Berikut Adalah Rekomendasi Aplikasi yang Cocok Untuk Design

Berikut Adalah Rekomendasi Aplikasi yang Cocok Untuk Design

Berikut Adalah Rekomendasi Aplikasi yang Cocok Untuk Design – Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan objek baru”.

Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata. Banyak hal yang bisa dilakukan melalui smartphone, mulai dari mendapatkan informasi sampai melakukan editing. Seiring berkembangnya teknologi, saat ini kegiatan design juga bisa melalui smartphone.

Berbagai aplikasi untuk kegiatan design bermunculan dengan sangat cepat dan juga beragam. Tentunya, semua bisa digunakan sesuai kebutuhan.
Tak bisa dipungkiri, kegiatan melukis juga bisa kamu lakukan melalui smartphone. Berikut adalah 5 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu coba untuk kegiatan design. Pastinya, semua tinggal menyesuaikan kebutuhan, ya. Tak lupa juga, semua aplikasi pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Ibis paint
5 Aplikasi Keren untuk Kamu yang Hobi Design, Awas Ketagihan

Rekomendasi Aplikasi yang pertama yaitu Ibis Paint. Aplikasi yang satu ini cocok banget buat kamu yang menyukai kebiasaan menggambar. Apalagi buat kamu yang suka bikin komik ataupun ilustrasi.

Ibis paint menawarkan banyak pilihan kuas yang bervariasi. Selain itu, pilihan fontnya juga bervariasi. Proses menggambar di aplikasi Ibis paint juga bisa secara otomatis terekam menjadi video. Cocok banget buat kamu yang pengen bikin konten tutorial menggambar.

2. Canva
5 Aplikasi Keren untuk Kamu yang Hobi Design, Awas Ketagihan

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang punya banyak manfaat dan fitur keren di dalamnya. Aplikasi design yang satu ini cocok untuk kamu karena bisa bikin design anti ribet.

Mulai dari keperluan feed instagram, sampul buku, poster, sampai thumbnail youtube sekalipun. Banyak sekali template yang sudah disediakan di Canva, jadi kamu bisa langsung memakainya.

3. Picsart
5 Aplikasi Keren untuk Kamu yang Hobi Design, Awas Ketagihan

Aplikasi design ini cocok untuk kamu yang lebih sering bermain dengan poto. Banyak fitur dan pilihan filter di sini.  Selain itu, di picsart juga terdapat banyak pilihan stiker yang bisa digunakan untuk mempercantik editan kamu nantinya. Penggunaannya cukup simpel dan sederhana, tapi bisa kamu jadikan opsi untuk melakukan kegiatan design.

4. Medibang paint
5 Aplikasi Keren untuk Kamu yang Hobi Design, Awas Ketagihanilustrasi aplikasi medibang paint (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.medibang.a)

Kalau yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan Ibis paint x. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat komik ataupun llustrasi.

Ada banyak pilihan jenis brush yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan, seperti brush untuk cat air. Menggunakan aplikasi ini kamu akan merasakan melukis secara nyata di atas kanvas.

5. Infinite Design
5 Aplikasi Keren untuk Kamu yang Hobi Design, Awas Ketagihan

Bisa dibilang aplikasi yang kelima ini sebagai pengganti Adobe Photoshop, Adobe ilustrator, juga corel draw di smartphone kamu. Aplikasi yang multifungsi ini bisa kamu coba untuk kegiatan design-mu. Menyediakan format svg yang nantinya bisa kamu edit ke aplikasi design di laptop. Kalau kamu tidak mau ribet dan males ngedit di laptop, bisa saja gunakan aplikasi ini sebagai perantara untuk sementara.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lainnya dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah “perancangan proses”. Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.

Penggunaan istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya. Di mana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi.

Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, tetapi juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, tetapi juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.