Beberapa Game VR Bertema Anime Terbaik yang Pernah Ada

Beberapa Game VR Bertema Anime Terbaik yang Pernah Ada

Beberapa Game VR Bertema Anime Terbaik yang Pernah Ada – Teknologi VR ini telah banyak dimanfaatkan di beberapa sektor industri seperti penerbangan, pendidikan, militer, kedokteran, hiburan, dan masih banyak lagi.

Saat ini teknologi VR banyak diminati oleh para gamer yang ingin merasakan sensasi bermain game yang “nyata”. Saat menyaksikan atau membaca Sword Art Online, rasanya ingin bukan memiliki kacamata realitas virtual (VR) seperti NerveGear?

Dengan kacamata tersebut, kita bisa seolah-olah “hidup” di dunia virtual dengan karakter kesukaan kita. Eits, di dunia nyata pun, kita sudah memiliki teknologi kacamata VR. Hanya tinggal game-nya saja, kan? Jika sudah membeli kacamata VR dan ingin menjajal dunia anime dalam game.

7. Spice & Wolf 1 & 2
7 Game VR Bertema Anime Terbaik Saat Ini, Pernah Main?

Tersedia untuk PCVR, PSVR, Oculus Quest hingga Nintendo Switch, Spice & Wolf VR (狼と香辛料 VR) adalah game VR buatan Spicy Tails yang diadaptasi dari manga dan anime dengan judul yang sama pada 2019.

Spice & Wolf VR menceritakan kisah cinta antara seorang manusia bernama Kraft Lawrence (Jun Fukuyama) yang berprofesi sebagai seorang pedagang. Satu hari, ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Holo (Ami Koshimizu) yang ternyata dapat berubah menjadi seekor serigala.

Game ini dipuji karena tetap mempertahankan aspek-aspek yang sesuai dengan karya Spice & Wolf yang asli. Namun, dengan harganya, para gamer mengeluh kalau ini bukanlah game, melainkan VR experience.

7 Game VR Bertema Anime Terbaik Saat Ini, Pernah Main?

Mendulang kesuksesan dari Spice & Wolf pertama, Spicy Tails merilis Spice & Wolf VR 2 pada akhir Desember 2020. Kisah Spice & Wolf VR 2 diadaptasi dari jalan cerita Spice & Wolf, Volume 18: Spring Log.

Tetap mempertahankan format 30 menit, jalan cerita game ini mengambil waktu beberapa saat setelah jalan cerita Spice & Wolf VR, Kraft menikahi Holo dan membuka sebuah pemandian. Memiliki anak perempuan yang mirip dengan Holo, kehidupan keluarga Kraft dan Holo menjadi lebih berwarna dengan segala lika-likunya.

6. VR Chat
7 Game VR Bertema Anime Terbaik Saat Ini, Pernah Main?

Dirilis pada 2014 (PC/Oculus), 2017 (Steam), dan 2019 (Oculus Quest), VRChat adalah tempat di mana kamu bisa bersosialisasi dengan orang lain di seluruh dunia dalam bentuk karakter 3D virtual. Selain itu, kamu juga bisa memainkan minigame seru bersama orang lain di VRChat.

Memang, berbeda dengan game-game lain di daftar ini, VRChat bukanlah game berbasis anime murni. Namun, kamu dapat men-download avatar anime dan memakainya sebagai jati diri virtual! Malah, tidak sedikit pemain yang menggunakan chara anime di VRChat. Untungnya, VRChat dapat kamu mainkan tanpa menggunakan kacamata VR.

5. Sairento
7 Game VR Bertema Anime Terbaik Saat Ini, Pernah Main?

Datang dari Singapura, Sairento VR adalah game VR produksi Mixed Realms dan Swag Soft yang rilis untuk PCVR pada 2018 dan PSVR pada 2019. Untuk Oculus Quest, Sairento VR dirilis dengan judul Sairento Untethered di tahun yang sama dengan PSVR.

Di Sairento VR, kamu bermain sebagai Chieko Hatsuri, seorang ninja perempuan dari Sairento Organization di versi distopia Tokyo pada 2066. Chieko dihadapkan dengan kekacauan dalam Sairento dan harus menemukan siapa dalang dari semua kekacauan ini.

