Fakta Game DokeV yang Siap Wujudkan Mimpi Dengan Grafik Epic

Fakta Game DokeV yang Siap Wujudkan Mimpi Dengan Grafik Epic

Fakta Game DokeV yang Siap Wujudkan Mimpi Dengan Grafik Epic – DokeV adalah petualangan aksi dunia terbuka pengumpul makhluk yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pearl Abyss. Gim ini berkisah tentang karakter yang menemukan Dokebi, makhluk yang mendapatkan kekuatan dari mimpi orang, dan memulai petualangan bersama.

Pokémon dengan grafik yang lebih real‘ sudah menjadi permintaan banyak gamer sejak dulu. Banyak orang yang membayangkan Pokémon dengan setting ala The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Meskipun Pokémon Legends: Arceus memiliki suasana yang mirip, tidak sedikit gamer yang mengekspresikan kekecewaannya karena grafik game tersebut.

Nah, apabila kamu juga ingin Pokémon dengan grafik yang realistis, tenang saja. Pearl Abyss siap mewujudkan mimpimu melalui DokeV. Yuk, simak delapan fakta mengenai DokeV!

1. Pertama kali diumumkan tahun 2019 sebagai MMO
DokeV — An Open World Action-Adventure | Pearl Abyss

DokeV (cara baca: Dokevi) pertama kali diumumkan tahun 2019, tepatnya pada Pearl Abyss Connect 2019Event ini bertujuan untuk memamerkan proyek-proyek terbaru dari developer Pearl Abyss dan DokeV menjadi salah satunya.

Awalnya DokeV disebut sebagai game Massively Multiplayer Online (MMO). Namun, setelah perilisan cuplikan video di Gamescom, Pearl Abyss memberikan klarifikasi bahwa DokeV adalah game ‘creature collecting open world action adventure’. Artinya, di dunia open world kamu akan berpetualang untuk mengumpulkan makhluk bernama dokebi. 

2. Dikembangkan tim Pearl Abyss
DokeV - First look at in-game environment for Pearl Abyss' friendly new  MMORPG - MMO Culture

Melihat dari rekam jejaknya, Pearl Abyss sebenarnya sudah pernah merilis beberapa game, yaitu Black Desert, Black Desert Mobile, dan Shadow Arena. Proyek terbaru mereka meliputi Plan 8, Crimson Desert, dan tentunya DokeV.

Uniknya, DokeV memiliki suasana dan warna yang lebih vibrant dan penuh kehidupan dibandingkan game Pearl Abyss lainnya. Dari segi genre pun, DokeV juga berbeda mengingat game Pearl Abyss sebelumnya meliputi genre Action MMORPG dan Battle Royale.

3. Plot berpusat pada petualangan dengan dokebi
Game DokeV, Ibarat Pokémon Punya Grafik Realistis

Cerita utama DokeV akan meliputi penemuan dokebi yang menggemaskan dan penuh dengan kepribadian. Tak hanya itu, kamu juga didorong untuk mengeksplorasi kota dengan dokebi kesayanganmu.

Cara untuk menemukan DokeV ini cukup sederhana. Kamu perlu menemukan petunjuk-petunjuk terkait dokebi yang tersebar di dunia DokeV. Jadi, kalau kamu tipe gamer completionist yang suka mengelilingi kota di dalam game untuk menemukan collectible, siap-siap ya!

4. Terdapat budaya Korea
Game DokeV, Ibarat Pokémon Punya Grafik Realistis

Pearl Abyss akan mengimplementasikan aspek-aspek dari budaya Korea di DokeV. Contohnya, melansir KoreanLiteratureNow, dokebi berasal dari kata dokkaebi (도깨비), goblin yang punya kekuatan supernatural yang dahsyat.

Tergantung kelompok masyarakatnya, dokkaebi dapat dianggap sebagai makhluk yang membawa keberuntungan atau bahkan pertanda penyakit. Kalau kamu pernah bermain Tom Clancy’s Rainbow Six Siege, mungkin kamu pernah mendengar nama dokkaebi.

5. Kamu terlibat aktif dalam combat
Game DokeV, Ibarat Pokémon Punya Grafik Realistis

Berbeda dengan game Pokémon sebelum Pokémon Legends: Arceus, DokeV mendorong kamu untuk ikut aktif dalam combatCombat dalam DokeV sendiri mengandung gaya aksi khas dari tim Pearl Abyss. Tim developer berusaha semaksimal mungkin agar gaya combat ini dapat dinikmati oleh audiens yang lebih luas.

