Lima Game Online Jadul Terbaik di PC yang Buat Kamu Kangen

Lima Game Online Jadul Terbaik di PC yang Buat Kamu Kangen

Lima Game Online Jadul Terbaik di PC yang Buat Kamu Kangen – Permainan Daring (bahasa Inggris: Online game) adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Sebelum mengenal mobile game layaknya Mobile Legends: Bang Bang, PlayerUnknown’s Battleground Mobile, dan Call of Duty Mobile, kita pernah memainkan game komputer atau PC untuk menemani masa senggang kita.

Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan computer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu. Khusus Millennials dan Gen Z, paling tidak, kamu mungkin pernah memainkan salah satu dari game berikut sewaktu masih kecil.

Walaupun termasuk kategori game jadul, nyatanya banyak game berikut yang masih bertahan dan menjadi pilihan bagi para pencintanya dibandingkan mobile game. Nah, berikut ini lima online game jadul terbaik di PC yang pasti bikin kamu kangen. Penasaran? Simak, yuk!

1. Lost Saga
5 Online Game Jadul Terbaik di PC, Bikin Kangen! 

Game bergenre 3D casual fighting ini dirilis di Indonesia pada 2011. Pemain akan diberikan beberapa hero sebagai modal awal permainan mereka. Game ini sempat digandrungi pada masanya karena memiliki gameplay yang asyik, seru, dan dinamis sehingga pemainnya akan terus terpacu untuk bermain.

Namun, seiring berkembangnya industri video game dengan gameplay lebih menarik, game ini semakin sepi peminat. Pada akhirnya, game ini memutuskan untuk menutup servernya di Indonesia di pertengahan 2020 lalu. Namun, bagi yang masih ingin memainkan game ini, kamu tidak perlu khawatir. Itu karena pada November 2020 kemarin, Lost Saga versi remastered telah dirilis kembali di Indonesia.

2. Ghost Online
5 Online Game Jadul Terbaik di PC, Bikin Kangen! 

Memiliki grafik 2D dan bergenre massively multiplayer online role-playing game (MMORPG), Ghost Online menawarkan gameplay yang cukup menarik untuk dimainkan. Para pemain bisa menaikkan levelnya sampai setinggi mungkin dengan cara melawan musuh yaitu para hantu. Tak hanya itu, ada fitur-fitur menarik yang terdapat di game ini, seperti bisa memiliki pasangan dan memiliki klan.

Secara garis besar, pemain cukup bermain menggunakan keyboard saja. Bagi para pemain yang memiliki spesifikasi PC yang rendah juga tidak perlu khawatir karena Ghost Online termasuk game yang ringan untuk dimainkan. Game ini sempat ramai di era 2000-an, khususnya bagi pemain di Indonesia. Bagi kamu yang ingin bernostalgia bermain game ini kembali, sekarang namanya sudah berubah menjadi SoulSaver Online.

3. Seal Online
5 Online Game Jadul Terbaik di PC, Bikin Kangen! 

Menjadi salah satu game yang bergenre 3D MMORPG, game satu ini menghadirkan grafik yang lucu bagi para pemainnya. Bermain game serasa menonton kartun adalah hal yang dirasakan oleh para pemainnya. Alunan lagu latarnya juga menjadi ciri khas dari game ini. Dengan mendengarnya saja, kita sudah tahu bahwa itu adalah Seal Online.

Saat pertama kali memainkan game ini, kamu akan diminta untuk memilih hero yang akan menjadi karaktermu di dalam game. Masing-masing hero memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bagi kamu gamers zaman old, kamu pernah main game satu ini, kan? Hayo, ngaku!

4. Gunbound
5 Online Game Jadul Terbaik di PC, Bikin Kangen! 

Game satu ini memiliki gameplay yang unik karena bergenre shooter. Pemain akan dipisahkan menjadi dua tim berbeda yang akan saling melawan satu sama lain. Gameplay dari game ini mirip dengan game Worm jika kamu pernah memainkannya.

Memainkan game ini perlu perhitungan yang matang. Jika tidak, tim lawan akan diuntungkan akibat strategi kita yang buruk. Bagi pencinta game bergenre shooter, kamu pasti tidak asing dengan game satu ini.

5. Point Blank
5 Online Game Jadul Terbaik di PC, Bikin Kangen! 

Salah satu game yang memopulerkan genre first-person shooter (FPS) di Indonesia, game ini dirilis sekitar 2008. Sebelum orang-orang mengenal game bergenre battle royale, game satu ini wajib hadir di dalam komputernya anak Millennials saat kecil. Game ini bertemakan perseteruan antara dua kubu, yaitu Free Rebels atau yang biasa kita sebut teroris dan pihak pemerintah yaitu Counter-Terorrist.

Para pemain disediakan berbagai macam mode pertempuran, salah satunya bomb mission. Kubu Free Rebels akan berusaha menanamkan bom sampai waktu habis, sedangkan kubu Counter-Terrorist akan menjinakkan bom sebelum waktunya habis.