Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Dalam Membeli Smart TV

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Dalam Membeli Smart TV

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Dalam Membeli Smart TV – Smart TV, juga dikenal sebagai connected TV (CTV), adalah perangkat televisi tradisional dengan Internet terintegrasi dan fitur Web 2.0 interaktif, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming musik dan video, menelusuri internet, dan melihat foto. Berbelanja TV sekarang tak semudah dulu. Dengan berbagai jenis dan fitur, TV sekarang tak hanya menjadi perabot elektronik rumah tangga untuk menonton sinetron atau sepak bola saja, tapi juga bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Smart TV adalah konvergensi teknologi komputer, televisi, dan pemutar media digital. Selain fungsi tradisional pesawat televisi yang disediakan melalui media penyiaran tradisional, Mengingat banyaknya jenis TV (apalagi sekarang juga ada smart TV) tentu merasa bingung saat akan membeli TV bukan hal yang baru lagi.

Nah, Dilansir dari idn poker mobile jika kamu memang sedang mencari-cari TV apa yang tepat untuk mengisi ruang keluargamu, sebaiknya simak lima panduan di artikel ini sampai selesai!

1. Pilih ukuran TV yang memang kamu kehendaki
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smart TV

Jangkauan lebar layar TV sekarang memang tak tanggung-tanggung. Yang awalnya hanya dimulai dari tabung kotak berukuran 14 inci hingga sekarang berupa layar datar yang lebih dari 100 inci. Lantas, bagaimana menentukan ukuran TV yang pas untuk kita?

Cobalah untuk mengukur ukuran ruangan yang akan menjadi tempat TV untuk memastikan bahwa dimensi TV yang nantinya kamu beli akan pas dan tak terlalu besar untuk ruanganmu. Jarak dari layar TV ke tempatmu duduk nantinya juga akan berpengaruh lho, sebaiknya pastikan jarak antar TV dan tempat dudukmu dua kali lebar TV yang akan kamu beli. Bisa memperkirakannya, ya?

2. Teknologi panel TV yang akan dibeli (LED, LCD, OLED)
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smart TV

Bisakah kamu membedakan OLED, LED, dan LCD? Teknologi panel TV yang ingin kamu beli akan memengaruhi kualitas gambar yang akan ditampilkan. Semua teknologi layar ini mendukung resolusi 4K yang kini semakin penting, serta teknologi penguat warna 4K yang menyertainya seperti HDR, HDR10+, dan Dolby Vision.

3. Resolusi TV
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smart TV

SHARP contohnya, yang banyak mengedepankan teknologi AIoT (Artificial Intelligence of Things) di berbagai produknya, salah satunya adalah smart TV Aquos 8K. Teknologi AIoT sendiri merupakan teknologi pintar yang menggabungkan AI (kecerdasan buatan) dan IoT (Internet of Things). Kombinasi keduanya memungkinkan akses ke produk Sharp melalui satu aplikasi yang terhubung ke Internet dan Bluetooth dan bahkan melalui perintah suara.

Resolusi 8K itu empat kali lebih tajam dari tampilan 4K normal. Jadi untuk sedikit perspektif, resolusi 8K itu adalah 7680×4320 piksel di layar. Sementara perangkat lain rata-rata baru berhasil menghasilkan gambar resolusi 4K. Aquos 8K ini dilengkapi dengan panel IGZO (Indium Gallium Zinc Oxide) yang merupakan bentuk teknologi terbaru SHARP. Pada dasarnya, ini adalah bahan semikonduktor yang digunakan di bidang belakang panel. Panel ini memiliki campuran indium, seng galium, dan oksigen dan dapat digunakan di berbagai teknologi tampilan seperti IPS dan OLED. IGZO menggunakan transistor yang lebih kecil yang dapat menghasilkan piksel ekstra tersebut dengan lebih efisien.

4. Koneksi dan port penghubung
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smart TV

Saat ini koneksi utama yang perlu kita cari adalah HDMI, port USB, dan dukungan multimedia. Port HDMI biasanya akan ada tiga untuk setiap TV, tapi jangan sembarang beli kabel HDMI ya! Kalau TV yang kamu beli 4K, coba beli kabel HDMI 2.0 agar kompatibel dan bisa digunakan dengan lancar. Untuk Aquos yang sudah mendukung 8K, kamu bisa beli kabel HDMI 2.1 agar pengalaman menonton TV semakin menyenangkan.

Kebanyakan TV sekarang memiliki koneksi wifi dan port ethernet (LAN) sehingga kita tetap bisa terhubung ke internet. Kamu bisa menggunakan koneksi internet ini untuk mengakses file multimedia yang tersimpan di perangkat lain melalui TV. Jika ini fitur yang kamu inginkan, pastikan kamu membeli TV yang memang mendukung fitur ini. S

5. Speaker dan suara
5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smart TV

Kualitas suara TV bisa ada banyak ragamnya. Jadi kalau kamu memang tidak ingin menggunakan sound system dari eksternal, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Beberapa jenis TV menggarisbawahi jumlah daya yang dibutuhkan untuk setiap speaker TV. Lihat ada berapa speaker yang TV tersebut miliki dan cek konfigurasi dari setiap speaker.

Bayangkan dengan koneksi Bluetooth, AIoT, dan sound system yang kece, tentu rumahmu tak akan lagi sepi karena kamu bisa memutar lagu dari dalam kamar meski pun TV mu ada di ruang tamu. Betapa asiknya hidup dengan fitur AIoT dari SHARP ini ya?