Perilisan Trailer Pertama Untuk Game Haunted Chocolatier

Perilisan Trailer Pertama Untuk Game Haunted Chocolatier

Perilisan Trailer Pertama Untuk Game Haunted ChocolatierConcernedApe atau Eric Barone atau pembuat dari game Stardew Valley telah siap untuk mengumumkan game barunya. Game ini berjudul Haunted Chocolatier.  Untuk saat ini Eric baru mengkonfirmasi bahwa game ini ditujukan untuk PC.

Dari trailer perdananya bisa dilihat jika Haunted Chocolatier mirip dengan Stardew Valley . Game ini terlihat sama dari segi grafis maupun  gameplay . Jika di Stardew Valley pemain menjadi seorang pengelola dan peternakan, maka di Haunted Chocolatier pemain akan mengelola pabrik cokelat.

Penggemar Stardew Valley merapat! Eric Barone atau akrab dipanggil ConcernedApe baru-baru ini merilis trailer pertama untuk game Haunted Chocolatier pada Jumat (22/10/2021). Serupa tapi tak sama, game ini memiliki grafik ala Stardew Valley tetapi dengan gameplay yang sangat berbeda.

1. Sudah pernah dibocorkan sebelumnya

Jauh sebelum Haunted Chocolatier mendapatkan pengumuman resmi diikuti dengan trailer perdananya, ConcernedApe pernah membocorkan bahwa ia sedang mengembangkan beberapa game. Menurut cuitan yang diunggah tahun 2020 lalu, salah satu proyek baru tersebut bukanlah game bertani dan beternak meskipun berada di dunia yang sama dengan Stardew Valley. Proyek lainnya juga akan memiliki keterkaitan dengan Stardew Valley.

Dari semua proyek baru yang sedang dikerjakan, ConcernedApe percaya bahwa Haunted Chocolatier akan rilis terlebih dahulu. Ia sudah menunjukkan trailer lewat Twitter yang mendapatkan 1.3 juta kali tayangan dan 114.3 ribu likes.

Di sisi lain, jumlah tayangan video pengumuman di YouTube mencapai 1.4 juta dengan 128 ribu likes. Dipastikan bahwa gamer yang ketagihan bermain Stardew Valley sudah tidak sabar lagi menunggu kehadiran game ini!

2. Kamu akan bermain sebagai pembuat cokelat
Haunted Chocolatier, Game Terbaru Pembuat Stardew Valley

Dalam game yang mengusung genre RPG dan simulasi ini, kamu bermain sebagai pembuat cokelat yang tinggal di kastel berhantu. Kamu diajak untuk menjalankan peran sebagai pembuat cokelat dengan mengumpulkan bahan baku, membuat cokelat yang lezat, dan menjualnya di toko cokelat.

Terdengar sederhana? Well, ConcernedApe mengatakan bahwa deskripsi tersebut hanya berupa sneak peek saja. Ia tidak ingin membocorkan Haunted Chocolatier secara lebih dalam.

Persamaan Haunted Chocolatier dan Stardew Valley terletak pada fakta bahwa keduanya merupakan game di mana kamu berpindah ke suatu kota dan mencoba cara hidup yang baru. Tidak hanya itu, kamu akan menjadi lebih dekat dengan penduduk kota sembari melakukan aktivitas sehari-hari.

Bedanya, genre game terbaru ConcernedApe lebih bersifat Action RPG ketimbang game bercocok tanam itu. Titik fokus Haunted Chocolatier bukanlah pertanian, melainkan toko cokelat.

3. Hantu menjadi salah satu elemen paling penting dalam game
Haunted Chocolatier, Game Terbaru Pembuat Stardew Valley

Selain cokelat, hantu menjadi elemen yang sangat penting dalam Haunted Chocolatier. Lagi pula, dari nama game-nya saja kamu mendapatkan dua kata kunci, yaitu ‘haunted’ atau berhantu dan ‘chocolatier’ atau pembuat cokelat.

Bagi kamu yang takut hantu, tidak perlu merasa ngeri! Gambar di atas telah menunjukkan bahwa hantu tersebut terlihat menggemaskan. Kalau pernah bermain Stardew Valley, hantu Haunted Chocolatier lebih cocok dibandingkan dengan si imut Junimo daripada hantu musuh yang ditemukan dalam dungeon.

