Deretan Game Berdurasi Pendek Tapi Sangat Berkesan & Seru

Deretan Game Berdurasi Pendek Tapi Sangat Berkesan & Seru

Deretan Game Berdurasi Pendek Tapi Sangat Berkesan & Seru – Permainan bermain peran adalah sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran karakter dalam latar fiksi. Pemain bertanggung jawab untuk memerankan peran ini dalam sebuah narasi, baik dengan melakukan akting, melalui proses pengambilan keputusan yang terstruktur, atau pengembangan karakter.

Game singleplayer dengan durasi yang panjang umumnya meninggalkan kesan yang lebih berarti bagi para pemainnya. Bagaimana tidak? Kamu sudah mengikuti kisah tokoh utama dan menjadi dekat dengan berbagai karakter yang mewarnai kisah tersebut.

Sayangnya, tidak semua orang punya waktu luang yang banyak untuk bermain game RPG seperti seri Persona. Tak usah khawatir, tidak semua game berdurasi panjang. Tujuh game dalam list ini menjadi bukti bahwa game berdurasi pendek juga dapat berkesan. Mari kita simak!

1. A Short Hike

7 Game Berdurasi Pendek Terbaik, Sebentar tapi Berkesan

Dari namanya saja, kamu sudah dapat menebak bahwa durasi game ini cukup pendek. Menurut HowLongToBeat, kamu butuh waktu satu setengah jam untuk menamatkan cerita utama di game A Short Hike.

Pada dasarnya, game garapan adamgryu ini mengajak kamu untuk mengeksplorasi Taman Provinsi Hawk Peak. Dalam petualangan ini, kamu diberi kebebasan yang luas. Ingin memancing sebelum pergi ke puncak? Boleh, kok! Ingin berbincang dengan hewan lain dan mengerjakan misi sampingan? Boleh juga, kok!

Saat ini, Steam mencatat ada 6.709 ulasan dan 99 persen di antaranya bernada positif. Yup, sebagus itu!

2. INSIDE
7 Game Berdurasi Pendek Terbaik, Sebentar tapi Berkesan

Studio Playdead dikenal sebagai developer yang mampu membuat game pendek dan berkesan. LIMBO menjadi bukti pertama dan INSIDE merupakan bukti kedua.

Tanpa membocorkan banyak plot, INSIDE berkisah tentang seorang anak laki-laki yang sendiri dan sedang diburu. Ia pun menemukan sebuah proyek yang aneh dan misterius.

Penasaran kelanjutannya? Kamu harus mencobanya! Dengan durasi sekitar tiga jam, INSIDE dapat diselesaikan dalam satu sesi gaming. Terdapat 28.972 ulasan di Steam dan 96 persen di antaranya bersifat positif. Dengan demikian, kualitasnya tidak usah diragukan lagi.

3. To the Moon
7 Game Berdurasi Pendek Terbaik, Sebentar tapi Berkesan

Durasi pendek tetapi bikin mewek. Secara singkat, itulah deskripsi yang tepat untuk menggambarkan To the Moon.

Di game ini, Dr. Rosalene dan Dr. Watts memberikan pasien mereka kesempatan untuk hidup kembali dari kelahiran. Namun, semua kehidupan ini terjadi di pikiran pasien tersebut. Operasi ini sangat berbahaya sehingga hanya dapat dilakukan kepada orang yang berada di ranjang kematian. Salah satu pasien kedua dokter ini hanya menginginkan satu hal saja. Ya, pergi ke bulan.

To the Moon dapat ditamatkan dalam kurun waktu empat jam saja. Namun, kesan yang ditinggalkan sangat berarti. Hal ini dibuktikan dengan jumlah ulasan di Steam yang mencapai 41.128, dengan 96 persen ulasan bersifat positif.

Oh ya, kabarnya To the Moon akan mendapatkan film animelho. Namun, belum ada tanggal perilisan yang resmi.

4. Before Your Eyes
7 Game Berdurasi Pendek Terbaik, Sebentar tapi Berkesan

Secara tanggal rilis, Before Your Eyes merupakan game terbaru dibandingkan game lainnya dalam list ini.

Rilis pada 8 April 2021, cerita Before Your Eyes terjadi setelah kematian kamu. Melalui gambar di atas, kamu dapat melihat sosok yang misterius. Nah, ia punya tugas penting untuk membawa roh ke alam baka. Sebelum membawa kamu ke akhirat, sosok ini perlu mempelajari kisah hidup kamu. Oleh karena itu, kamu akan merasakan kembali momen-momen penting dalam hidupmu.

