Beberapa Karakter Doggo yang Melekat di Hati Para Gamer

Beberapa Karakter Doggo yang Melekat di Hati Para Gamer

Beberapa Karakter Doggo yang Melekat di Hati Para Gamer – Saat ini, karakter di dalam videogame tidak hanya menjadi sebuah avatar di dalam videogame, justru telah berkembang menjadi media penyampaian identitas budaya tertentu. Videogame yang mampu menampilkan identitas budaya tertentu dengan sangat baik memiliki daya tarik tersendiri bagi pemain dan menambah wawasan pemain mengenai budaya yang disampaikan oleh videogame tersebut.

Perancang akan menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan kedalaman informasi tentang budaya Indonesia, terutama bagian dimensi fisik, dimensi sosial dan dimensi psikologis karakter. Anjing (C. lupus familiaris) adalah sahabat terbaik manusia. Meski pencinta hewan lain “terpicu” mendengar ini, perspektif ini memang yang luas beredar.

Tingkah menggemaskan dan rasa keamanan yang diberikan oleh anjing membuat kita semakin cinta! Tidak hanya di dunia nyata, anjing juga umum dimasukkan ke dunia video game dan keberadaan mereka menambah “bumbu” yang membuat plot semakin menarik.

7. Koromaru (Persona 3)
Setia dan Lucu, 7 Karakter Anjing Terbaik di Jagat Gaming

Pertama kali muncul pada Persona 3 (2006), Koromaru (虎狼丸) adalah anjing putih ras shiba inu yang sering terlihat bermain dengan Yamagishi Fuuka (山岸 風花) dan Takeba Yukari (岳羽 ゆかり).

Konon, majikan Koromaru adalah seorang rahib yang tewas dalam kecelakaan, dan sang anjing tetap setia menunggu majikan dan melindungi Kuil Naganaki (長鳴神社). Terdengar familier? Memang, karena Koromaru diciptakan berdasarkan kisah Hachiko (ハチ公)!

Bergabung dengan Specialized Extracurricular Execution Squad (SEES), kecerdasan dan kesetiaan Koromaru amat membantu SEES dalam mengerjakan misi melawan invasi Shadow dan mengisi keseharian para anggotanya.

6. Mira (Silent Hill 2)
KONAMI UK on Twitter: "Pooch Points to everyone who said Silent Hill 2! Mira is the shiba inu dog from the Dog Ending of Silent Hill 2. (She's actually a good GIRL).

Sudah memainkan Silent Hill 2 (2001)? Ada berbagai ending yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu mendapatkan ending Leave“, “Maria“, “In Water“, atau “Rebirth” dan menempatkannya di satu save file yang sama, maka kamu akan mendapatkan Dog ending.

Pergi ke Jacks Inn dan kamu akan melihat sebuah rumah anjing serta sebuah kunci di dalamnya. Kembali ke Lakeview Hotel, pergi ke ruang observasi, dan kamu akan menemukan seekor anjing shiba inu bernama Mira. Mendengarkan lagu lewat headphone, Mira-lah dalang dari segala kejadian di Silent Hill 2. Gak habis thinking!

5. PaRappa Rappa (PaRappa the Rapper)
Setia dan Lucu, 7 Karakter Anjing Terbaik di Jagat Gaming

“I gotta believe!”

Bagi gamer old-school, kalimat tersebut akrab dengan PaRappa Rappa, anjing kertas yang suka nge-rap dan punya game-nya sendiri, PaRappa the Rapper (1996). Memakai topi beanie yang khas, entah apa yang disembunyikan di kepala PaRappa.

Dengan rap-nya yang asyik, PaRappa akan membawamu menyelesaikan plot dan berbagai misinya. Dari belajar nyetir sampai belajar bikin kue, semuanya dilakukan PaRappa demi menyenangkan sang pujaan hati, Sunny Funny! Tidak hanya itu, PaRappa juga muncul sebagai petarung di game PlayStation All-Stars Battle Royale (2012).

4. Barbas (The Elder Scrolls V: Skyrim)
Setia dan Lucu, 7 Karakter Anjing Terbaik di Jagat Gaming

Saat bermain The Elder Scrolls V: Skyrim (2010), cobalah keluar dari Falkreath. Di situ, kamu akan bertemu seekor anjing bernama Barbas. Jangan kaget karena anjing ini dapat berbicara! Ia akan memintamu, Dragonborn, untuk membantunya mencari majikannya dan memulai misi “A Daedra’s Best Friend“.

