Judul Game RPG Terlaris yang Digandrungi Oleh Para Gamer

Judul Game RPG Terlaris yang Digandrungi Oleh Para Gamer

Judul Game RPG Terlaris yang Digandrungi Oleh Para Gamer – Permainan bermain peran adalah sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran karakter dalam latar fiksi. Pemain bertanggung jawab untuk memerankan peran ini dalam sebuah narasi, baik dengan melakukan akting.

Melalui proses pengambilan keputusan yang terstruktur, atau pengembangan karakter. Video game memiliki beragam tema dan genre, dari olahraga hingga ke dunia sihir dan petualangan. Salah satu tema yang paling digandrungi oleh para gamer lintas generasi adalah role-playing game atau RPG.

Sambil menamatkan game, RPG menyuguhkan berbagai misi tambahan yang membuatmu tidak merasa bosan (atau malah kesal?)! Dari pemandangan apik, misi yang bejibun, hingga desain karakter yang melekat di hati, tujuan game RPG tetap satu: meraup untung sebanyak-banyaknya. Dan, judul-judul ini berhasil melakukannya.

7. Pokémon Sword & Shield (Nintendo Switch)
7 Game RPG Terlaris Sepanjang Masa, Pernah Tamatkan?

Dirilis pada November 2019, Pokémon Sword & Shield adalah seri pertama dan kedua dari generasi ke-8 seri Pokémon yang dikembangkan oleh Game Freak. Game ini dirilis setelah kesuksesan Pokémon: Let’s Go, Pikachu! dan Let’s Go, Eevee! pada 2018.

Pokémon Sword & Shield menceritakan kisahmu sebagai seorang trainer Pokémon untuk menjadi jawara Pokémon baru. Selain 81 Pokémon dan 13 kawasan baru, grafik 3D, format open world, dan pergerakan kamera yang luwes membuat Pokémon Sword & Shield beda dari generasi game sebelumnya.

Meski sempat kena boikot “Dexit” oleh fans Pokémon karena tidak memasukkan beberapa Pokémon generasi lama, Pokémon Sword & Shield tetap laku keras. Sebagai game terlaris ke-5 di Nintendo Switch, Pokémon Sword & Shield terjual 21,10 juta kopi per Maret 2021!

6. Borderlands 2 (PC, PSVita, PS3, PS4, XBOX 360, XBOX One, Nintendo Switch, dan Android)
7 Game RPG Terlaris Sepanjang Masa, Pernah Tamatkan?

Dikembangkan oleh Gearbox Software dan diluncurkan oleh 2K pada 2012, Borderlands 2 adalah game bertema first person shooter (FPS) yang menggabungkan elemen RPG dan fiksi ilmiah dengan penggambaran khas komik.

Borderlands 2 dirilis mengikuti keberhasilan Borderlands pada 2009. Tetap mengambil latar di planet Pandora 5 tahun setelah cerita Borderlands pertama, komplotan Vault Hunters berusaha untuk menaklukkan Handsome Jack yang berambisi menguasai Vault.

Menggabungkan RPG dengan FPS dan monster alien, para pengembang Borderlands sebenarnya pesimistis. Namun, setelah Borderlands pertama laku hingga lebih dari 30 juta kopi, maka mereka pun semakin berani dengan Borderlands 2. Dipuji oleh para kritikus video gameBorderlands 2 meraup penjualan 22 juta kopi.

5. Pokémon Gold & Silver (Game Boy Color)
7 Game RPG Terlaris Sepanjang Masa, Pernah Tamatkan?

Dirilis pada 1999, Pokémon Gold & Silver adalah game seri pertama dari generasi Pokémon ke-2 buatan Game Freak. Game ini dirilis oleh Nintendo mengikuti keberhasilan Pokémon Red & Blue pada tiga tahun sebelumnya.

Layaknya game Pokémon lainnya, kamu adalah trainer Pokémon yang menapaki karier jadi jawara. Di Pokémon Gold & Silver, lahirlah 100 Pokémon baru yang ditambahkan. Tahukah kamu, Johto Arc di anime Pokémon sebenarnya diadaptasi dari kawasan di Pokémon Gold & Silver?!

Sebagai game di konsol generasi ke-5, Pokémon Gold & Silver dianggap sebagai salah satu game paling terkenal di masanya. Terjual lebih dari 23 juta kopi, Pokémon Gold & Silver bahkan di re-make pada 2009 untuk Nintendo DS dengan judul Pokémon HeartGold & SoulSilver.

4. The Witcher 3: The Wild Hunt (PC, PS4, PS5, XBOX One, XBOX Series X/S, dan Nintendo Switch)
7 Game RPG Terlaris Sepanjang Masa, Pernah Tamatkan?

Dirilis pada 2015, The Witcher 3: Wild Hunt adalah game RPG seri ke-3 dari kisah The Witcher oleh CD Projekt Red yang diadaptasi dari karya Andrzej Sapkowski. Game ini mengusung format open-world dan third person shooter.

Sekuel dari The Witcher 2: Assassins of Kings pada 2011, The Witcher 3: Wild Hunt menceritakan kisah Geralt of Rivia yang tengah mencari putri angkatnya, Ciri, yang kabur dari Wild Hunt. Selain mengandalkan senjata dan ramuan serta mantra sihir, game ini memiliki 3 ending, tergantung dari pilihanmu selama jalan cerita.

