Beragam Game Seru yang Berasal Dari Jepang yang Bisa Dicoba

Beragam Game Seru yang Berasal Dari Jepang yang Bisa Dicoba

Beragam Game Seru yang Berasal Dari Jepang yang Bisa Dicoba – Percaya nggak percaya tapi ada kaitan erat antara kultur budaya dengan video game  seperti halnya film dan animasi. Ada banyak bukti dan contoh untuk itu. Seperti misalnya di game Grand Theft Auto yang menunjukkan kegemaran orang Barat akan aksi-aksi kejahatan bermobil dan senjata api.

Atau Call of Duty yang mengglorifikasi situasi perang dengan tembakan senjata berat, helikopter dan berbagai aksi peperangan ala film Hollywood. Asal lokasi developer video game sering pula memengaruhi model game yang diciptakan. Seperti developer Polandia CD Projekt Red menciptakan game  berdasarkan novel Polandia ‘The Witcher’ karya Andrzej Sapkowsi. Sehingga mengaitkan kultur dengan video game bisa dibilang tepat dan sering terbukti berkaitan.

Jepang adalah gudangnya orang-orang kreatif jika menyangkut game. Terkadang IDN Poker 777 terlalu kreatif sehingga gamenya menjadi nyentrik, aneh dan benar-benar tidak terduga. Tapi yang akan saya tampilkan di bawah bukanlah game paling aneh yang ada di mobile namun game asal Jepang yang menjadi favorit saya dan boleh dicoba di gadget kamu.

Kairosoft Series

Kairobotica | Screenshot 1

Kairosoft adalah studio game Jepang yang berfokus membuat game-game simulasi. Namun simulasinya tidak realistis dan terkadang penuh dengan imaginasi yang kocak. Saya menyukai hampir semua game keluaran Kairosoft namun jika harus memilih satu maka Game Dev Story adalah favorit saya. Kamu juga bisa baca 5 game Kairosoft paling seru di sini.

Alpaca Evolution

Alpaca Evolution Screenshots 1

Alpaca Evolution adalah game paling aneh yang pernah saya mainkan. Dan siapa lagi yang bisa membuat game seperti ini kalau bukan Jepang? Kamu akan bermain sebagai seorang Alpaca yang ternyata bisa memangsa Alpaca lain. Namun seiring kamu memangsa Alpaca lain kamu juga berubah menjadi mutasi Alpaca yang mengerikan dan aneh. Grafis game ini sungguh jelek tapi saya tidak bisa berhenti bermain karena penasaran setelah evolusi 1 bagaimana bentuk Alpaca evolusi 2 dan seterusnya. FYI Alpaca level 2 bisa berjalan di kedua kaki sambil merokok!

 

Metal Gear Solid Touch

Metal Gear Solid Touch | Screenshots 1

Mustahil untuk menyebutkan game Jepang tanpa mengikutkan Hideo Kojima, salah satu pembuat game paling hebat sedunia. Sejak kehadiran Metal Gear Solid pertama di Nintendo, dunia sudah dibuat tersadar bahwa game bisa dijadikan sesuatu yang lebih serius dari pada mainan anak-anak. Memang untuk sekarang kita tidak punya Metal Gear Solid versi full untuk mobile namun setidaknya game yang satu ini mampu membangkitkan nostalgia dengan karakter Snake.

By the way di bawah kojima production, mereka juga mengembangkan Fox Engine yang membawa tampilan game semakin realistis. Coba saja bedakan sendiri mana gambar di bawah yang asli mana yang di buat dengan Fox Engine.

 

Brandnew Boy

Brandnew Boy | GameSaku

Ralat: Game yang satu ini bukan berasal dari Jepang (thx to Anonymous Coward) melainkan dari Korea. Namun sampai saya menemukan penggantinya saya akan tetap memajang game yang satu ini :).

Brandnew Boy merupakan game Action RPG dengan gaya anime yang sangat kental. Lihat saja gambar di atas dan kamu juga akan langsung setuju dengan saya bukan? Brandnew Boy bisa dimasukkan ke dalam kategori Hack and Slash dimana tujuan kamu tinggal menekan satu tombol untuk membabat semua musuh. Tapi walaupun begitu Brandnew Boy bisa menjadi salah satu game terbaik untuk genre ini. Dengan grafisnya yang baik dan sistem pertarungan yang cukup unik, Brandnew Boy tergolong worth to buy.

 

Zombiegal Kawaii

Zombiegal Kawaii | Screenshot 1

Sebenarnya game yang satu ini tidak berasal dari Jepang melainkan dari China. Namun sang developer sangat terinspirasi oleh kartun Jepang dan jadilah Zombiegal Kawaii yang kurang lebih berarti Gadis Zombie Cantik.

Game buatan developer Jepang Milkcorp ini sebenarnya sangat simple namun dijamin membuat kamu ketawa. Tugas kamu yaitu mencuri-curi tidur namun disaat boss datang maka kamu harus pura-pura bekerja. Kocaknya, sang boss akan mengendap-ngendap dari tempat-tempat yang tidak terduga. Bisakah kamu mengelabui boss kamu?

 

Reel Fishing

Reel Fishing Pocket | Screenshot 2

Jika kamu sudah lahir di masa keemasan Playstation 1 maka sudah pasti kamu mengenal Reel Fishing. Pada masa itu Reel Fishing adalah game memancing yang terkenal. Sekarang kamu dapat menikmati kembali game ini di iPhone lewat game terbaru dari Natsume (Developer yang sama dengan Harvest Moon).

Monster Hunter Dynamic Hunting

Monster Hunter Dynamic Hunting | Screenshot 1

Monster Hunter merupakan game yang sangat nge-trend di Jepang, terutama di zaman Playstation 2. Namun dibutuhkan 7 tahun kemudian supaya kita bisa menikmatinya di mobile phone. Game ini seperti yang sudah tersirat jelas dari judulnya merupakan petualangan mencari atau menangkap monster-monster.

Legends of Holy Archer

Di game yang mempunyai tema cukup aneh ini kamu akan berperan sebagai seorang pemanah yang akan membunuh sebuah monster besar. Uniknya, kamu tidak akan menembak langsung secara frontal karena jarak yang jauh. Begitu busur dilepas maka kamu harus mengendalikan busur tersebut melewati banyak rintangan sebelum sampai ke monster. Game in tersedia secara gratis dan saya rekomendasikan untuk di download.

Katamari Amore

Katamari Amore | Screenshots 1

Suatu hari ketika raja dari semua planet sedang membersihkan kamarnya ia menemukan sebuah buku yang berisi katalog benda-benda menarik dan langka di Bumi. Lalu ia menugaskan putranya untuk pergi ke Bumi dan mengumpulkan benda-benda tersebut. Bagaimana cara sang pangeran mengumpul bendanya? Dengan cara berguling dan membuat semua benda yang ia lalui menempel pada tubuhnya. Jika itu terdengar fun dan gila maka tunggu sampai kamu mencobanya sendiri.

Negara Jepang contoh lainnya. Sebagai salah satu pemain penting industri  video game dunia, banyak developer game di sana menggunakan kultur budaya setempat dalam menciptakan karya. Seperti nonton film dan animasi, mengenal Jepang dapat pula dilakukan lewat bermain video game. Terutama  game yang kental dengan kebiasaan, situasi maupun sejarah bangsa Jepang.