Deretan Senjata Dengan Daya Hancur Mematikan di Jagat Gaming

Deretan Senjata Dengan Daya Hancur Mematikan di Jagat Gaming

Deretan Senjata Dengan Daya Hancur Mematikan di Jagat Gaming – Senjata merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah game untuk membantu pemain menumpas kejahatan di muka bumi. Lazimnya, senjata yang digunakan biasanya berupa smart pistol dengan fitur auto lock-on atau pedang raksasa yang bisa membelah angkasa, galaksi dan hatimu.

Saat bermain game aksi, sudah pasti ada senjata terlibat. Dari yang biasa ada di dunia nyata, berbagai developer game juga menciptakan berbagai persenjataan fiksi dengan daya hancur dahsyat. Salah satunya adalah senjata energi.

Bukan peluru timah atau besi, senjata ini – seperti namanya – menembakkan atau mengeluarkan energi plasma atau laser untuk menghabisi apa pun yang merintangi jalanmu. Dari berbagai judul game, inilah 8 senjata energi dengan daya hancur mematikan di jagat gaming.

8. Energy Sword – Halo
8 Senjata Energi Terbaik di Jagat Gaming, Mematikan!

Energy Sword adalah senjata tempur jarak dekat yang identik dengan game eksklusif XBOX, Halo produksi Bungie. Sebagai salah satu senjata terkuat di jagat Halo milik bangsa Sangheili, Energy Sword dapat membunuh lawan sekali tebas.

Bukan hanya itu, Energy Sword juga memudahkan pengguna mendekati musuh secepat kilat. Pertama kali muncul di Halo: Combat Evolved (2001), Energy Sword awalnya tidak bisa dipakai pemain karena jika monster Sangheili pengguna senjata ini mati, maka senjata ikut hancur. Sejak Halo 2 (2004), Energy Sword sudah bisa digunakan dan menjelma jadi salah satu ikon legendaris game Halo.

7. Plasma Beam – Red Faction: Armageddon
8 Senjata Energi Terbaik di Jagat Gaming, Mematikan!

Sementara dikritik jelek dan jadi game terakhir seri Red Faction oleh Volition, Red Faction: Armageddon (2011) memiliki beberapa persenjataan dengan daya hancur tinggi. Salah satu senjata tersebut adalah senapan energi bernama Plasma Beam.

Senjata ini bisa didapatkan di Bastion setelah misi menghancurkan pengolahan air. Senjata ini menembakkan plasma yang menghancurkan hingga apa pun yang menghalangi jalanmu di Mars. Meski begitu, tetap hati-hati karena saat ditembakkan, Plasma Beam memiliki sedikit jeda sehingga kamu bisa diserang musuh.

6. YCS/186 – Fallout: New Vegas
8 Senjata Energi Terbaik di Jagat Gaming, Mematikan!

Dari jagat Fallout produksi Bethesda Softworks, senapan energi gauss rifle adalah salah satu senjata energi terkenal di masa setelah perang nuklir tersebut. Di Fallout: New Vegas (2010), gauss rifle dikembangkan jadi YCS/186, senjata terkuat di game tersebut.

Tak seperti senjata energi lain di Fallout, YCS/186 memiliki daya hancur yang dahsyat. Dibandingkan senapan, YCS/186 lebih seperti meriam. Dengan daya hancur dan daya tahan yang lebih mantap dibandingkan gauss rifle, YCS/186 bisa dibilang termasuk ke salah satu atau malah senjata energi paling kuat di jagat Fallout.

5. Lightsaber – Star Wars
8 Senjata Energi Terbaik di Jagat Gaming, Mematikan!

Tak lengkap membicarakan senjata energi tanpa lightsaber dari jagat Star Wars. Mampu menebas lawan dalam sekali (atau beberapa kali) tebas, pedang energi yang dipakai oleh Jedi dan Sith ini memicu perasaan heroik pada siapa pun pemakainya.

Bukan cuma menebas, lightsaber juga bisa memantulkan peluru energi yang ditembakkan. Di game klasik seperti Knights of the Old Republic (2003), game lucu seperti Lego Star Wars (2005-2022), atau yang modern seperti Jedi: Fallen Order (2019), lightsaber akan tetap masuk ke salah satu senjata energi jarak dekat terbaik. Dikombinasikan dengan Forcelightsaber jadi salah satu senjata mematikan untuk Jedi dan Sith.

