Berikut Beberapa Game Terbaik dengan Format Episodik

Berikut Beberapa Game Terbaik dengan Format Episodik

Berikut Beberapa Game Terbaik dengan Format Episodik – Permainan video episodik  adalah sebuah permainan video jangka pendek yang secara komersial dirilis sebagai sebuah installment dari sebuah serial besar dan berkelanjutan. Sempat ada masa di mana video game dianggap tak lebih dari sekedar permainan tanpa nilai apapun dan bukan salah satu media hiburan bernilai seni layaknya film.

Permainan episodik berbeda dari permainan video konvensional karena mereka sering kali memiliki konten yang kurang namun berkembang pada basis yang lebih frekuen. Barulah pada kisaran tahun 2010-an, game mulai bereksperimen dengan elemen narasi yang lebih dominan, salah satunya dengan memperkenalkan format episodik.

Kepopuleran game dengan format episodik perlahan mulai naik karena berhasil mengkombinasikan narasi yang kuat dan pendekatan unik untuk menyampaikan cerita yang menarik kepada para pemain. Berikut beberapa game terbaik dengan format episodik yang sayang untuk tidak dimainkan.

1. Life is Strange
Life is Strange - Episode 1 on Steam

Suka atau tidak, Life is Strange memberi dampak nyata tidak hanya kepada game dengan format episodik, namun game secara umum. Sulit untuk menemukan game dengan esensi unik seperti Life is Strange yang masih dicintai setelah dirilis selama enam tahun dan berhasil melahirkan tiga entri utama dan dua spin-off.

Life is Strange sendiri merupakan game yang sebagian merupakan thriller supranatural, misteri pembunuhan, drama remaja dan kisah cinta yang hingga kini masih jadi salah satu game dengan format episodik paling relevan serta terbaik secara keseluruhan.

2. Tales From The Borderlands
Tales from the Borderlands on Steam

Telltale Games merupakan salah satu pionir untuk game dengan narasi yang kuat. Developer yang berbasis di California itu selalu berhasil memberi ide cerita yang segar kedalam dunia fiksi yang kerap kali mereka ambil film atau serial TV populer.

Pada tahun 2014, mereka juga sempat bekerja sama dengan Gearbox Studios untuk Tales From The Borderlands. Menjauh dari karakteristik seri Borderlands yang penuh aksi tembak menembak, Tales From The Borderlands lebih berfokus pada sisi cerita. Maka sama seperti yang bisa diantisipasi, Telltale mengeksekusi sesuatu yang baru itu dengan sangat baik.

3. Hitman
Here's How To Import Hitman 1+2 Content For Hitman 3 - Game Informer

Banyak dari game dengan format episodik menawarkan cita rasa seperti sedang menonton serial TV. Dengan kata lain, terdapat penekanan pada gaya bercerita di atas gameplay. Pada tahun 2016, Hitman versi reboot menggunakan format episodik namun dengan arah yang berbeda dibanding game episodik pada umumnya.

Meski hadir dengan struktur episodik dan plot yang mengalir dari satu episode ke episode berikutnya, game garapan IO Interactive itu tetap berhasil berfokus pada gameplay stealth khas-nya dan memprioritaskannya di atas narasi atau cerita untuk hasil yang lebih berbeda.

4. The Wolf Among Us
The Wolf Among Us 2 Release Date, Trailer, Platforms And Story - What We Know So Far

The Wolf Among Us merupakan salah satu game dengan rating tertinggi dari Telltale Games yang dianggap sebagai “rajanya” game dengan format episodik. Game ini mendapat banyak ulasan positif karena ceritanya yang dinilai menarik dan berlapis-lapis.

Salah satu kekuatan utama game dengan format episodik adalah seperti serial TV, narasinya mampu membuat penonton tergiring untuk terus menonton setelah akhir tiap episode yang mengundang tanda tanya. The Wolf Among Us tak jauh berbeda dari dengan misteri pembunuhannya mampu membuat penonton terus menebak hingga akhir.

5. Dreamfall Chapters
Buy Dreamfall Chapters CD KEY Compare Prices - AllKeyShop.com

Sebagai sekuel langsung dari Dreamfall: The Longest Journey, butuh hampir satu dekade bagi Dreamfall Chapters untuk meneruskan kisah dari pendahulunya yang dirilis pada tahun 2006. Meluncur pada tahun 2015 untuk berbagai platform, Dreamfall Chapters dirilis dalam format episodik. Sama seperti game dengan gaya penceritaan serupa, Dreamfall Chapters juga memprioritaskan eksplorasi pada dunia sci-finya lewat kisah yang dikemas dalam lima episode. Game garapan Red Thread Games ini mendapat beragam ulasan dari para kritikus maupun gamer, dengan sebagian besar di antaranya positif.

6. Half-Life 2
Half-Life 2: Remastered Collection Is Coming Soon to Steam, With Valve's Consent

Ketika banyak yang meminta Half-Life 3, Valve selaku developer justru menyodorkan format episodic kedalam Half-Life 2. Jadi, Half-Life 2 menyebut game utamanya sebagai Episode 1, kemudian diikuti oleh “sekuel tidak langsung” yaitu Episode 2.

Secara garis besar, Episode 2 dari Half-Life 2 masih sama seperti Episode 1-nya, namun dengan fokus pada kisah Gordon dan Alyx di mana mereka harus berpacu dengan waktu untuk menghindari bangunan yang disebut Citadel, meledak dan runtuh. Valve sempat dikabarkan merencanakan Episode 3 namun seperti yang diketahui saat ini, itu tidak pernah dirilis.

7. The Walking Dead
Watch The Walking Dead Online | Stream Full Episodes | TWDU

The Walking Dead mungkin bukan game episodik dengan narasi dominan pertama yang Telltale Games buat. Namun hingga kini, game yang terbentang ke dalam 5 episode ini jadi salah satu karya emas mereka, yang begitu dicintai dan membekas di banyak ingatan para gamer.

Lewat The Walking Dead, Telltale berhasil memikat gamer dengan untuk masuk kedalam kisah anyar yang diadaptasi dari serial TV populer dengan judul yang sama. Dengan kisah yang emosional dan karakter yang memorable, sampai saat ini The Walking Dead masih jadi standar sempurna untuk game dengan format episodik.