CD Projekt Red juga meluncurkan ekspansi Hearts of Stone dan Blood and Wine yang membuat kisah The Witcher 3: Wild Hunt semakin apik. Memenangkan penghargaan Game of the Year pada 2015, The Witcher 3: Wild Hunt mendulang penjualan hingga lebih dari 30 juta (per April 2021).

3. Diablo III (PC, PS3, PS4, XBOX 360, XBOX One, dan Nintendo Switch)
7 Game RPG Terlaris Sepanjang Masa, Pernah Tamatkan?

Dirilis pada 2012 oleh Blizzard Entertainment, Diablo III menjadi produk kebanggaan Blizzard selain Warcraft dan StarCraft. Dirilis lebih dari 1 dekade sejak Diablo II pada 2000, Diablo III mengemban tugas berat untuk melebihi performa Diablo II yang saat itu dianggap sebagai salah satu RPG terbaik sepanjang masa.

Mengambil latar waktu 2 dekade setelah kisah Diablo II, kamu tetap harus memilih satu dari 7 kelas (BarbarianCrusaderDemon HunterMonkNecromancerWitch Doctor, atau Wizard). Lalu, seperti game Diablo sebelumnya, kamu tetap harus mengalahkan Diablo, Lord of Terror.

Diablo III terbukti berhasil! Terjual lebih dari 3,5 juta kopi dalam 24 jam, Diablo III jadi game PC yang paling cepat terjual! Dimainkan juga di konsol terkini lewat Eternal CollectionDiablo III mencatatkan penjualan lebih dari 30 juta kopi per Agustus 2015.

2. The Elder Scrolls V: Skyrim (PC, PS3, PS4, PS5, XBOX 360, XBOX One, XBOX Series X/S, dan Nintendo Switch)
7 Game RPG Terlaris Sepanjang Masa, Pernah Tamatkan?

Dirilis pada 2011 oleh Bethesda Softworks, The Elder Scrolls V: Skyrim adalah salah satu game RPG legendaris dalam 2 dekade terakhir. Sebagai seri ke-5 dan penerus seri Oblivion pada 2006, Skyrim menggunakan Creation Engineengine dalam game yang diciptakan khusus untuk seri ini.

Berlatar waktu 2 abad setelah kejadian Oblivion, kamu bermain sebagai Dragonborn. Berpetualang di Skyrim, kamu menjalankan berbagai misi dan menjalankan tugas mengalahkan Alduin the World-Eater, naga yang konon akan menghancurkan dunia!

Meski saat ini terkenal sebagai bahan memeSkyrim dipuji oleh para gamer dan para kritikus video game. Per 2016, Skyrim meraup penjualan lebih dari 30 juta kopi. Tak lekang oleh waktu, Skyrim dimainkan juga di konsol current dan next gen.

1. Pokémon Red & Blue (Game Boy, Game Boy Advance, dan Nintendo 3DS)
7 Game RPG Terlaris Sepanjang Masa, Pernah Tamatkan?

Awal dari petualanganmu jadi yang terbaik, Pokémon Red & Blue buatan Game Freak diperkenalkan oleh Nintendo pada 1996. Game ini juga adalah awal dari naiknya Pokémon sebagai seri Japanese RPG (J-RPG) terbaik di seluruh dunia, dari gamemerchandise, hingga film dan game HP.

Mengambil latar di kawasan Kanto, kamu bermain sebagai seorang pemuda yang kemudian jadi trainer Pokémon. Tujuan cerita adalah kamu menjadi jawara Indigo League setelah mengalahkan 8 Gym Leader dan Elite Four. Sambil menyelesaikan cerita, kamu dapat mengumpulkan 151 Pokémon ke Pokédex!

Pokémon Red & Blue kemudian mendapatkan versi upgrade yaitu Yellow pada 1998. Selain itu, Pokémon Red & Blue juga diperbarui dengan:

  • Pokémon FireRed & LeafGreen untuk Game Boy Advance pada 2004
  • Pokémon Red & BlueGreen, dan Yellow dirilis secara online untuk Nintendo 3DS pada 2016

Tidak heran jika Pokémon Red & Blue dianggap sebagai salah satu game RPG terbaik yang pernah diciptakan. Dari segi penjualan, Pokémon Red & Blue meraup lebih dari 31 juta kopi hingga masuk ke Guinness World Record sebagai “Video Game Terlaris” pada 2017.

Beberapa jenis RPG juga terdapat pada media elektronik, seperti pada MUD berbasis teks multipemain dan penerusnya yang berbasis grafis, yaitu permainan bermain peran daring multipemain masif. Permainan bermain peran juga mencakup permainan video bermain peran dengan pemain tunggal, di mana pemain mengontrol karakter atau tim yang menjalankan suatu misi, dan dapat mencakup kemampuan penggunaan statistik mekanis yang maju.

Permainan ini memiliki pengaturan dan peraturan yang sama dengan permainan bermain peran di atas meja, tetapi menekankan kemajuan karakter daripada cerita yang kolaboratif. Meskipun memiliki berbagai macam bentuk, tetapi permainan perang dan pertukaran kartu tidak termasuk dalam permainan bermain peran. Istilah ini juga kadang digunakan untuk menggambarkan permainan simulasi, dan juga latihan yang digunakan dalam pengajaran, pelatihan, dan penelitian akademis.