Beberapa Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat

Beberapa Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat

Beberapa Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat – Peramban web (biasa disebut peramban) adalah perangkat lunak aplikasi untuk mengakses World Wide Web. Ketika pengguna meminta halaman web dari situs web tertentu, Di tengah-tengah pandemik seperti sekarang ini, kebanyakan dari kita mungkin sudah terbiasa dengan sistem Work from Home atau School from Home, ya.

Peramban web tidak sama dengan mesin telusur, meskipun keduanya sering membingungkan. Mesin pencari adalah situs web yang menyediakan tautan ke situs web lain. Dengan sistem yang serba daring, browser menjadi tools yang sangat penting dalam menunjang aktivitas, khususnya bagi para mahasiswa.

Browser seperti Chrome dan Mozilla Firefox memiliki banyak sekali ekstensi yang fungsinya sangat bervariasi, lho. Ekstensi tersebut juga dapat kamu manfaatkan untuk menunjang produktivitas kamu. Penasaran apa saja ekstensi yang dimaksud? Yuk, langsung simak saja rangkumannya.

1. Copyfish
6 Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat, Cobain, deh!

Copyfish adalah ekstensi yang fungsinya mengekstrak teks dari gambar ke dalam bentuk teks. Dengan ekstensi ini, kamu tidak perlu repot-repot menyalin secara manual teks yang ada pada slides atau gambar, cukup drag saja kursormu di sekitar teksnya, lalu kamu dapat langsung menyalinnya lewat ekstensi ini.

2. Adblock Plus
6 Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat, Cobain, deh!

Mau membaca tulisan di laman website, tetapi terhalang oleh iklan yang berjubel? Kalau kamu sering mengalami hal ini, maka kamu dapat memasang Adblock Plus. Ekstensi ini dapat memblokir iklan-iklan yang berseliweran di berbagai macam situs website, seperti Facebook, YouTube, dan masih banyak lagi. Tampilan website pun jadi lebih enak dilihat dengan ekstensi ini.

3. Momentum
6 Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat, Cobain, deh!

Ekstensi yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang sering bosan dengan tampilan browser yang itu-itu saja. Momentum berfungsi untuk mempercantik tampilan browser kamu dengan menampilkan gambar dan quotes yang berbeda-beda setiap harinya di halaman muka browser kamu. Selain itu, momentum juga memiliki fitur untuk menyimpan tautan website yang sering kamu kunjungi.

4. Dark Reader
6 Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat, Cobain, deh!

Sesuai dengan namanya, Dark Reader merupakan ekstensi yang berfungsi mengubah tampilan website menjadi berwarna gelap sehingga memungkinkan kamu untuk membaca laman website di ruangan gelap tanpa merasa kesilauan. Esktensi ini tentu saja sangat cocok untuk kamu yang sering begadang sambil berselancar internet.

5. DuckDuckGo
6 Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat, Cobain, deh!

Berbeda dengan mesin pencari lain, DuckDuckGo sangat mengutamakan privasi para penggunanya. Dengan DuckDuckGo, alamat IP, cookie, serta data-data kamu lainnya tidak akan terlacak. Selain itu, DuckDuckGo juga memiliki tampilan yang sederhana dan user-friendly. Pokoknya ekstensi ini dapat menjadi alternatif yang bagus untuk kamu yang sangat menghargai privasi.

6. Google Translate dan To Google Translate
6 Ekstensi Firefox dan Chrome yang Bermanfaat, Cobain, deh!

Kedua aplikasi ini sama-sama memiliki fungsi untuk menerjemahkan teks dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia, maupun ke dalam bahasa lainnya. Kamu dapat menemukan ekstensi Google Translate di Chrome dan ekstensi To Google Translate di Firefox. Cara menggunakannya ekstensi ini sangat mudah, yaitu cukup dengan block teks yang mau diterjemahkan, lalu klik kanan, dan pilih opsi terjemahkan.