Inilah Game Multiplayer Bergenre RPG Untuk Para Pecinta Game

Inilah Game Multiplayer Bergenre RPG Untuk Para Pecinta Game

Inilah Game Multiplayer Bergenre RPG Untuk Para Pecinta Game – Permainan bermain peran ( role-playing game atau disingkat RPG) adalah sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran karakter dalam latar fiksi. Pemain bertanggung jawab untuk memerankan peran ini dalam sebuah narasi, baik dengan melakukan akting, melalui proses pengambilan keputusan yang terstruktur, atau pengembangan karakter. Tindakan yang diambil saat memerankan peran dapat dikatakan benar atau salah tergantung pada sistem aturan dan pedoman yang formal.

RPG terdiri atas beberapa bentuk. Bentuk aslinya sering disebut sebagai permainan bermain peran di atas meja, yang dilakukan dengan diskusi, sedangkan pada permainan bermain peran laga hidup, pemain bertindak secara fisik untuk memerankan karakter yang dimainkannya. Dalam kedua bentuk ini terdapat pengatur permainan yang disebut Game Master (GM) yang biasanya memutuskan aturan dan pengaturan yang akan digunakan. Game Master juga bertindak sebagai wasit, sementara pemain lainnya memainkan perannya masing-masing. Roleplaying games atau yang biasa disingkat RPG merupakan salah satu jenis atau genre game yang penting dalam industri video game.

Namun dalam industri yang terus berubah dan berevolusi, ada banyak elemen yang diperkenalkan ke genre tersebut untuk membuatnya lebih mudah diakses oleh semua jenis pemain. Salah satu perubahan atau tambahan terbesar adalah mode multiplayer yang mempertemukan banyak pemain atau memungkinkan lebih dari satu pemain untuk Login IDN Poker bermain bersama.

1. Star Wars: The Old Republic
STAR WARS™: The Old Republic™ on Steam

Sementara Star Wars: The Old Republic tidak begitu disukai di awal perilisannya, beralih ke model free-to-play membantu game buatan BioWare itu untuk tumbuh dan meraih banyak pemain. Dirilis pada tahun 2011, The Old Republic mungkin tidak seluar biasa Knights of the Old Republic, namun tetap memberi elemen RPG yang menakjubkan.

Terlebih, sebagian besar game Star Wars dalam satu dekade terakhir berfokus pada genre shooter. The Old Republic cocok untuk mereka yang menginginkan game RPG dengan tema sci-fi dari franchise terkenal sebesar Star Wars.

2. Smite

SMITE | Play For Free

Tidak banyak game bergenre MOBA yang bisa bertahan, namun salah satu yang mungkin menarik perhatian para penggemar RPG adalah Smite. Game yang satu ini agak berbeda karena beralih dari perspektif top-down ke third-person, memungkinkan pemain untuk mengendalikan dewa dengan tampilan efek yang lebih wah.

Ini membawa banyak mekanisme action-RPG namun mengaplikasikannya ke mode gameplay berbeda yang secara mengejutkan, berhasil. Jika kamu penasaran dengan MOBA namun suka RPG, tidak ada salahnya untuk menjajal game yang satu ini.

3. Genshin Impact

Rilis 28 September 2020, Genshin Impact Gratis untuk PlayStation 4

Baik penggemar JRPG maupun RPG yang bisa dimainkan online, Genshin Impact mungkin jadi salah satu game yang sering kamu dengar. Ini jadi game online baru terpopuler akhir-akhir ini, membawa lebih banyak aksi dan petualangan alih-alih mekanisme turn-based ala RPG klasik yang cenderung lambat.

Salah satu alasan untuk bermain Genshin Impact adalah basis penggemar dan pemain aktif yang sangat masif. Selain itu, visual dari game ini juga memanjakan mata lewat gayanya sendiri dan tersedia di hampir semua platform termasuk platform mobile.

4. TERA
TERA - Action MMORPG on Steam

Dikembangkan oleh Bluehole, TERA merupakan jenis game multiplayer  untuk mereka yang menikmati gameplay yang ditawarkan genre RPG. Kisah latar belakang dari dunia dan juga cerita dari game ini mungkin kurang jika dibanding kompetitornya.

Namun, game ini punya nilai jual utama lain berupa sistem True Action Combat yang menyenangkan. Lewat sistem itu, waktu atau timing jadi kunci utama ketika berhadapan melawan AI musuh. Selain itu, pemain juga perlu langkah taktis lain untuk menaklukkan musuh. Karenanya, TERA mungkin punya gameplay agak lambat dibanding yang di daftar ini.

5. Path Of Exile

Path of Exile 2 Release Date: When Does it Come Out?

Path Of Exile mendulang popularitas instan setelah sempat memberikan konten gratis kepada pemain yang berlangganan Twitch Prime. Game RPG bertema fantasi gelap ini mengemas banyak hal untuk dilakukan dan merupakan contoh luar biasa untuk game dungeon crawler dengan perspektif kamera top-down.

Game yang satu ini juga punya sistem pohon skill menarik yang mudah dinikmati oleh penggemar genre RPG di pemain bisa mendapat ability via gem yang bisa ditemukan lewat musuh maupun bos. Nah, gem tersebut dapat dinaikkan levelnya maupun ditukar dengan gem lain.

6. Final Fantasy 14 Online
Buy FINAL FANTASY® XIV Online Complete Edition from the Humble Store

Final Fantasy 14 Online bisa dikatakan merupakan game multiplayer terbesar untuk penggemar RPG. Ini menakjubkan untuk sebuah game berbasis tim maupun solo dan memberi pemain pengalaman RPG dalam dunia terbuka, lengkap dengan petualangan yang sangat memuaskan.

Game ini gratis hingga pemain mencapai level 35 dan setelahnya, pemain perlu membayar dengan sistem langganan per bulan. Meski tidak sepenuhnya gratis, sesi gratis yang diberikan hingga level tertentu setidaknya cukup lama dan memberi pemain bantuan untuk lanjut atau tidak.

7. Destiny 2

Destiny 2: The Collection Comes To Stadia - YouTube

Sebuah game yang dibuat agar pemain tetap sibuk, Destiny 2 hadir dengan segala hal mulai dari campaign hingga quest yang menghadiahi pemain upgrade senjata, armor, gear dan item menarik lainnya. Game ini mungkin lebih dominan ke arah FPS, namun elemen platforming dan melee combat yang dieksekusi dengan baik sesuai dengan playstyle para penggemar genre MMO maupun RPG klasik.

Destiny 2 juga punya segudang opsi kustomisasi, dengan beragam jenis senjata dan armor untuk dibuka di sepanjang permainan. Ini sangat direkomendasikan.

Beberapa jenis RPG juga terdapat pada media elektronik, seperti pada MUD berbasis teks multipemain dan penerusnya yang berbasis grafis, yaitu permainan bermain peran daring multipemain masif. Permainan bermain peran juga mencakup permainan video bermain peran dengan pemain tunggal, di mana pemain mengontrol karakter atau tim yang menjalankan suatu misi, dan dapat mencakup kemampuan penggunaan statistik mekanis yang maju.

Permainan ini memiliki pengaturan dan peraturan yang sama dengan permainan bermain peran di atas meja, tetapi menekankan kemajuan karakter daripada cerita yang kolaboratif. Meskipun memiliki berbagai macam bentuk, tetapi permainan perang dan pertukaran kartu tidak termasuk dalam permainan bermain peran. Istilah ini juga kadang digunakan untuk menggambarkan permainan simulasi, dan juga latihan yang digunakan dalam pengajaran, pelatihan, dan penelitian akademis