Tujuh Rekomendasi Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik

Tujuh Rekomendasi Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik

Tujuh Rekomendasi Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik – Nintendo Switch adalah konsol video game yang dirilis perusahaan Nintendo pada 3 Maret 2017. Nintendo Switch telah menemani gamer sejak tahun 2017 dan memanjakan mereka dengan berbagai macam game fantastis terutama first-party atau yang eksklusif dari franchise kesayangan seperti The Legend of Zelda, Super Mario dan Metroid.

Nintendo Switch mengapalkan hampir tiga juta penjualan dalam tiga bulan setalah peluncuran, melebihi perkiraan Nintendo dan dalam waktu satu tahun meraih 14 juta penjualan di seluruh dunia, Sebagai konsol dengan pendekatan berbeda dibanding milik Sony dan Microsoft, butuh yang namanya adaptasi terutama untuk mereka yang baru menjajal konsol dari Nintendo.

Untungnya, Nintendo dengan baik hati menyediakan beragam aksesoris resmi yang bisa dibeli, baik untuk meningkatkan pengalaman bermain yang lebih imersif lagi maupun untuk sekedar menjaga agar Switch tetap aman. Berikut 7 di antaranya yang direkomendasikan.

1. Nintendo Switch Pro Controller
7 Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik, Layak Dikoleksi

Nintendo Switch Pro Controller mungkin bukan aksesori wajib beli namun jadi aksesori tambahan yang sempurna, terutama bagi mereka yang lebih bersahabat dengan kontroler dengan desain tradisional. Selain hadir dalam varian warna default yaitu hitam dengan aksen semi transparan, Switch Pro Controller juga punya beragam varian berbeda termasuk versi Xenoblade Chronicles 2 dan Monster Hunter Rise.

Beberapa gamer di luar sana bahkan juga banyak yang melakukan kustomisasi Switch Pro Controller yang kemudian mereka pamerkan di dunia maya. Bagi yang tertarik, Switch Pro Controller dibanderol Nintendo seharga US$69,99 atau sekitar Rp980 ribu.

2. Joy-Con Charging Grip
7 Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik, Layak Dikoleksi

Setiap Nintendo Switch menyertakan yang namanya Joy-Con Grip di dalam paket pembelian. Sederhananya, aksesori itu memungkinkan pemain untuk menggabungkan sepasang Joy-Con untuk kemudian digunakan layaknya kontroler tradisional.

Untungnya, Nintendo menawarkan alternatif aksesori serupa yaitu Joy-Con Charging Grip, yang notabene sama seperti Joy-Con Grip namun bisa mengisi daya Joy-Con itu sendiri ketika terpasang. Untuk harga, Nintendo membanderol Joy-Con Charging Grip seharga US$39,99 atau sekitar Rp560 ribu.

3. Joy-Con AA Battery Pack
7 Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik, Layak Dikoleksi

Salah satu kekurangan Nintendo Switch ketika dimainkan dalam mode table-top dengan Joy-Con yang dilepas adalah pemain tidak bisa bermain dalam waktu yang lama kecuali menggunakan Joy-Con Charging Grip untuk menjaga Joy-Con agar tetap bisa bertahan lama. Kabar baiknya, Nintendo mengatasi masalah tersebut dengan aksesoris seharga US$34,99 atau sekitar Rp490 ribu bernama Joy-Con AA Battery Pack.

Sederhananya, Joy-Con AA Battery Pack memungkinkan pemain untuk memperpanjang daya tahan baterai Joy-Con mereka sehingga pemain bisa bermain untuk sesi lama. Cara memasangnya juga mudah di mana aksesori ini hanya perlu ditempatkan di bagian belakang Joy-Con.

4. Nintendo Switch Carrying Case & Screen Protector
7 Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik, Layak Dikoleksi

Selain untuk menambah pengalaman bermain Switch menjadi lebih baik, Nintendo juga menawarkan sejumlah aksesori untuk menjaga Switch agar tetap aman. Salah satu yang terbaik adalah Carrying Case, sebuah casing agar Switch jadi lebih aman ketika dibawa bepergian dan Screen Protector yang notabene merupakan pelindung layar agar Switch bisa lebih tahan goresan.

Selain varian dengan warna standar yaitu hitam, Nintendo juga beragam varian Carrying Case yang bisa dipilih mulai dari yang bertema Super Mario Odyssey, Splatoon 2 hingga Animal Crossing: New Horizons. Kedua aksesori ini dijual dalam satu paket di harga US$19,99 atau sekitar Rp280 ribu.

5. Joy-Con Wheel Pair
7 Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik, Layak Dikoleksi

Switch punya sejumlah game balap menarik, salah satunya Mario Kart 8 Deluxe yang sebelumnya juga dirilis di Wii. Game yang dirilis pada tahun 2014 itu menggunakan kontrol berbasis gerakan, yang sayangnya tidak bisa dinikmati dengan sangat baik ketika memainkannya menggunakan Joy-Con.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Nintendo akhirnya merilis aksesori bernama Joy-Con Wheel, yang memungkinkan pemain untuk bermain game balapan seperti Mario Kart 8 Deluxe dengan kontroler berbentuk setir. Konsep yang diusung tidak jauh berbeda dengan Wii Wheel dan harganya juga tidak begitu mahal yaitu US$17,99 atau sekitar Rp250 ribu saja.

6. Nintendo Switch Adjustable Charging Stand
7 Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik, Layak Dikoleksi

Salah satu mode terbaik selain handheld ketika memainkan Switch adalah mode table-top. Sayangnya, mode tersebut tidak memungkinkan Switch untuk bisa sekalian diisi dayanya sehingga sesi bermain mungkin akan jadi lebih terbatas.

Sesuai namanya, aksesori ini bisa mengisi daya Switch ketika digunakan dalam mode table-top, dan kerennya lagi, juga menawarkan stand atau penahan yang lebih baik dari yang ada di Switch. Bagi yang tertarik untuk membelinya, Nintendo membanderol aksesori yang satu ini di harga US$19,99 atau sekitar Rp280 ribu.

7. Nintendo Switch GameCube Controller
7 Aksesoris Resmi Nintendo Switch Terbaik, Layak Dikoleksi

Sebelum Switch, Nintendo sempat merilis cukup banyak konsol menarik. Salah satu di antaranya adalah GameCube yang diluncurkan pada tahun 2001 dan berkompetisi melawan dua konsol lain saat itu yakni PlayStation 2 dan Xbox.

Kabar baiknya, bagi mereka yang tertarik untuk bernostalgia, Nintendo membuat ulang kontroler GameCube untuk Switch. Penempatan tombol yang diusung masih sama, namun dengan desain yang sedikit disesuaikan dengan kontroler modern. Untuk harga, Nintendo Switch GameCube Controller dijual di harga US$64,99 atau sekitar Rp910 ribu.