Berikut Deretan Tujuh Laptop Terbaik yang Cocok Untuk Zoom

Berikut Deretan Tujuh Laptop Terbaik yang Cocok Untuk Zoom

Berikut Deretan Tujuh Laptop Terbaik yang Cocok Untuk Zoom – Laptop atau  komputer jinjing adalah komputer pribadi yang berukuran relatif kecil dan ringan. Beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri.

Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 2 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja. Terlepas dari fakta bahwa laptop telah jadi perangkat penting untuk waktu yang lama, di masa pandemik seperti saat ini, peran laptop menjadi semakin penting dibanding sebelumnya.

Dengan banyak perusahaan menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH (Work From Home), keberadaan laptop menjadi sesuatu yang sangat esensial, terutama untuk meeting via aplikasi video conference seperti Zoom. Untuk bisa meeting online dengan Zoom secara maksimal, tentunya dibutuhkan laptop terbaik dengan webcam yang mumpuni.

1. Lenovo Flex 5
Rekomendasi 7 Laptop Terbaik untuk Zoom, Webcamnya Juara

Lenovo Flex 5 merupakan salah satu laptop konvertibel terbaik saat ini yang lewat engsel 360 derajat-nya, membuatnya jadi lebih fleksibel untuk digunakan. Selain bisa diputar untuk digunakan layaknya tablet, Flex 5 juga bisa diatur ke dalam mode tenda yang cocok untuk meeting via Zoom.

Di samping itu, laptop ini juga telah dibekali dengan webcam 720p yang mampu menampilkan gambar jernih. Untuk spesifikasi, Flex 5 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 4000 Series, di samping GPU NVIDIA GeForce MX330, RAM 16GB DDR4 dan penyimpanan SSD 256GB. Layar laptop ini berukuran 14 inci dengan resolusi FHD, bezel tipis dan dukungan touchscreen.

2. ASUS ZenBook Flip 13
Rekomendasi 7 Laptop Terbaik untuk Zoom, Webcamnya Juara

ASUS ZenBook Flip 13 jadi laptop konvertibel lain di daftar ini yang tidak hanya tipis namun juga ringan. Laptop ini punya layar 13,3 inci berpanel OLED dengan resolusi FHD yang nyaman digunakan untuk Zoom dalam sesi yang lama. Webcam-nya pun juga tidak dapat diremehkan, disamping mikrofon dengan kualitas tinggi karena telah mendukung teknologi noise cancelling untuk memblokir suara sekitar.

Selain kaya akan fitur, ZenBook Flip 13 juga tangguh akan spesifikasi. ASUS mempercayakan prosesor Intel Core i5 generasi ke-11 pada laptop ini, di samping RAM 8GB DDR4 dan penyimpanan 512GB. Sama seperti Flex 5, laptop ini juga memiliki engsel yang bisa diputar hingga 360 derajat.

3. Lenovo Chromebook C340
Rekomendasi 7 Laptop Terbaik untuk Zoom, Webcamnya Juara

Lenovo Chromebook C340 merupakan laptop 2-in-1 yang ramah dompet dan bisa dengan mudah digunakan layaknya tablet. Tak hanya dari segi penampilan, dari segi genggaman dan kenyamanan penggunaan, laptop ini terasa kokoh. C340 dilengkapi dengan layar 15,6 inci FHD yang lega untuk Zoom, bersama dengan webcam 720p yang sudah lebih cukup untuk online meeting.

Laptop yang punya daya tahan baterai hingga 10 jam ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3 generasi ke-8, RAM 4GB DDR4 dan penyimpanan eMMC 64GB yang bisa diperluas dengan kartu microSD. Perlu diketahui juga jika laptop ini berjenis Chromebook alias menjalankan Chrome OS alih-alih Windows.

4. LG Ultra PC 13U70P
Rekomendasi 7 Laptop Terbaik untuk Zoom, Webcamnya Juara

Untuk mereka yang butuh laptop compact dan ringan, Ultra PC 13U70P dari LG jadi salah satu pilihan terbaik. Dimensi yang compact membuat laptop ini mudah untuk dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana-mana. Ultra PC 13U70P mengemas prosesor AMD Ryzen 5 4000 Series, RAM 16GB DDR4 dan penyimpanan SSD 256GB.

Selain untuk mengetik atau browsing, laptop ini juga nyaman digunakan untuk meeting online via aplikasi seperti Zoom karena menghadirkan layar 13,3 inci FHD yang tajam dan webcam beresolusi HD. Tidak hanya itu, laptop dengan daya tahan baterai mencapai 14,5 jam ini juga telah dilengkapi dengan teknologi 3D audio untuk kualitas audio imersif meski tanpa headphone.

5. HP Laptop 14s
Rekomendasi 7 Laptop Terbaik untuk Zoom, Webcamnya Juara

HP Laptop 14s hadir dengan performa mumpuni dalam desain yang sederhana dan baterai dengan daya tahan yang sangat awet. Layarnya telah berpanel IPS dengan ukuran 14 inci dan resolusi FHD, sehingga cocok untuk digunakan meeting online via Zoom dalam kualitas terbaik. Tidak hanya itu, laptop ini juga dibekali dengan webcam 720p yang tidak buram dan tidak kalah kualitasnya dari laptop premium lain dengan harga lebih mahal.

Beralih ke jeroan, Laptop 14s dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7 generasi ke-10, GPU AMD Radeon 530, RAM 8GB DDR4 dan penyimpanan SSD 512GB. Laptop ini menjalankan Windows 10 namun sama seperti laptop berkualitas lainnya, juga mendapat free upgrade ke Windows 11.

6. Acer Chromebook R11
Rekomendasi 7 Laptop Terbaik untuk Zoom, Webcamnya JuaraAcer Chromebook R11 merupakan laptop berbasis Chrome OS yang mengkombinasikan performa dan fleksibilitas. Laptop yang satu ini bisa diatur kedalam empat posisi berbeda mulai dari notebook, tent, display hingga tablet. Layarnya tergolong kecil dengan ukuran 11,6 inci dan resolusi HD, namun itu membuatnya jadi lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Tambahkan itu dengan webcam HD, membuat laptop ini nyaman untuk digunakan meeting online lewat Zoom di manapun dan kapanpun. Dari segi spesifikasi, laptop ini masuk dalam kategori sederhana di mana Intel Celeron N3150 yang diusungnya, dipadukan bersama RAM 4GB DDR3L dan penyimpanan SSD 32GB.

7. Acer Swift 3
Rekomendasi 7 Laptop Terbaik untuk Zoom, Webcamnya Juara

Acer Swift 3 tidak hanya dirancang untuk bisa memainkan berbagai game indie ringan, namun juga dibuat sebaik mungkin agar pas digunakan bekerja dari rumah. Dengan prosesor AMD Ryzen 7 4000 Series, RAM 8GB DDR4 dan penyimpanan SSD 512GB, laptop ini siap menghadirkan performa mumpuni yang bebas lag.

Layarnya sendiri berukuran 14 inci dengan resolusi FHD, yang nyaman di mata untuk digunakan berlama-lama meeting online via Zoom, terlebih dengan bantuan webcam 720p berkualitas terbaik. Tidak hanya itu, laptop ini juga awet dan aman karena memiliki baterai dengan daya tahan mencapai 11,5 jam dan sensor fingerprint untuk metode login lebih mudah serta canggih.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun PS/2 jika tersedia.