apa pun yang diinginkan pengguna.

Itulah tujuh game RPG Maker dengan genre horor yang paling menyeramkan. Mereka tidak memiliki sistem combat , tetapi lebih mengutamakan eksplorasi dan penyelesaian puzzle. Tentu ketujuh game ini juga dilengkapi jumpscare  yang mampu membuat kamu melompat dari bangku. Kalau kamu sudah mencoba game dalam list ini, bagikan pendapat kamu di kolom komentar, ya!