Beberapa Game yang Pengerjaannya Libatkan Sutradara Terkenal

Beberapa Game yang Pengerjaannya Libatkan Sutradara Terkenal

Beberapa Game yang Pengerjaannya Libatkan Sutradara Terkenal – permainan video atau  permainan komputer adalah permainan elektronik yang melibatkan interaksi dengan  antarmuka pengguna atau perangkat masukan  – seperti sebagai perangkat joystick,  Kontrol, keyboard, atau motion sensing  – untuk menghasilkan umpan balik visual.Hanya beberapa dekade sejak pertama kali hadir di dunia, video game telah mengalami banyak perubahan. Apa yang dulunya hanya bergerak secara kaku dengan gaya visual, kini telah menjelma menjadi karya sinematik yang luar biasa.

Video game ditentukan berdasarkan platform mereka, yang mencakup game arcade, game konsol, dan game komputer pribadi (PC). Karenanya, masuk akal apabila menyebut bahwa game saat ini telah mencapai kualitas level film dan serial televisi.

Dengan game yang kini sudah mencapai titik itu, tak heran pula jika banyak sutradara film yang akhirnya menyadari adanya potensi dan mulai tertarik untuk ikut ambil bagian dalam pengerjaan video game. Gak hanya film saja, ternyata ada beberapa game yang digarap dan juga pengerjaannya melibatkan bantuan oleh sutradara terkenal. Apa saja game tersebut?

1. Spyjinx (J.J. Abrams)
Gak Cuma Film, Ini 5 Game yang Melibatkan Sutradara Terkenal

J.J. Abrams merupakan sutradara film berusia 54 tahun asal Amerika Serikat yang dikenal karena mengerjakan film-film fenomenal seperti Cloverfield dan Armageddon.

Namun, tidak banyak orang mengetahui jika ia juga merupakan bagian dari Bad Robot Productions dan Chair Entertainment, yang kini sedang berkolaborasi dalam pembuat game berjudul Spyjinx.

Gamenya sendiri berfokus pada elemen role-playing dan multiplayer berbasis strategi dan akan dirilis untuk platform mobile via Epic Games.

2. Dead Space (James Wan) 
Gak Cuma Film, Ini 5 Game yang Melibatkan Sutradara Terkenal

Alih-alih punya peran besar seperti J.J. Abrams di Spyjinx, James Wan lebih punya peran kecil namun tidak kalah penting. Hanya berbekal cuplikan dalam game, Wan berhasil menciptakan trailer yang mengerikan untuk game garapan Visceral, yaitu Dead Space.

Wan sendiri bukanlah orang yang baru atau asing di dunia ‘perhororan’. Di industri film, Wan dikenal dengan mahakarya horornya seperti Insidious dan The Conjuring. Hingga kini, Dead Space masih menjadi salah satu game horor terseram sepanjang masa.

3. Death Stranding (Guillermo Del Toro)
Gak Cuma Film, Ini 5 Game yang Melibatkan Sutradara Terkenal

Perjalanan Guillermo Del Toro di industri film menginspirasi banyak orang. Ia sukses mengerjakan film-film box office berkualitas seperti seri The Hobbit, Pacific Rim, dan Hellboy.

Dikenal karena suka mengeksplorasi berbagai genre, Del Toro rupanya juga tertarik dengan industri video game. Ia terlibat dalam beberapa game, dengan salah satu yang paling diketahui adalah Death Stranding. Dalam game garapan Hideo Kojima ini, Del Toro berperan sebagai karakter bernama Deadman.

4. NBA 2K16 (Spike Lee)
Gak Cuma Film, Ini 5 Game yang Melibatkan Sutradara Terkenal

Shelton Jackson ‘Spike’ Lee merupakan sutradara kebangsaan Amerika Serikat yang terbilang populer di industri perfilman. Ia mengerjakan banyak film, termasuk beberapa yang luar biasa yaitu film Malcom X, Inside Man, dan BlacKkKlansman.

Dengan hampir lima dekade berkecimpung di dunia sinema, tak heran jika Spike Lee pada akhirnya ditunjuk sebagai sutradara dari mode cerita di NBA 2K16. Dari semua mode cerita di seri NBA 2K, yang digarap Spike Lee sejauh ini masih jadi yang terbaik.

5. Medal Of Honor (Steven Spielberg) 
Gak Cuma Film, Ini 5 Game yang Melibatkan Sutradara Terkenal

Game yang terakhir ada salah satu sutradara paling berbakat di dunia, yaitu Steven Spielberg. Sutradara yang telah meraih tiga Penghargaan Oscar ini, menciptakan film-film klasik mengagumkan seperti Indiana Jones, Jurassic Park, dan Saving Private Ryan.

Tidak sampai situ saja, perjalanan Spielberg juga meluas hingga ke industri game. Pada tahun 1999, Spielberg menjadi yang bertanggung jawab untuk seri Medal Of Honor dari EA. Itu menjadi salah satu game military shooter terbaik pada masanya, yang gaya penceritaannya menginspirasi banyak game lain dengan genre atau tema serupa di masa depan.