Inilah Cara Memilih HP Gaming Berkualitas & Harga Terjangkau

Inilah Cara Memilih HP Gaming Berkualitas & Harga Terjangkau

Inilah Cara Memilih HP Gaming Berkualitas & Harga Terjangkau – Sebuah game mobile adalah video game yang biasanya dimainkan di ponsel. Istilah ini juga mengacu pada semua game yang dimainkan pada perangkat portabel apa pun, termasuk dari ponsel ( ponsel berfitur atau smartphone ), tablet, PDA hingga konsol game genggam, pemutar media portabel atau kalkulator grafik, dengan dan tanpa ketersediaan jaringan.

Game paling awal yang diketahui di ponsel adalah varian Tetris diPerangkat Hagenuk MT-2000 dari tahun 1994. Selain dilakukan pada saat senggang, bermain game di HP sudah menjadi kebiasaan yang bahkan dilakukan setiap hari oleh banyak orang. Memainkan game secara mobile sudah menjadi sebuah kebiasaan karena dianggap lebih praktis, ringkas, dan tidak membutuhkan modal besar layaknya membeli PC gaming atau konsol keluaran terbaru.

Namun, memilih HP atau smartphone untuk digunakan bermain game harus memerhatikan beberapa hal. Nah, agar tak menyesal di kemudian hari, berikut ada beberapa tips dalam memilih HP gaming yang terjangkau tapi berkualitas.

1. Desain dan layar
5 Tips Pilih HP Gaming yang Terjangkau dan Berkualitas

Oke, untuk urusan desain memang bersifat relatif. Namun, perlu diingat bahwa model HP juga sangat memengaruhi kenyamanan dalam bermain game. Jika memungkinkan, pilihlah smartphone dengan model atau desain yang tidak begitu tebal dan juga tidak berat.

Pada intinya, makin nyaman sebuah HP digenggam pada saat main game, makin intens pula pengalaman kita memainkan game tersebut. Nah, kalau soal layar, HP kekinian biasanya minimal sudah memiliki layar dengan resolusi HD atau 1280 x 720.

Tapi, sebaiknya pilih HP dengan resolusi FHD atau FHD plus. Kedua resolusi ini jelas lebih tajam dan pekat ketimbang HD karena punya ukuran piksel sebesar 1980 x 1080 ke atas. Usahakan pilih bentang layar yang sesuai selera kamu, misalnya 5,5 hingga 6,8 inci.

2. Chipset dan GPU
5 Tips Pilih HP Gaming yang Terjangkau dan Berkualitas

Jika desain dan ukuran layar bersifat relatif, untuk urusan chipset dan GPU sifatnya bisa terbilang pakem. Apa maksudnya? Well, HP untuk bermain game memang wajib dibekali dengan sederet hardware yang mendukung kinerja untuk menjalankan banyak program. Nah, chipset dan GPU adalah dua di antaranya. Beberapa chipset gaming di pasaran adalah Snapdragon 660, 720G, 855, 865, 870, hingga 888.

Di sisi lain, GPU atau Graphics Processing Unit adalah sebuah hardware yang bertugas untuk mengolah program grafis dan memrosesnya menjadi tampilan bergerak. Adreno 630, 640, dan 660 adalah sederet GPU berkualitas milik AMD Radeon. Sementar, Mali seri T dan G adalah GPU berkualitas apik yang dibuat oleh ARM Holdings. Jadi, coba perhatikan terlebih dahulu chipset dan GPU dari smartphone yang akan kamu beli, ya.

3. RAM dan ROM
5 Tips Pilih HP Gaming yang Terjangkau dan Berkualitas

Setelah mengetahui chipset dan GPU-nya, langkah berikutnya lihat kapasitas memori RAM dan ROM yang disediakan. RAM atau random access memory adalah unit memori yang akan menyimpan data secara real time pada saat program dijalankan.

Sementara, ROM atau read only memory bertugas sebagai unit memori yang menyimpan data atau dokumen secara permanen. Nah, pada smartphone, RAM sebesar 4 GB adalah kapasitas minimal jika akan digunakan untuk bermain game secara intens.

Sementara, ROM sebesar 64, 128, dan 256 GB adalah kapasitas ideal untuk menyimpan data atau file dari game-game tersebut. Jika memungkinkan, pilihlah RAM 8 GB dan ROM 128 atau 256 GB sebagai kombinasi yang ideal dalam menjalankan game-game berat.

4. Kapasitas baterai
5 Tips Pilih HP Gaming yang Terjangkau dan Berkualitas

Kapasitas baterai juga tak boleh luput dari perhatian. Pada umumnya, baterai berkapasitas 4.000 hingga 6.000 mAh menjadi pilihan paling ideal untuk menjalankan game dalam kurun waktu yang lama. Bisa saja dipilih kapasitas di bawah itu, tapi tentu akan berpengaruh pada durasi permainan dan mungkin bisa mengganggu keasyikan dalam bermain game.

Nah, untuk mengimbangi kapasitas yang besar, teknologi pengisian daya cepat biasanya juga disertakan pada HP keluaran terbaru. Tujuannya tentu saja mengisi daya baterai secara cepat dan tidak membuang waktu.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini cukup bergantung pada charger bawaan atau orisinal. Jangan mengisi daya menggunakan charger abal-abal yang malah bisa merusak baterai smartphone milikmu.

5. Pilih brand yang memiliki komunitas kuat
5 Tips Pilih HP Gaming yang Terjangkau dan Berkualitas

Nah, kalau sudah melihat dan memerhatikan fitur serta hardware yang ada, langkah selanjutnya adalah menilik komunitas pada brand-brand tertentu. Sekadar informasi, nih, vivo Indonesia punya sebuah komunitas solid bernama vivo CLUB Indonesia yang berisi banyak anggota.

Kamu bisa bergabung dalam komunitas tersebut dan mendapatkan banyak keuntungan, di antaranya informasi teknologi atau produk, kontes game, dan bahkan berpartisipasi secara langsung dengan sesama anggota lainnya.

Pada tahun 1997, Nokia meluncurkan Snake yang sangat sukses.  Snake (dan variannya), yang telah diinstal sebelumnya di sebagian besar perangkat seluler yang diproduksi oleh Nokia, telah menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan dan ditemukan di lebih dari 350 juta perangkat di seluruh dunia. Sebuah varian dari permainan Ular untuk Nokia 6110 , menggunakan  port inframerah , juga merupakan permainan dua pemain pertama untuk ponsel.

Saat ini, game seluler biasanya diunduh dari toko aplikasi dan juga dari portal operator seluler, tetapi dalam beberapa kasus juga dimuat sebelumnya di perangkat genggam oleh OEM atau oleh operator seluler saat dibeli, melalui koneksi inframerah, Bluetooth , atau kartu memori , atau sisi dimuat ke handset dengan kabel .

Jadi, bagaimana menurutmu? Gak bingung lagi dalam memilih HP untuk bermain game, kan? Semoga beberapa tips di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan, ya.