Game yang dapat ditamatkan dalam kurang lebih satu jam ini punya gimik yang kreatif. Kamu dapat menggunakan webcam. Dengan kedipan mata, kamu mengontrol alur cerita.

Before Your Eyes diulas oleh 4.613 gamer di Steam dan 98 persen di antaranya berbunyi positif.

5. ABZU
7 Game Berdurasi Pendek Terbaik, Sebentar tapi Berkesan

Bagi pecinta kehidupan laut, ABZU menjadi salah satu game yang wajib dicoba. Dalam laut yang penuh kehidupan, tugas kamu adalah memastikan supaya ekosistem laut tidak hancur.

Grafik dan musik menjadi aspek ABZU yang sering dipuji oleh kritikus. Ketika kedua aspek tersebut digabung dengan lingkungan yang immersive dan berbagai adegan yang bikin merinding, kamu akan mendapatkan suatu game yang akan membekas dalam memori.

Kamu hanya membutuhkan waktu dua jam untuk menamatkan ABZU. Meskipun durasinya relatif pendek, game ini telah menuai 16.779 ulasan di Steam dengan 93 persen di antaranya bersifat positif.

6. What Remains of Edith Finch
7 Game Berdurasi Pendek Terbaik, Sebentar tapi Berkesan

Seperti To the Moon dan Before Your Eyes, game What Remains of Edith Finch juga mengambil tema kematian. Sebagai Edith yang merupakan salah satu anggota keluarga Finch, kamu akan mempelajari sejarah keluarga kamu. Dengan demikian, kamu dapat menemukan alasan mengapa kamu satu-satunya anggota keluarga Finch yang masih hidup.

Kamu akan menyaksikan cerita setiap anggota keluarga kamu di hari kematiannya. Terdengar menyedihkan? Kamu tidak salah.

What Remains of Edith Finch mendapatkan berbagai penghargaan dan dianggap sebagai karya seni. Tidak hanya itu, terdapat 20.558 ulasan di Steam dengan 95 persen di antaranya bernada positif.

Durasinya hanya mencapai dua jam. Namun, percayalah bahwa dua jam itu akan sangat bermakna.

7. Brothers – A Tale of Two Sons
7 Game Berdurasi Pendek Terbaik, Sebentar tapi BerkesanJauh sebelum pengembangan A Way Out dan It Takes Two, Josef Fares sibuk menjadi direktur game Brothers – A Tale of Two Sons. Persamaannya? Ketiga game dapat dimainkan oleh dua orang.

Sebagai duo kakak beradik, kamu melakukan perjalanan untuk mencari ‘Air Kehidupan’ demi menyelamatkan ayah kamu yang sakit. Untuk itu, penyelesaian berbagai puzzle dan pertarungan dengan berbagai boss menjadi suatu kewajiban.

Sejauh ini, game Josef Fares selalu menerima respons yang amat positif dari para gamer. Brothers pun demikian. Game dengan durasi tiga jam ini mendapatkan 31.475 ulasan di Steam dan 94 persen di antaranya bersifat positif.

RPG terdiri atas beberapa bentuk. Bentuk aslinya sering disebut sebagai permainan bermain peran di atas meja, yang dilakukan dengan diskusi, sedangkan pada permainan bermain peran laga hidup, pemain bertindak secara fisik untuk memerankan karakter yang dimainkannya.

Dalam kedua bentuk ini terdapat pengatur permainan yang disebut Game Master (GM) yang biasanya memutuskan aturan dan pengaturan yang akan digunakan. Game Master juga bertindak sebagai wasit, sementara pemain lainnya memainkan perannya masing-masing.

Beberapa jenis RPG juga terdapat pada media elektronik, seperti pada MUD berbasis teks multipemain dan penerusnya yang berbasis grafis, yaitu permainan bermain peran daring multipemain masif. Permainan bermain peran juga mencakup permainan video bermain peran dengan pemain tunggal, di mana pemain mengontrol karakter atau tim yang menjalankan suatu misi, dan dapat mencakup kemampuan penggunaan statistik mekanis yang maju.

Permainan ini memiliki pengaturan dan peraturan yang sama dengan permainan bermain peran di atas meja, tetapi menekankan kemajuan karakter daripada cerita yang kolaboratif.

Itulah game yang secara durasi memang pendek tetapi bermakna dan berkesan. Ternyata, kebanyakan game dalam list ini bersifat emosional, khususnya emosi sedih. Apakah ada game pendek dengan durasi di bawah lima jam yang kamu suka?