4. Spartan Laser – Halo
8 Senjata Energi Terbaik di Jagat Gaming, Mematikan!

Memang, di jagat Halo, senjata energi biasanya datang dari Covenant. Akan tetapi, United Nations Space Command (UNSC) juga membuat senjata energi sendiri, yaitu M/6 Spartan Laser (Splaser). Muncul secara perdana di Halo 3 (2007), Splaser mampu menghancurkan apa pun, bahkan kendaraan dengan bahan terkuat sekali pun.

Kelemahan Splaser yang fatal adalah jeda yang cukup panjang (5-7 detik) antara tembakan Splaser dan serangan Splaser dapat dihindari sehingga ada kesempatan bagi musuh untuk menyerang balik. Oleh karena itu, pastikan bidikanmu akurat atau temukan tempat tersembunyi agar musuh tak tahu keberadaanmu.

3. Ryno 8 – Ratchet & Clank: Rift Apart
8 Senjata Energi Terbaik di Jagat Gaming, Mematikan!

Bagi penggemar Ratchet & Clank produksi Insomniac, senjata energi RYNO pasti sudah akrab di memori. Senjata ini mencapai bentuk teratasnya pada Ratchet & Clank: Rift Apart (2021), yaitu RYNO 8.

Dalam game, RYNO 8 bisa didapatkan dengan mengumpulkan spybot dan membuka trofi “Aim to Misbehave“. RYNO 8 membuka portal yang menjatuhkan berbagai benda lintas judul game PlayStation ke atas musuh. RYNO 8 amat efektif untuk menghancurkan banyak musuh.

Jika di-upgrade hingga level teratas, RYNO 8 berubah jadi RYNO ∞ dan bisa membuka lebih dari satu portal dengan daya hancur paling mematikan.

2. Killstar – Far Cry 3: Blood Dragon
8 Senjata Energi Terbaik di Jagat Gaming, Mematikan!

Muncul di game standalone Far Cry 3: Blood Dragon (2013), senjata laser Killstar bisa didapatkan lewat misi “Test Your Might“. Hal pertama yang perlu diingat adalah senjata ini memangsa energi Rex “Power” Colt, yang berarti saat ditembakkan, darah karakter ikut berkurang.

Saat karakter sekarat, Killstar tak akan bisa digunakan. Meski begitu, daya hancur Killstar tidak begitu menguras darah dan daya hancur dan akurasinya juga lebih menguntungkan.

Bahkan, Rex bisa membunuh makhluk Blood Dragons dengan Killstar hanya beberapa detik dengan menembakkan laser di titik lemah pada dadanya. Jadi, Killstar bisa digunakan jadi senjata utama.

1. BFG – DOOM
8 Senjata Energi Terbaik di Jagat Gaming, Mematikan!

Di tempat pertama, senjata energi terbaik berasal dari jagat DOOM oleh id Software. Muncul pertama kali pada DOOM (1993), senjata Bio Force Gun atau Big Freaking Gun (BFG) menjelma jadi salah satu senjata terkenal di dunia gaming. Kenapa? Senjata ini adalah senjata energi terkuat di serinya.

Paling umum muncul dengan nama BFG 9000, senjata ini menembakkan plasma hijau yang dapat membunuh musuh-musuh di depan Doom Slayer. Lalu, pada DOOM Eternal (2020), muncullah BFG 10000 di Phobos, satelit planet Mars. Digunakan hanya sekali, BFG 10000 digunakan untuk melubangi sang Planet Merah.

Itulah beberapa senjata energi paling terkenal di jagat gaming. Tentu saja, senjata ini tidak ada dan hampir mustahil ada di dunia nyata (kecuali replikanya)! Dari senjata-senjata ini, mana yang dulu pernah kamu gunakan dalam game? Jadi, mana favoritmu?

Namun dengan seiring bertambahnya tingkat “ke-absurd-an” (kosa kata yang absurd!) level sang developer, jenis senjata semakin beragam. Bayangkan dari kentut unicorn hingga pelontar sapi bisa kamu gunakan untuk menghabisi musuh.

Well, dengan mengarahkan bokong si unicorn ke arah target, kamu dapat menghancurkan bangunan serta menghabisi musuh dengan aroma nan harum semerbak yang dihasilkan dari kentut sang unicorn. Super cadas bukan? Orang yang pakai senjata ini pasti paling macho di antara semua laki-laki. FYI, bonus ini tersedia sebagai tanda terima kasih kepada para fans setelah demo Red Faction : Armageddon diunduh satu juta kali.