ConcernedApe menegaskan bahwa game yang mencakup kastel berhantu ini bukanlah game yang jahat atau negatif. Sebaliknya, game ini memiliki sifat yang positif, membangkitkan semangat, dan meneguhkan kehidupan. Ia memberikan analogi bahwa Stardew Valley menyalurkan energi matahari sedangkan Haunted Chocolatier menyalurkan energi bulan. Keduanya sangat penting!

4. ConcernedApe masih merahasiakan hubungan game ini dengan Stardew Valley
Haunted Chocolatier, Game Terbaru Pembuat Stardew Valley

Meskipun ConcernedApe pernah membocorkan bahwa deretan proyek yang sedang dikembangkan akan memiliki keterkaitan dengan Stardew Valley, ia tidak mengonfirmasi hubungan game pertanian tersebut dengan Haunted Chocolatier.

Saat ini, ConcernedApe belum siap untuk mengungkapkan hubungan antara keduanya. Walaupun begitu, kita dapat berspekulasi dengan menggunakan petunjuk yang diberikan developer ini tahun lalu.

5. Belum ada rencana implementasi fitur multiplayer
Haunted Chocolatier, Game Terbaru Pembuat Stardew Valley

Bermain Stardew Valley bersama teman merupakan pengalaman yang menyenangkan. Kamu dapat berbagi tugas, bersama-sama menghadapi tantangan dalam dungeon, dan mendekati NPC yang disukai. Lantas, bagaimana dengan Haunted Chocolatier?

Sayangnya, ConcernedApe mengabarkan bahwa Haunted Chocolatier merupakan game singleplayer. Ia melanjutkan bahwa belum ada rencana untuk mengimplementasi fitur multiplayer.

Eits, jangan kehilangan harapan dulu! Faktanya, Stardew Valley juga tidak memiliki fitur multiplayer saat pertama kali rilis. Selain itu, ConcernedApe banyak menggunakan kata ‘saat ini’ dan ‘belum’. Developer independen ini tidak mengatakan bahwa Haunted Chocolatier tidak akan memiliki fitur multiplayer. Jika tidak ada, para gamer bisa saja membuat mod berupa fitur multiplayer.

6. Masih dalam tahap pengembangan
Haunted Chocolatier, Game Terbaru Pembuat Stardew Valley

Haunted Chocolatier belum memiliki tanggal rilis yang pasti karena game tersebut masih dalam tahap pengembangan. Pembuatan game dengan fokus pada cokelat dan hantu ini dimulai tahun 2020. Yup, saat masih sibuk dengan Stardew Valley, ConcernedApe meluangkan waktunya untuk pengembangan Haunted Chocolatier, tepatnya pada malam hari atau akhir pekan.

Masih banyak hal yang harus dilakukan sebelum game ini menjadi produk yang siap dinikmati secara luas. Namun, ConcernedApe menikmati rangkaian proses ini. Berbeda dengan proses pembuatan Stardew Valley, pengembangan Haunted Chocolatier terasa lebih bebas. Dengan demikian, ConcernedApe dapat berkarya sekreatif mungkin!

7. Dipastikan hadir untuk plaftorm PC
Haunted Chocolatier, Game Terbaru Pembuat Stardew Valley

Menurut ConcernedApe, Haunted Chocolatier dipastikan akan hadir untuk platform PC. Ia juga berencana supaya game terbarunya dapat dimainkan di platform lainnya.

Perlu diingat bahwa game RPG dan simulasi ini masih dalam tahap pengembangan. Seperti proses pembuatan Stardew Valley, ConcernedApe bekerja secara mandiri. Akan tetapi, besar kemungkinan ia mendapatkan bantuan dari pihak lain untuk proses porting ke platform lain dan pelokalan bahasa.

Pengumuman Haunted Chocolatier menjadi kabar baik untuk pencinta game indie dan Stardew Valley. Kalau kamu sendiri, bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan game terbaru ConcernedApe?

Mengenai kapan Haunted Chocolatier akan dirilis masih belum diketahui.  Dalam blog resminya, Eric mengatakan bahwa game ini masih dalam tahap pengembangan. Nantikan informasi seputar game lainnya dan jangan lupa ikuti Facebook dan Instagram DuniaGames ya. Kamu juga bisa beli voucher  untuk Mobile Legends , Free Fire , Call of Duty Mobile dan banyak game lainnya dengan harga menarik hanya di Top-up Dunia Games !