Berdasarkan cuplikan, kamu dapat menggunakan berbagai senjata untuk melawan musuh. Palu mainan, senapan air, busur panah air, bom, dan bahkan vacuum cleaner ala Ghostbusters dapat kamu manfaatkan dalam pertarungan.

6. Berbagai transportasi untuk mengeksplorasi dunia DokeV
Game DokeV, Ibarat Pokémon Punya Grafik Realistis

Sebagai game open-world, sudah sewajarnya DokeV memiliki transportasi untuk membantu kamu berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Cuplikan DokeV menunjukkan beragam transportasi yang dapat kamu naiki, yaitu

  • Hewan alpaca
  • Skateboard
  • Longboard
  • Payung saat terbang
  • Sepatu roda
  • Jetski
  • Mobil mini
  • Sepeda
  • Sepatu roket
  • Jaring seperti Spider-Man

Apabila DokeV punya minigame balapan seperti game open-world lainnya, sepertinya balapan alpaca akan menjadi aktivitas yang seru dan lucu. Setuju?

7. Kustomisasi karakter sesuka hati kamu
Game DokeV, Ibarat Pokémon Punya Grafik Realistis

Ingin tampil keren atau tampil menggemaskan? Apa pun pilihanmu dapat kamu wujudkan di DokeV. Cuplikan pertama tahun 2019 telah menunjukkan fitur kustomisasi karakter yang mendalam.

Cuplikan terbaru di Gamescom memang tidak secara gamblang menunjukkan proses kustomisasi karakter. Namun, melihat dari pakaian karakter yang berbeda-beda dari satu scene ke scene berikutnya, tampaknya fitur ini masih ada. Siap untuk menghabiskan banyak waktu saat mendandani karakter kamu?

8. DokeV tuju PC dan konsol

DokeV is no longer an MMO, apparently | PCGamesN

Sampai penulisan artikel ini, belum ada tanggal rilis yang pasti untuk DokeV. Setidaknya, akun Twitter DokeV telah mengonfirmasi bahwa game garapan Pearl Abyss tersebut akan rilis di PC dan konsol.

Video pengumuman DokeV tahun 2019 sempat menyinggung bahwa Pearl Abyss mempertimbangkan untuk merilis game ini di platform lain, termasuk mobile. Bagi kamu yang ingin mencoba DokeV di platform lain, kamu harus bersabar menunggu informasi lebih lanjut.

Bagaimana pendapatmu setelah membaca artikel ini? Apakah DokeV masuk dalam wishlist kamu atau tidak? Jangan lupa untuk bagikan jawabanmu di kolom komentar, ya.

Bagaimana jadinya bila dunia Pokemon bergabung dengan karakter Splatoon, dan ditambah dengan sentuhan budaya Korea? Mungkin DokeV ini adalah jawabannya. Game terbaru dari Pearl Abyss yang diumumkan pada gelaran Gamescom ini langsung menarik perhatian banyak gamer.

Developer dari Black Dessert ini seakan mengambil arah visual yang sangat berlawanan dengan game mereka sebelumnya. Dengan desain karakter kartun namun dunia yang realistis, serta animasi serta efek visual ala anime,  membuat DokeV tampil unik dan berbeda dari game-game lainnya.

Lewat trailer terbarunya, DokeV dengan percaya diri menunjukkan gameplay nya yang ceria namun juga penuh ledakan. Trailer-nya juga mayoritas berfokus kepada sang karakter utama yang menjelajahi dunianya menggunakan skateboard, paraglider, jet ski, dan bahkan mobil mainan. Dunia yang ditawarkan dalam game ini juga cukup bervariasi. Mulai dari perkotaan padat ala kota-kota di Korea hingga pegunungan dan alam liar.

Untuk gameplay-nya, DokeV mengadaptasi premis dari Pokemon yang meminta para pemain untuk mengoleksi mahluk-mahluk bernama Dokebi, mahluk legendaris yang berasal dari mitologi dan cerita rakyat Korea. Dokebi yang berhasil dikoleksi oleh pemain akan memberikat kekuatan unik.