Indonesia Berpotensi Menghasilkan Rp28T Berkat Para Gamers

Indonesia Berpotensi Menghasilkan Rp28T Berkat Para Gamers

Indonesia Berpotensi Menghasilkan Rp28T Berkat Para Gamers – Gamer secara harfiah bisa diartikan sebagai seseorang yang memainkan sebuah permainan (game). Namun ketika melihat konteks lebih mendalam, rasanya kurang tepat bila semua orang yang bermain game bisa langsung disebut sebagai gamer.

Kuantitas atau tingkat intensitas seseorang bermain game bisa menjadi faktor penentu apakah gelar pemain patut disandang olehnya. Jika Anda atau temanmu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain game, sudah pasti akan dicap sebagai gamer.

Industri game di Indonesia berpotensi untuk terus tumbuh. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan potensi industri game di Indonesia mencapai 2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp28,5 triliun (kurs Rp14.251).

1. Luhut dorong anak muda RI terus berinovasi dalam industri game
Pengertian Game Online dan Jenisnya - JayaWarta

Untuk terus mendorong industri game yang punya potensi besar terhadap perekonomian Tanah Air, Luhut mendorong anak-anak muda Indonesia terus berinovasi dalam industri ini.

“Saya berharap anak-anak muda di Indonesia bisa berkarya untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam permainan game ini,” ucap Luhut.

Sebagai informasi, industri game itu sendiri termasuk dalam subsektor ekonomi kreatif di Indonesia.

2. Subsektor ekonomi kreatif lainnya yang punya potensi sumbangsih besar buat ekonomi RI

Selain Sarana Hiburan, Ini Manfaat Lain dari Main Game Online

Selain industri game, ada subsektor ekonomi kreatif lainnya yang punya potensi besar memberikan sumbangsih pada perekonomian Indonesia. Industri tersebut yakni kuliner.

Luhut mengatakan ekspor kuliner, khususnya bumbu rempah Indonesia berpotensi mencapai nilai 2 miliar dolar AS.

“Kita juga telah merangkul seluruh stakeholders mengangkat kuliner Indonesia mendunia. Kita optimistis untuk menargetkan ekspor bumbu rempah mencapai 2 miliar dolar AS,” tutur dia.

Selain itu, pemerintah juga terus mendorong perluasan jangkauan kuliner khas Indonesia di mancanegara.

“Dan juga 4 ribu restoran Indonesia hadir di mancanegara pada tahun 2024,” ujar Luhut.

3. Pemerintah dorong pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif
Gara-gara Gamers, RI Punya Potensi Mencetak Rp28 Triliun!

Secara keseluruhan, pemerintah pusat terus mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk itu, Luhut juga meminta kepada seluruh pemerintah daerah (pemda) mengoptimalkan layanan wisata dan ekonomi kreatif, karena sektor tersebut merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

“Di sisi lain pemerintah terus memperkuat industri pariwisata dan ekonomi kreatif salah satunya melalui program pemulihan ekonomi nasional,” kata Luhut. Kesimpulan bahwa gamer adalah seseorang yang menjadikan game sebagai bagian dari hidupnya. Ketika hal tersebut dilakukan, maka permainan akan dimainkan baik secara kuantitas maupun kualitas. 

Memang, pada akhirnya nanti gamer akan dibagi-bagi lagi berdasarkan seberapa sering ia bermain, sudah sejak kapan bermain, hingga game-game apa saja yang dimainkan. Tetapi, jika kamu merasa gelisah bila tidak menyentuh game dalam sehari saja, kamu sudah pantas dikatakan sebagai seorang gamer lho!