Mampukah Steam Deck Menjadi Raja Diseluruh Handheld PC?

Mampukah Steam Deck Menjadi Raja Diseluruh Handheld PC?

Mampukah Steam Deck Menjadi Raja Diseluruh Handheld PC? – Dunia gaming dikagetkan dengan perangkat gaming PC portable yang dikembangkan untuk platform Steam, namun tahukah kalian bahwa ini bukanlah satu-satunya handheld? Nah, apakah Steam Deck akan mampu mengalahkan GPD Win dan kompetitornya? Belum lama ini, Valve mengumumkan Steam Deck, sebuah handheld gaming PC yang mendukung begitu banyak game dari Steam.

GPD Win 3 adalah komputer genggam berbasis Windows yang merupakan penerus GPD Win 2 dan GPD Win MAX. Ini diproduksi oleh perusahaan China Gamepad Digital, dan didanai oleh crowdfunding. Kompatibilitasnya yang disebut Valve akan terus dikembangkan terlihat begitu menarik.

Dari spesifikasi hingga fitur, ini tentu merupakan mimpi terindah para gamer! Dari bermain dengan santai di ranjang hingga membawa Steam Deck keluar, ada begitu banyak kelebihan yang bisa didapat dari sebuah handheld satu ini! Namun, Dilansir dari apk idn poker untuk menjadi yang paling populer, Steam Deck harus mengalahkan kompetitornya yang sudah ada sejak bertahun-tahun, seperti GPD Win. Pertanyaannya, mampukah Steam Deck menjadi raja diantara seluruh handheld P

Steam Deck bukan satu-satunya perangkat handheld PC.
steam deck gpd win - aya neo

Ranah handheld PC dulunya merupakan sesuatu yang sangat jarang disentuh oleh perusahaan raksasa. Alasannya sederhana, biaya yang dibutuhkan untuk merancang desain dan mengembangkan perangkat tersebut sangatlah tinggi!

Hal ini dibuktikan dengan GPD yang merilis seri GPD Win sebagai portable gaming PC. Harga yang ditawarkan cukup tinggi, itu karena memasukkan hardware kedalam sebuah desain kecil bukanlah hal yang mudah, dan biaya manufakturnya jelas sangat tinggi.

Selain GPD Win, kita mulai mendengar kompetitor seperti Aya Neo yang berasal dari Indiegogo yang mengadopsi chipset dari AMD. Ditambah lagi, kompetisi semakin sengit dengan hadirnya ONEXPLAYER. Does Steam Deck stand a chance?

And the answer is yes, with a big but.
steam deck gpd win - gameplay

Salah satu hal yang membuat Steam Deck terlihat lebih menarik dibanding produk seperti GPD Win 3, Aya Neo, dan ONEXPLAYER adalah harganya yang sangat terjangkau. Ketiga device yang sudah dikenal terlebih dahulu ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi!

Steam Deck, selain memiliki dukungan resmi dari Steam, juga memiliki spesifikasi yang mampu melibas game AAA dengan cukup nyaman. Semua yang didapat juga berada di harga yang dianggap wajar, dari $399 untuk kapasitas 64GB menuju $649 untuk 512GB.

Sayangnya, satu hal yang membuat ragu adalah kompatibilitas game. Memang, Steam OS yang digunakan didasari dari Proton, salah satu fork dari Wine yang mampu menjalankan cukup banyak game Windows, namun ini tetaplah kurang sebagai sebuah handheld PC.

steam deck gpd win - compatibility

Hal ini diperkuat oleh Valve yang saat ini mencoba untuk menggandeng para pengembang anti-cheat agar sistem mereka dapat bekerja di Steam OS. Ini disebabkan karena sistem sekuritas tingkat kernel yang digunakan hanya berguna pada Windows saja.

Tentu, Valve memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk meng-install Windows, namun apakah dukungan driver untuk Steam Deck akan tersedia dalam waktu dekat? Hal ini cukup untuk membuat beberapa orang khawatir.

Valve akan bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa Steam Deck bisa menjadi sebuah PC portabel impian para gamer. Kompatibilitas untuk game menjadi fokus nomor satu dan Valve tidak ingin mengecewakan para gamer seperti pada Steam Link dulu.