Berikut Perbedaan Antara Mobile Legends Dengan Pokémon UNITE

Berikut Perbedaan Antara Mobile Legends Dengan Pokémon UNITE

Berikut Perbedaan Antara Mobile Legends Dengan Pokémon UNITE – Arena pertarungan daring multipemain, adalah sebuah subgenre dari permainan video strategi yang bermula sebagai subgenre strategi waktu nyata. Dalam permainan ini seorang pemain mengendalikan satu karakter dalam sebuah tim yang bertarung melawan tim pemain lainnya.

Akhirnya, Pokémon UNITE, salah satu game multiplayer online battle arena (MOBA) yang paling ditunggu-tunggu tahun ini, resmi dirilis. Berbeda dengan game Pokémon biasanya, Pokémon UNITE memiliki konsep MOBA. Pastinya hal ini sangat menarik, apalagi karakter-karakter Pokémon selalu mempunyai tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Selain itu, karena mengusung konsep MOBA, tidak sedikit dari gamers yang penasaran dengan gameplay Pokémon UNITE. Itu sebabnya, timbul pertanyaan, apakah game Pokémon UNITE ini memiliki gameplay yang sama atau berbeda dengan game MOBAlainnya, seperti Mobile Legends Bang Bang?

1. Tujuan utama Pokémon UNITE adalah mencetak skor sebanyak-banyaknya
Dianggap Sama, Ini 5 Perbedaan Pokémon UNITE dan Mobile Legends

Untuk memenangkan pertandingan di Pokémon UNITE, tim kamu harus mencetak skor sebanyak-banyaknya. Hal ini cukup berbeda dengan Mobile Legends Bang Bang yang menuntut tim kamu menghancurkan base lawan untuk memenangkan pertandingan.

Tidak ada istilah Tower atau Turrent di Pokémon UNITE. Hal tersebut digantikan dengan Goal Zones. Kamu dapat mengumpulkan skor dengan memasukkan Aeos Energy ke Goal Zones tim lawan. Aeos Energy dapat kamu dapatkan dengan mengalahkan Pokémon liar atau Pokémon Champion tim lawan. Kemudian, Aeos Energy akan dihitung setelah pertandingan berakhir. Tim yang memiliki jumlah Aeos Energy paling banyak yang akan menjadi pemenang.

Perbedaan inilah yang paling mencolok sekaligus paling menarik karena saat ini, belum ada game MOBA yang memiliki konsep permainan seperti Pokémon UNITE.

2. Memiliki batas durasi pertandingan, yaitu hanya 10 menit
Dianggap Sama, Ini 5 Perbedaan Pokémon UNITE dan Mobile Legends

Pokémon UNITE memiliki batas waktu yang tetap pada setiap pertandingannya, yaitu hanya 10 menit, bahkan ada mode pertandingan cepat dalam 5 menit. Ketika waktu 10 menit telah habis, pertandingan akan berakhir dan Aeos Energy dihitung untuk menentukan pemenang. Sementara itu, durasi pertandingan Mobile Legends Bang Bang ditentukan berdasarkan hancurnya base salah satu tim.

Dengan adanya batas waktu ini, pertandingan di Pokémon UNITE akan terasa relatif cukup cepat. Sejalan dengan hal itu, kamu pun bisa mencapai rank yang lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat.

3. Ada lima tipe Pokémon yang dapat digunakan
Dianggap Sama, Ini 5 Perbedaan Pokémon UNITE dan Mobile Legends

Sedikit berbeda dengan Mobile Legends Bang Bang, tipe Pokémon Champion di Pokémon UNITE hanya ada lima dan penamaan berbeda pula, yaitu Attacker, Defender, Support, All-Rounder, dan Speedster. Pembagian ini membantumu membentuk tim yang kuat untuk memenangkan pertandingan.

Tipe baru yang mungkin jarang terdengar adalah Speedster. Tipe ini memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi sehingga dapat dengan mudah mengumpulkan Aeos Energy dari Pokémon liar dan mengecoh lawan untuk mencetak skor. Selain itu, Speedster juga memiliki damage yang tinggi ketika di awal pertandingan sehingga dapat digunakan untuk menyerang Pokémon tim lawan.

4. Tidak ada item yang bisa dibeli ketika pertandingan berlangsung
Dianggap Sama, Ini 5 Perbedaan Pokémon UNITE dan Mobile Legends

Tidak seperti Mobile Legends Bang Bang yang menuntutmu membeli item untuk heromu, dalam Pokémon UNITE, kamu tidak perlu ribet membeli item ketika pertandingan sedang berlangsung. Hal tersebut digantikan dengan Held Items atau barang yang dapat dibawa oleh Pokémon Champion. Held Items dapat diatur di menu Pokémon atau pada waktu persiapan pertandingan (preparation time).

Sangat penting untuk mengatur Held Items untuk Pokémon Champion yang akan kamu gunakan. Itu karena Held Items memiliki efek meningkatkan atribut dan efek pasif untuk Pokémon. Bahkan, Held Items antar-Pokémon dapat berbeda tergantung karakteristik Pokémon.

5. Bentuk peta yang hanya terbagi menjadi dua jalur
Dianggap Sama, Ini 5 Perbedaan Pokémon UNITE dan Mobile Legends

Bentuk peta yang digunakan di Pokémon UNITE hanya dibagi menjadi 2 jalur, yaitu atas dan bawah. Namun, terdapat area tengah berisi Pokémon liar dan Zapdos yang berada tepat di tengah peta. Area tengah ini biasa disebut dengan Jungling.

Meskipun memiliki dua jalur, area Jungling sangat cocok untuk Pokémon dengan tipe Speedster yang memiliki mobilitas tinggi dan dapat mengumpulkan Aeos Energy dengan cepat. Dengan demikian, kamu bisa membantu timmu untuk lebih dekat dengan kemenangan.

Genre ini dipelopori oleh Aeon of Strife (AoS) dalam custom game dalam permainan StarCraft yang terdiri dari empat pemain yang tiap-tiap pemainnya mengendalikan satu unit dan dibantu oleh unit-unit yang dikendalikan komputer untuk melawan komputer yang lebih kuat. Custom game Defense of the Ancients (DotA) dalam permainan Warcraft III: The Frozen Throne kemudian menjadi permainan bergenre MOBA pertama yang dikenal secara luas dan juga menjadi ajang turnamen.

Kemudian dikeluarkanlah permainan League of Legends dan Heroes of Newerth yang terinspirasi dari DotA, dan kemudian sekuel DotA di luar Warcraft III yang disebut Dota 2, serta permainan-permainan lain seperti Heroes of the Storm dan Smite.