Game Open World Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan VR

Game Open World Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan VR

Game Open World Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan VR – Open World  adalah mekanisme gim yang menggunakan dunia virtual yang dapat dieksplorasi dan didekati oleh pemain dengan bebas, bukan dunia dengan gim yang lebih linier dan terstruktur. Meskipun game telah menggunakan desain dunia terbuka sejak 1980-an, penerapannya di Grand Theft Auto III (2001) menetapkan standar yang telah digunakan sejak itu.

Industri virtual reality atau yang biasa dikenal dengan VR tumbuh dengan cepat baik dari segi mekanisme maupun skala, dengan berbagai game lawas maupun baru menemukan jalan mereka untuk memuaskan gamer lewat dimensi yang sepenuhnya baru.

Beberapa game open-world besar seperti Fallout 4 dan Skyrim bahkan tampil lebih mengagumkan pada perspektif di mana para gamer benar-benar diajak menyelam ke dalam Club388 permainan. Selain dua game RPG buatan Bethesda, juga masih ada banyak game open-world luar biasa dapat dimainkan dengan VR. Berikut beberapa di antaranya.

1. Subnautica

Tahun 2014 menjadi tahun yang menakjubkan untuk genre survival di mana sejumlah game seperti The Long Dark, Unturned, The Forest dan Subnautica dirilis. Untuk yang terakhir jelas jadi salah satu game tersukses dibanding yang lain dan mudah untuk mengetahui alasannya.

Subnautica hadir dengan pemandangan bawah laut yang indah, mekanisme berbasis pilihan yang memaksa pemain untuk bermain kreatif dan gameplay adiktif yang selama ini memang jadi identitas genre survival. Tidak hanya itu saja, keindahan dunia Subnautica kini juga terlihat lebih memukau karena bisa dinikmati melalui VR.

2. The Forest

Setelah tertatih-tatih di awal perilisannya, salah satu game hits rilis tahun 2014 – The Forest kembali dengan adaptasi VR yang sangat diterima dengan tangan terbuka oleh para gamer. The Forest sendiri memadukan lingkungan indah dengan musuh menyeramkan yang jadi kombinasi sempurna untuk genre survivalnya yang bikin ketagihan.

Dan semua itu, tampil lebih baik dalam balutan virtual reality. Bagi mereka yang sedang mencari game yang lebih “sangar” dan realistis dari Subnautica, maka tidak ada alasan untuk tidak menjajal The Forest.

3. Minecraft

Telah eksis di industri video game selama hampir satu dekade, Minecraft tidak pernah berhenti berkembang mulai dari melalui berbagai pembaruan berskala besar hingga konten para komunitasnya yang tidak pernah habis. Game indie fenomenal buatan Mojang itu mencapai tingkatan lebih tinggi lewat Vivecraft – mod virtual reality yang memungkinkan pemain untuk membawa kreativitas mereka ke skala yang lebih besar dan impresif. Kontrol dan aksesibilitas bahkan lebih baik dengan pergerakan 1:1 dari Vive dan dukungan shader serta free-motion.

4. No Man’s Sky

Perjalanan No Man’s Sky yang tidak begitu baik di awal menemui tidak balik yang baik ketika dukungan untuk VR-nya dihadirkan. Melalui itu, pemain diberi perspektif baru untuk menjejalahi sistem galaksi procedural dengan segala hal menarik yang ada di dalamnya.

Dengan keragaman planet dan makhluk hidup yang dipasangkan dengan visual memukau, sulit untuk melewatkan kesempatan menjajal No Man’s Sky dalam kaca mata baru. Meski dukungan VR tidak menambah banyak hal baru, namun pemain masih bisa merasakan keuntungan dari dukungan baru yang diberikan.

5. Into The Radius

Into The Radius merupakan adapatasi dari novel klasik berjudul Roadside Picnic yang dikenal juga sebagai inspirasi untuk berbagai game terkenal seperti Metro dan Stalker. Namun tidak untuk beberapa game yang disebut sebelumnya, game yang satu ini membawa lebih banyak unsur realistis ke dalam genre shooter yang diusungnya.

Alih-alih monster atau makhluk menyeramkan, Into The Radius lebih menyoroti dunia penuh debu dan karat sebagai sumber kengerian utama. Berbeda dengan game lain di daftar ini, Into The Radius merupakan game yang hanya bisa dimainkan via VR.

6. Thief Simulator

Thief Simulator merupakan game stealth menarik yang memberikan pemain kebebasan lebih luas dan kesempatan untuk melakukan aksi pencurian berskala besar. Dengan target pencurian sudah ada di depan mata, pemain perlu mengoleksi informasi dan menentukan taktik untuk menghasilkan aksi pencurian yang sempurna.

Tambahan mode VR yang dihadirkan juga menambahkan tensi lebih tinggi ketika pemain berada dalam posisi terpojok dan akan ketahuan. Ini jelas jadi salah satu yang wajib dimainkan bagi mereka penggemar genre stealth.

7. Falcon Age

Alih-alih hewan peliharaan yang lebih umum seperti anjing dan kucing, Falcon Age menghadirkan seekor elang sebagai sahabat hewan untuk menemani pemain berpetualang. Tidak hanya sekadar menemani, pemain juga bisa mengostumisasi pakaian elang mereka dan membuat sebuah hubungan erat lewat sistem yang kompleks.

Gamenya sendiri secara cerita sangat menyenangkan dan punya visual solid serta gerakan physic burung yang tampak nyata. Mode VR-nya tidak lain tidak bukan membuat pemain bisa merasa lebih dekat dengan kawan elang mereka.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa game open world terbaik yang bisa dimainkan dengan VR. Untuk bisa memainkan sejumlah game di atas, tentunya dibutuhkan perangkat tambahan yaitu headset VR.