Deretan Game yang Cocok Dimainkan Saat Bosan di Rumah Aja

Deretan Game yang Cocok Dimainkan Saat Bosan di Rumah Aja

Deretan Game yang Cocok Dimainkan Saat Bosan di Rumah Aja – Selama pandemi Covid-19, rumah menjadi titik sentral kegiatan apa pun bagi sejumlah orang. Salah satu kegiatan yang menjadi semakin banyak dilakukan dalam situasi ini adalah bermain video game untuk mengisi waktu. Lembaga riset pasar IDC memperkirakan industri game mengalami kenaikan pendapatan sebesar 20 persen pada 2020.

Durasi orang bermain game di rumah pun meningkat selama pandemi, entah bermain game konsol, PC, atau game mobile di smartphone. Keadaan pandemik mendorong kita untuk menjaga jarak dan menetap di rumah. But it’s okay! Ada berbagai cara buat mengisi kebosananmu di rumah. Bermain game, menonton film, membaca buku dan berbagai artikel dapat menjadi hiburan di waktu kosongmu.

Jika kamu ingin bersosialisasi dengan teman di tengah pandemik tanpa harus bertemu langsung, salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah bermain party game. Pada dasarnya, party game merupakan game menghibur yang dapat dimainkan beramai-ramai. Kontrolnya tidak terlalu rumit, mekanisme game pun dapat dipahami dengan mudah. Artinya, baik gamer sejati maupun pemula dapat menikmati party game.

1. PICO PARK
8 Party Game Terbaik untuk Hadapi Kebosanan saat Pandemik

Kita mulai list ini dari game yang sempat viral dulu, yuk. PICO PARK, game puzzle yang ‘terlihat’ imut dan mudah ini cukup dikenal sebagai game yang merusak pertemanan, layaknya UNO dan Monopoly.

Game dengan jumlah pemain 2 sampai 8 orang ini sebenarnya simpel. Kamu tinggal mengambil kunci dan membuka pintu untuk menyelesaikan level. Kenyataannya, PICO PARK jauh dari kata mudah. Berkoordinasi dengan jumlah pemain yang banyak tidaklah mudah, apalagi ditambah desain level yang dipenuhi gimiknya masing-masing.

Mempererat pertemanan atau justru merusaknya? Untuk mendapatkan jawabannya, kamu dapat bermain PICO PARK di Steam dan Nintendo Switch.

Ada juga versi PICO PARK yang dapat kamu unduh tanpa membayar uang sepeser pun. Sayangnya, versi gratis dengan nama PICO PARK:CLASSIC Edition ini tidak memiliki fitur untuk bermain online. Hanya ada fitur local multiplayer di mana kamu harus bertemu langsung dan bermain bersama.

Tentunya, hal ini sangat tidak dianjurkan. Ingat, masih ada pandemik!

2. Among Us
8 Party Game Terbaik untuk Hadapi Kebosanan saat Pandemikilustrasi Among Us (dok. Innersloth/Among Us)

Lagi-lagi, kita bicara soal game yang viralAmong Us, game deduksi sosial yang amat populer ini menjadi salah satu contoh party game yang cocok dimainkan.

Bagi kamu yang belum tahu, Among Us adalah game yang menugaskan kamu dan teman-teman kamu untuk bertahan hidup dan mencari tahu siapa peniru (impostor) di antara rekan kru (crewmate). Ini dia yang menjadi masalah, kamu tidak tahu siapa impostor-nya, dan informasi ini hanya dapat diperoleh melalui kecerdikan. Terkadang, impostor juga dapat ketahuan kalau mereka ceroboh atau tidak pandai berbohong.

Game dengan jumlah pemain 4 sampai 15 orang ini tersedia di App Store dan Google Play secara gratis. Selanjutnya, kamu dapat membeli game ini di Steam, Epic Games Store, dan Nintendo Switch. Rencananya, pengembang game itu, Innersloth juga akan merilis pemenang The Game Awards 2020 kategori multiplayer terbaik dan game mobile terbaik ini di PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, serta Xbox Series X/S.

3. Super Mario Party
8 Party Game Terbaik untuk Hadapi Kebosanan saat Pandemik

Seri Mario Party tidak dapat dilupakan kalau kita bicara soal party game. Kali ini, game terbaru dari seri tersebut sudah dapat dimainkan di Nintendo Switch.

Mengambil konsep board game seperti Monopoly dan ular tangga, Mario Party selalu diisi dengan berbagai jenis minigame yang kreatif dan inovatif. Super Mario Party pun juga demikian.

Terdapat 80 minigames yang dapat kamu nikmati. Akan tetapi, sepertinya kamu hanya membutuhkan satu minigame untuk merusak pertemananmu. Just kidding.

Kekurangan dari game ini adalah ketersediaannya yang eksklusif di Nintendo Switch. Dengan demikian, kalau kamu tidak memiliki Nintendo Switch, mungkin kamu harus mencoba alternatif lain seperti Pummel Party.

4. The Jackbox Party Pack 7
8 Party Game Terbaik untuk Hadapi Kebosanan saat Pandemik

Satu game, dimainkan beramai-ramai. Konsep itu sudah mendarah daging dengan seri The Jackbox Party Pack, termasuk edisi ketujuh ini.

Seperti Super Mario PartyJackbox juga diwarnai dengan beragam minigame. Ada lima buah minigame yang dapat kamu cicipi. Kebanyakan minigame mendorong kamu untuk melawak. Jadi, kalau saat di sekolah kamu menjadi ‘badut kelas’, sosok yang biasanya membuat satu kelas tertawa, seri Jackbox Party Pack menjadi salah satu tempat kamu bersinar.

