Berikut Game Multiplayer Terbaik Bagi yang Suka Genre RPG

Berikut Game Multiplayer Terbaik Bagi yang Suka Genre RPG

Berikut Game Multiplayer Terbaik Bagi yang Suka Genre RPGPengertian game RPG secara singkat adalah jenis genre game dimana pemain mengontrol aksi dari karakter atau grup dalam sebuah dunia fiksi dalam video game. Roleplaying games atau yang biasa disingkat RPG merupakan salah satu jenis atau genre game yang penting dalam industri video game.

Artinya dalam game tersebut memiliki ruang lingkup sendiri, dengan karakter, setting, item, dan terminologi yang unik dan khas. Namun dalam industri yang terus berubah dan berevolusi, ada banyak elemen yang diperkenalkan ke genre tersebut untuk membuatnya lebih mudah diakses oleh semua jenis pemain.

Salah satu perubahan atau tambahan terbesar adalah mode multiplayer yang mempertemukan banyak pemain atau memungkinkan lebih dari satu pemain untuk bermain bersama. Menariknya, Dirangkum dari apk idn poker beberapa di antaranya free-to-play alias bisa dimainkan secara gratis. Berikut 7 game multiplayer gratis terbaik untuk penggemar genre RPG.

1. Star Wars: The Old Republic
STAR WARS™: The Old Republic™ - Subscriptions on Steam

Star Wars: The Old Republic adalah sebuah permainan bermain peran daring pemain berganda masif (massively multiplayer online role-playing game, MMORPG) berdasarkan pada alam Star Wars. Dirilis pada tahun 2011, The Old Republic mungkin tidak seluar biasa Knights of the Old Republic, namun tetap memberi elemen RPG yang menakjubkan.

Terlebih, sebagian besar game Star Wars dalam satu dekade terakhir berfokus pada genre shooter. The Old Republic cocok untuk mereka yang menginginkan game RPG dengan tema sci-fi dari franchise terkenal sebesar Star Wars.

2. Smite
SMITE | Play For Free

Smite adalah permainan video arena pertempuran online multipemain orang ketiga gratis untuk dimainkan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Hi-Rez Studios untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, Nintendo Switch, dan Xbox One.

Ini membawa banyak mekanisme action-RPG namun mengaplikasikannya ke mode gameplay berbeda yang secara mengejutkan, berhasil. Jika kamu penasaran dengan MOBA namun suka RPG, tidak ada salahnya untuk menjajal game yang satu ini.

3. Genshin Impact
Genshin Impact works its magic to become biggest global launch of a Chinese  game ever, analysts say | South China Morning Post

Genshin Impact adalah permainan free-to-play action RPG dunia terbuka yang dikembangkan oleh miHoYo. Genshin Impact juga merupakan IP kedua yang dibesut oleh miHoYo setelah Honkai Impact

Salah satu alasan untuk bermain Genshin Impact adalah basis penggemar dan pemain aktif yang sangat masif. Selain itu, visual dari game ini juga memanjakan mata lewat gayanya sendiri dan tersedia di hampir semua platform termasuk platform mobile.

4. TERA
TERA - Action MMORPG on Steam

Dikembangkan oleh Bluehole, TERA merupakan jenis game multiplayer untuk mereka yang menikmati gameplay yang ditawarkan genre RPG. Kisah latar belakang dari dunia dan juga cerita dari game ini mungkin kurang jika dibanding kompetitornya.

Namun, game ini punya nilai jual utama lain berupa sistem True Action Combat yang menyenangkan. Lewat sistem itu, waktu atau timing jadi kunci utama ketika berhadapan melawan AI musuh. Selain itu, pemain juga perlu langkah taktis lain untuk menaklukkan musuh. Karenanya, TERA mungkin punya gameplay agak lambat dibanding yang di daftar ini.

5. Path Of Exile
Path of Exile 2 (for PC) Preview | PCMag

Path of Exile adalah video game role-playing aksi gratis yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Grinding Gear Games. Setelah fase beta terbuka, game ini dirilis untuk Microsoft Windows pada Oktober 2013.

Game yang satu ini juga punya sistem pohon skill menarik yang mudah dinikmati oleh penggemar genre RPG di pemain bisa mendapat ability via gem yang bisa ditemukan lewat musuh maupun bos. Nah, gem tersebut dapat dinaikkan levelnya maupun ditukar dengan gem lain.

6. Final Fantasy 14 Online
FINAL FANTASY XIV Online on Steam

Final Fantasy XIV, atau dikenal juga dengan nama Final Fantasy XIV Online adalah permainan Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) kedua di dalam seri Final Fantasy, dan permainan ke-empatbelas di seri utama Final Fantasy yang dirilis oleh Square Enix.

Game ini gratis hingga pemain mencapai level 35 dan setelahnya, pemain perlu membayar dengan sistem langganan per bulan. Meski tidak sepenuhnya gratis, sesi gratis yang diberikan hingga level tertentu setidaknya cukup lama dan memberi pemain bantuan untuk lanjut atau tidak.

7. Destiny 2
Destiny 2: Season of the Splicer goes live with transmog, new rewards, and  more | PC Gamer

Destiny 2 adalah gim video penembak orang pertama multipemain daring gratis untuk dimainkan yang dikembangkan oleh Bungie. Ini awalnya dirilis sebagai game berbayar untuk bermain pada tahun 2017 untuk platform PlayStation 4, Xbox One, dan Microsoft Windows. Destiny 2 juga punya segudang opsi kustomisasi, dengan beragam jenis senjata dan armor untuk dibuka di sepanjang permainan. Ini sangat direkomendasikan.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi game multiplayer gratis untuk penggemar RPG. Punya rekomendasi game serupa?