Sampai di Haemar’s Shame, kamu akan tahu kalau Barbas adalah peliharaan Pangeran Daerdra, Clavicus Vile. Akan ada dua pilihan yang dapat kamu ambil:

  • Jika kamu membunuh Barbas, kamu akan mendapatkan Rueful Axe, satu-satunya senjata berbentuk kapak yang dapat membunuh sang anjing
  • Jika tidak dibunuh dan dipertemukan, kamu akan mendapatkan relik Clavicus Vile’s Masque

Jika kamu memilih untuk mendapatkan Rueful Axe dan tidak langsung mengambilnya, Barbas akan tetap mengikutimu. Jangan salah, Barbas dapat membantumu untuk mengalahkan lawan dengan kekuatannya!

3. Boomer (Far Cry 5)
Setia dan Lucu, 7 Karakter Anjing Terbaik di Jagat Gaming

Muncul di Far Cry 5 (2018), Boomer adalah anjing Australian Cattle dan salah satu dari tiga Fangs for Hire yang kamu dapatkan setelah menamatkan misi Man’s Best Friend. Misi ini dapat kamu mainkan setelah membebaskan Rae-Rae’s Pumpkin Farm di Holland Valley.

Dengan Boomer, menghadapi Project at the Eden’s Gate atau Peggies akan semakin mudah. Akan tetapi, menurut jalan cerita, Boomer tidak hidup cukup lama karena usianya uang cukup tua. Di Far Cry: New Dawn (2019), kamu bisa menemukan sebuah kuburan tempat peristirahatan Boomer di F.A.N.G Center.

2. Caesar (Wargroove)
Setia dan Lucu, 7 Karakter Anjing Terbaik di Jagat Gaming

Caesar adalah anjing Great Pyrenees peliharaan Queen Marcia dari game Wargroove (2019). Memakai baju zirah lengkap khas seorang prajurit, Caesar adalah komandan di Cherrystone Kingdom dan memiliki dua ajudannya sendiri!

Kemampuan yang ditawarkan oleh Caesar adalah Inspire. Sesuai namanya, keberadaan Caesar dapat menyemangati para pasukan untuk bergerak dan menyerang di satu giliran. Jika tak bertempur, tingkah laku Caesar yang menggemaskan cukup untuk membuat kita tersipu malu.

1. Dogmeat (Fallout 4)
Setia dan Lucu, 7 Karakter Anjing Terbaik di Jagat Gaming

Seiring cerita Fallout 4 (2015), kita akan bertemu dengan seekor anjing German Shepherd di Commonwealth. Kita akan menyebut anjing ini “Dog”. Setelah menyelesaikan misi When Freedom Calls atau Getting a Clue, kita baru tahu kalau anjing ini bernama Dogmeat. Anjing ini juga muncul di Fallout Shelter (2015).

Dengan insting melacak dan penciumannya yang tajam, Dogmeat dapat membantu kita menyelesaikan misi. Memang, lawan yang dihadapi tidaklah biasa, tetapi tidak perlu takut kehilangan Dogmeat.

Direktur Bethesda Game Studios, Todd Howard, mengatakan bahwa Dogmeat tidak akan mati. Sayangnya, River, anjing asli yang menjadi inspirasi desain Dogmeat, menghembuskan napas terakhir pada Juni 2021 lalu sesuai yang dikabarkan oleh sang majikan sekaligus developer Fallout 4, Joel Burgess, lewat Twitter.

Dalam hasil perancangan ini, karakter yang dirancang akan merepresentasikan nilai kultural Indonesia. Perancang mempertimbangkan nilai global dalam budaya populer, sehingga nilai kultural yang diimplementasikan ke dalam karakter mengalami beberapa pencampuran dengan karakter yang ada dalam budaya populer.

Terutama pada bagian armor karakter, dan jurus-jurus yang dimiliki karakter. Perancang berharap dari hasil perancangan ini mampu menjadi jembatan dalam budaya populer agar remaja dan generasi yang akan datang mulai mengingat, menyukai dan mempunyai rasa memiliki setiap nilai kebudayaan Indonesia yang dimuat dalam media videogame.

Itulah beberapa tokoh anjing yang terkenal di dunia video game. Tidak hanya menggemaskan, anjing-anjing ini juga membantu tokoh utama dan membuat cerita semakin “berwarna”! Dari anjing-anjing tersebut, mana yang ingin kamu pelihara? Atau, ada karakter anjing lain yang kamu suka?