Meski bukan diadaptasi dari anime atau manga apa pun, Sairento VR menggabungkan aspek yang disukai para penikmat anime, terutama pada sistem tarungnya. Bergerak cepat layaknya ninja, kamu dapat memilih berbagai senjata, dari yang modern seperti senapan, hingga tradisional seperti kunai dan panah.

4. Hatsune Miku VR
7 Game VR Bertema Anime Terbaik Saat Ini, Pernah Main?

Nama Hatsune Miku (初音ミク) tidaklah asing untuk para pencinta anime. Meski kerap disalahartikan sebagai karakter anime, Miku adalah karakter suara dari software musik Vocaloid dari Crypton Future Media. Sering konser virtual, bukan tidak mungkin mayoritas pencinta anime dan manga sudah pernah mendengar alunan suara merdu Miku.

Bermimpi untuk berdansa dengan Miku? Hadir di PCVR, PSVR, dan Oculus Quest, Hatsune Miku VR mewujudkan mimpimu untuk berdansa dengan sang bintang virtual! Berdansalah dengan pacuan ritme 10 lagu terkenal Hatsune Miku, dari Ievan Polkka hingga SenbonZakura.

3. Tokyo Chronos
7 Game VR Bertema Anime Terbaik Saat Ini, Pernah Main?

Rilis pada 2019 untuk PCVR, Oculus Quest, dan PSVR, Tokyo Chronos buatan MyDearest Inc. dideskripsikan sebagai “VR Mystery Visual Novel“. Tidak perlu kecewa! Meski tak ada aksi yang memicu pergerakan tubuh, Tokyo Chronos tetap membuat adrenalin terpacu dengan jalan ceritanya!

Dalam game ini, kamu adalah Kyousuke Sakurai. Mengambil latar di Shibuya, Tokyo, kamu akan ditemani dengan 7 karakter lainnya. Mengapa kamu dan 7 karakter lain ada di Chronos World di mana waktu tetap membeku? Itulah yang harus kamu pecahkan! Berdasarkan dari pilihan yang kamu ambil, ending cerita pun bisa berbagai rupa.

2. Sword Reverie
7 Game VR Bertema Anime Terbaik Saat Ini, Pernah Main?

Hadir untuk PCVR pada akhir 2021 mendatang, Sword Reverie karya Isekai Entertainment menghadirkan sistem tarung yang membawamu ke dunia isekai. Bukan hanya senjata yang kuat, kamu juga bisa menggunakan sihir untuk membasmi musuh. Dijamin, masuk ke dunia Sword Reverie, kamu tak akan mau keluar!

Dalam Sword Reverie, kamu bermain sebagai seorang Hero. Dipanggil oleh seorang Guardian bernama Magnus, kamu ditugaskan untuk mengalahkan Elemental. Petualanganmu ditemani oleh Stella, putri adopsi Magnus yang memiliki dendam terhadap Elemental.

1. Space Channel 5 VR: Kinda Funky News Flash!
7 Game VR Bertema Anime Terbaik Saat Ini, Pernah Main?

Lebih dari 2 dekade lalu, Space Channel 5 adalah game ritme yang diluncurkan di Dreamcast. Pada akhir 2020, Grounding Inc. membawa game ini ke ranah PCVR, PSVR, dan Oculus Quest dengan Space Channel 5: Kinda Funky News Flash!. Jika sudah pernah main Space Channel 5 sebelumnya, game ini tidaklah asing.

Musik dan tarian adalah dua aspek utama game ritme ini. Berdansa dengan Ulala, kamu dapat menyelesaikan 4 level di mode Campaign dalam waktu 30 menit! Bukan hanya itu, kamu dapat mengubah level di mode lain sesuka hati. Kejutan, bahkan kamu dapat menemukan Hatsune Miku di game ini!

Untuk menambah kesan “nyata” saat bermain game, ada beberapa perangkat yang membuat kamu semakin merasakan sensasi “nyata” terhadap apa yang ada di layar, diantaranya adalah kacamata VR yang berfungsi untuk memvisualisasikan gambar agar bisa terlihat nyata, headset yang berfungsi untuk mendengar efek-efek suara secara lebih jelas, juga walker dan sarung tangan (glove) yang memberikan reaksi kepada sistem tentang gerakan-gerakan yang dilakukan oleh kamu sehingga kamu seolah merasakan sedang berada dalam dunia nyata baik secara fisik maupun psikologis.