Rockstar Mengumumkan Merilis GTA The Trilogy San Andreas

Rockstar Mengumumkan Merilis GTA The Trilogy San Andreas

Rockstar Mengumumkan Merilis GTA The Trilogy San Andreas – Rockstar Games adalah sebuah pengembang permainan video multinasional yang berkantor pusat di New York City, saat ini dimiliki Take-Two Interactive setelah membeli pengembang permainan video asal Britania, BMG Interactive. Delapan tahun yang lalu, Grand Theft Auto V rilis di pasaran untuk dinikmati masyarakat luas. Game ini sukses dan mendapatkan ulasan yang baik.

Merek ini terkenal karena pemakaian dunia terbuka dan kebebasan menjelajah dalam permainan tersebut. Tahun-tahun berikutnya, Grand Theft Auto V di-porting ke platform lain dan tetap laku di pasaran. Kesuksesan ini memang patut diacungkan jempol. Akan tetapi, tidak sedikit dari kita yang berpikir dan bertanya-tanya seputar eksistensi Grand Theft Auto VI.

Meskipun tidak mengabarkan pengembangan GTA VI, Rockstar baru-baru ini mengumumkan Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition yang meliputi GTA III, GTA Vice City, dan GTA San Andreas. Pengumuman ini menjadi angin segar bagi gamer yang menginginkan hal yang berbeda dari GTA V. Yuk, kita simak faktanya!

1. Diumumkan dalam rangka merayakan hari jadi GTA III ke-20

Tanggal 22 Oktober 2021 menandakan ulang tahun GTA III ke-20. Dukungan oleh para gamer selama dua dekade ini telah mendorong seri GTA menjadi lebih baik. Untuk berterima kasih kepada gamer sekaligus merayakan hari yang spesial ini, Rockstar mengumumkan bahwa Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition akan segera hadir di pasaran.

Pengumuman ini memang membuat warganet terkejut. Namun, bagi sejumlah gamer, berita ini bukanlah sesuatu yang baru. Sebab, informasi versi definitif dari trilogi GTA ini bocor, sebagaimana dilaporkan Kotaku. Bocoran ini pun diperkuat oleh penilaian game tersebut di papan peringkat Korea.

2. Versi definitif hadirkan peningkatan visual
Rockstar Umumkan Versi Baru dari Trilogi Grand Theft Auto

Menurut situs resmi Rockstar, Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition akan menghadirkan peningkatan secara menyeluruh. Ketiga game dalam versi definitif tersebut dipastikan mendapat peningkatan grafik dan gameplay yang lebih modern. Tampilan dan nuansa klasik dari GTA III, GTA Vice City, dan GTA San Andreas akan tetap dipertahankan.

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut, kamu harus menunggu sebentar karena Rockstar akan segera membagikan informasi pada minggu-minggu berikutnya. Apakah kamu siap mengunjungi Grove Street kembali?

3. Alur cerita untuk ketiga game
Rockstar Umumkan Versi Baru dari Trilogi Grand Theft Auto

Grand Theft Auto: San Andreas sudah melekat erat dengan masyarakat Indonesia. Bahkan, dulu berbagai toko game di Indonesia kerap menjual kaset bajakan Grand Theft Auto: San Andreas dilengkapi mod yang aneh. Sebagai contoh, GTA Upin & Ipin, GTA Wolverine, dan GTA Dragon Ball Z. Apakah ‘melekat’ memiliki arti bahwa kita sudah tahu plotnya? Belum tentu!

Saat masih kecil, sebagian dari kita pastinya pernah bermain game tanpa memperhatikan alur cerita. Hal ini juga berlaku untuk seri GTA. Nah, bagi kamu yang belum tahu, berikut adalah sepotong sinopsis ketiga game yang nantinya hadir dalam versi definitif.

  • Grand Theft Auto III: Kamu mengikuti kisah Claude yang dikhianati oleh kekasihnya,  Catalina, yang menembaknya dengan senjata api setelah mereka merampok bank. Untuk membalas dendam, kamu perlu bekerja untuk faksi yang berbeda di Liberty City, termasuk Mafia dan Yakuza.
  • Grand Theft Auto: San Andreas: Setelah lima tahun tinggal di Liberty City, Carl Johnson kembali ke San Andreas sehabis mendapatkan kabar tentang kematian ibunya. Saat sampai, beberapa polisi korup menjebak Carl dengan alasan pembunuhan. Sosok yang kerap dipanggil CJ ini pun dipaksa melakukan perjalanan melintasi seluruh negara bagian San Andreas.
  • Grand Theft Auto: Vice City Mengambil tempat di Vice City, kamu bermain sebagai Tommy Vercetti setelah ia dibebaskan dari penjara. Saat mendapatkan tugas untuk mengawasi transaksi narkoba, ia disergap oleh orang-orang tak dikenal. Hal ini mendorong Tommy untuk mencari tahu pelaku di balik serangan ini.
4. Versi trilogi yang ada di pasaran segera dihapus
Rockstar Umumkan Versi Baru dari Trilogi Grand Theft Auto

Untuk menyambut perilisan Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition, Rockstar memutuskan untuk segera menghapus GTA III, GTA Vice City, dan GTA San Andreas dari toko digital. Tenang saja, kalau sudah telanjur memiliki game-nya, kamu tetap bisa mengunduh dan memainkan game tersebut, kok.

Kalau belum, kamu perlu mempertimbangkan apakah ingin mengoleksi versi orisinal dari ketiga game tersebut atau ingin versi definitifnya. Apa pilihan kamu?

5. Meluncur di berbagai platform!
Rockstar Umumkan Versi Baru dari Trilogi Grand Theft Auto

Sudah tidak sabar? Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition hadir tahun 2021 untuk platform PC (Rockstar Games Launcher), PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X|S, dan Nintendo Switch. Pihak Rockstar belum memberikan detail tanggal dan bulan perilisan, serta harga game ini.

Oh ya, versi definitif tersebut juga dikabarkan akan menuju iOS dan Android tahun 2022 mendatang. Banyak sekali target platform-nya, ya!