Pak ketujuh dari seri Jackbox dapat dimainkan sampai dengan delapan orang dan masing-masing bisa menggunakan smartphone, tablet, atau langsung saja menggunakan komputer. Jackbox tersedia di Steam, Epic Games Store, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series X/S, dan sederet platform lainnya.

5. Gartic Phone
8 Party Game Terbaik untuk Hadapi Kebosanan saat Pandemik

Gartic Phone menjadi salah satu game dalam list ini yang dapat dimainkan secara cuma-cuma. Cara bermainnya, kamu menulis kalimat unik sebebas-bebasnya. Nantinya, kamu harus menggambar kalimat yang ditulis oleh temanmu dan begitu juga sebaliknya.

Setelah semuanya selesai menggambar, tahap selanjutnya adalah memutar otak dan menebak apa yang digambar oleh temanmu. Pada sesi terakhir, kamu dapat melihat hasil gambar semua pemain.

Game sederhana tapi adiktif ini dapat menjadi lebih seru kalau jumlah yang bermain terbilang banyak. Itulah mengapa developer memberikan banyak slot pemain, yaitu 30 slot.

Kamu dapat memainkan game ini di situs resmi Gartic Phone. Model gamenya yang memanfaatkan web browser memiliki arti bahwa game ini dapat dimainkan pula di smartphone kamu tanpa harus mengunduh aplikasi.

6. Ultimate Chicken Horse
8 Party Game Terbaik untuk Hadapi Kebosanan saat Pandemik

Kalau disuruh mendeskripsikan Ultimate Chicken Horse secara singkat, dapat dikatakan bahwa game ini adalah ‘Super Mario Maker versi rusuh’. Mengapa demikian?

Dalam Ultimate Chicken Horse, kamu dan teman-teman kamu diharuskan untuk membangun level yang nantinya akan dimainkan bersama. Akan tetapi, level yang terlalu mudah tidak akan memberikan poin. Maka dari itu, setiap rondenya kamu akan diberikan benda yang dapat ditempatkan dalam level.

Semakin sulit level, semakin tinggi juga potensi kamu untuk mendapatkan poin. Yang penting, tidak semua pemain berhasil sampai di garis finish.

Game platformer ini dapat dimainkan empat orang dan tersedia di Steam, Origin, Nintendo Switch, Xbox One, dan PlayStation 4.

7. Overcooked! 2
8 Party Game Terbaik untuk Hadapi Kebosanan saat Pandemik

Rasakan sensasi riuh dalam dapur restoran melalui Overcooked! 2. Game yang membutuhkan kerja sama dari empat pemain ini bukanlah game yang mudah.

Kamu harus membagi tugas dengan temanmu, bahkan melakukan multitasking. Semua koki di dapur memiliki peran penting, mulai dari memotong bahan makanan sampai mencuci piring. Tanpa kerja sama yang baik, kamu dan ketiga temanmu akan pusing.

Selain gameplay-nya yang penuh dengan kegaduhan, aspek unik dari Overcooked! 2 adalah desain levelnya. Ada restoran balon udara, restoran di rakit, ada juga restoran di lokasi pertambangan.

Overcooked! 2  dapat dimainkan di Steam, Epic Games Store, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Amazon Luna.

Banyak koki, banyak makanan, banyak pesanan, dan banyak halangan. Kamu sanggup?

8. Stick Fight: The Game
8 Party Game Terbaik untuk Hadapi Kebosanan saat Pandemik

List ini semakin lengkap dengan Stick Fight: The Game, game baku hantam yang dapat dimainkan empat orang. Seperti seri Super Smash Bros, kamu perlu menjatuhkan lawan ke jurang dengan menggunakan kedua tangan dan kakimu, baik menggunakan senjata maupun tidak.

Menariknya, Stick Fight: The Game memiliki level editor. Jadi, kamu dapat membuat level sendiri dan membagikannya untuk dimainkan gamer lain. Total level dalam game tersebut mencapai 100. Di sisi lain, total level buatan pemain mencapai lebih dari 23 ribu.

Stick Fight: The Game dapat dimainkan di Steam dan Nintendo Switch. Jika ingin versi gratisnya, kamu dapat mengunduh game ini di Google Play dan App Store.

Itulah daftar party game yang layak kamu coba bersama dengan teman-temanmu. Jangan lupa, gunakan aplikasi komunikasi seperti Discord atau TeamSpeak untuk berkomunikasi saat bermain deretan game tersebut. Sebab, interaksi melalui voice chat akan membuat game semakin seru.

Tak hanya untuk mengisi waktu luang, bermain game juga disebut dapat menghilangkan rasa stres atau kejenuhan bagi beberapa orang. Namun seperti apa dampaknya terhadap kesehatan mental sang pemain? Sebuah riset yang dilakukan oleh National Institutes of Health pada 2019 lalu mengungkap bahwa video game ternyata bisa menghasilkan efek positif berupa pengurangan gejala depresi.

Game yang menampilkan pertarungan (fighting) disebut dapat menghasilkan efek buruk berupa peningkatan tingkat adrenalin dari pemainnya, tapi adrenalin akan langsung menurun begitu pemain meletakkan controller.

Jurnal Games for Health merangkum hasil-hasil riset yang dilakukan oleh beberapa peneliti mengenai apa dampak yang diperoleh dari bermain game casual, misalnya Plant versus Zombie atau Bejeweled. Seperti dihimpun KompasTekno dari Wired, Rabu (3/3/2021), dari 13 penelitian yang dihimpun oleh junral ini, 12 di antaranya menyebut bahwa bermain game ternyata membawa dampak positif bagi pemainnya.