Enam Game Detektif Cyberpunk yang Menantang Daya Pikir

Enam Game Detektif Cyberpunk yang Menantang Daya Pikir

Enam Game Detektif Cyberpunk yang Menantang Daya Pikir – Cyberpunk 2077 adalah sebuah permainan video action RPG yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh CD Projekt. Berlatar di sebuah dunia terbuka bernama Night City, pemain berperan sebagai tentara bayaran bernama V dalam perspektif kamera orang pertama. Cyberpunk 2077 memang telah menarik perhatian kita dengan kampanye promosinya yang megah dan tampilan visual yang mewah.

Detektif adalah seseorang yang melakukan penyelidikan terhadap suatu kejahatan, baik sebagai detektif polisi maupun sebagai detektif swasta (partikelir). Namun janji-janji tentang gameplay yang sangat immersive dan interaksi yang lengkap ternyata meleset dari perkiraan. Walaupun kini telah diperbarui dengan DLC, butuh waktu untuk mencapai playability maksimal.

Untungnya ada beberapa game cyberpunk adventure lainnya yang lebih memberikan kepuasan dalam hal storytelling dan petualangan yang menantang nalar. Dilansir dari Poker77 IDN Inilah, 6 rekomendasi game cyberpunk detektif yang akan menantang nalarmu.

1. Observer_
OBSERVER_ Review | GodisaGeek.com

Observer adalah video game horor psikologis yang dikembangkan oleh Bloober Team dan diterbitkan oleh Aspyr. Ini dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 4 dan Xbox One pada Agustus 2017, diikuti oleh versi untuk Linux, macOS dan Nintendo Switch. Daniel juga dilengkapi dengan augmented vision yang dibagi menjadi Electromagnetic Vision—yang dapat memindai perangkat elektronik—dan Bio Vision—yang dapat memindai bukti biologis.

Dengannya ia mampu menganalisis dan menyoroti objek tertentu di lingkungannya. Dibintangi oleh Rutger Hauer yang dulu berperan sebagai Roy Batty di film Blade Runner, Observer_ menawarkan pengalaman tak hanya adventure namun juga psychological horror karena suasana mencekam dan ilusi digital mengerikan yang akan dialami Daniel Lazarski.

2. Gamedec

Berlatar di Kota Warsawa, Polandia abad ke-22, Gamedec menempatkan kita sebagai seorang detektif dalam sebuah gameplay isometrik 3D. Di game ini, kita akan berinteraksi di dunia nyata dan dunia game virtual yang juga bisa menjadi tempat kejahatan seperti pembunuhan, perampokan bahkan pemaksaan bunuh diri.

Dengan transisi antara dunia nyata dan dunia digital layaknya film The MatrixGamedec menawarkan pengalaman rpg, adventure dan detektif yang komplit di tengah latar dunia cyberpunk yang kompleks. Bahkan, pilihan kita sangat menentukan jalan cerita yang kita tempuh dan ending yang akan kita dapat.

3. Lacuna
Lacuna – A Sci-Fi Noir Adventure - Steam Game Festival presents: Lacuna – A  Sci-Fi Noir Adventure - Steam News

Sekilas Lacuna nampak seperti game platforming biasa, namun ternyata game ini adalah sebuah game side-scrolling point and click action game. Lacuna mendorong kita untuk mengerahkan kemampuan penyelidikan kita dan ketelitian tinggi.

Walaupun kita diberikan kebebasan bergerak, namun game ini sangat dikendalikan cerita game ini dan dialog-dialog yang didesain untuk mengasah nalar kita. Sedikit saja perubahan yang kita pilih, progresi dan ending pasti akan berubah.

4. Silicon Dreams
Silicon Dreams | cyberpunk interrogation på Steam

Silicon Dreams adalah trilogi game fiksi interaktif yang dikembangkan oleh Level 9 Computing selama tahun 1980-an. Permainan pertama adalah Snowball, dirilis pada tahun 1983, diikuti setahun kemudian oleh Return to Eden, dan kemudian oleh The Worm in Paradise pada tahun 1985. Tahun berikutnya mereka dijual bersama sebagai yang pertama, kedua dan terakhir dari Silicon Dreams.

5. The Mercury Man
Steam Community :: Screenshot

Ingat game Shadowrun versi SNES yang merupakan game aksi petualangan yang mendahului zamannya? The Mercury Man merupakan spiritual sucessor dari Shadowrun versi SNES tersebut. Mengetengahkan Matthew Wind seorang mantan polisi yang harus berhadapan kembali dengan kasus-kasus kejahatan di sela-sela pekerjaannya sebagai supir taksi. Walaupun tidak ada sistem party seperti Shadowrun, namun game ini memberikan derajat interaksi yang menghibur dan jalan cerita yang menarik.

6. Cyber Manhunt
Cyber Manhunt no Steam

Dalam Cyber Manhunt kita akan bermain sebagai penyelidik kejahatan cyber. Bagi yang bertanya setting apakah yang ada di game ini, jawabannya adalah setting masa kini. Iya mengingat kita sudah melewati abad ke-21 yang penuh kemajuan-kemajuan digital yang signifikan, bisa dibilang kita sudah memasuki era cyberpunk dengan kejahatan cyber yang ada. Pencurian identitas, penipuan e-commerce dan bahkan hacking akan kita temui disini dengan penampilan layaknya dunia internet masa kini namun dalam latar negara fiktif dan nama-nama website parodi dari website yang kita sering temui di dunia kita.