Deretan Website Gratis yang Bisa Mengubah File ke Format PDF

Deretan Website Gratis yang Bisa Mengubah File ke Format PDF

Deretan Website Gratis yang Bisa Mengubah File ke Format PDF – Portable Document Format (disingkat PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008. Saat ingin mengumpulkan tugas sebuah dokumen kadang kala guru atau dosen akan menyuruh kita untuk mengubah format dokumen tersebut agar seragam.

Format dokumen yang paling sering digunakan biasanya adalah PDF. Format PDF dipilih karena lebih fleksibel dan mudah untuk diakses semua perangkat dan sistem operasi. Akan tetapi, jika sudah terlanjur membuat dokumen dalam format lain seperti Word, kita bisa mengubah formatnya dalam bentuk PDF dengan mudah.

1. smallpdf.com
7 Website Gratis untuk Ubah Dokumen Word ke PDF

Situs PDF converter pertama yang direkomendasikan adalah smallpdf.com. Kelebihannya yaitu tampilan interface-nya yang sederhana.

Kekurangannya yaitu hasil convert harus di-download secara manual. Pengguna juga cuma bisa melakukan convert sebanyak dua kali dalam sehari untuk satu email, kecuali kalau sudah berlangganan.

2. ilovepdf.com
7 Website Gratis untuk Ubah Dokumen Word ke PDF

Situs PDF converter selanjutnya yang bisa dicoba adalah ilovepdf.com. Sama seperti situs sebelumnya, kelebihannya adalah tampilan interface sederhana.

Hasil convert akan ter-download otomatis. Pengguna juga bisa melakukan convert banyak dokumen dalam satu waktu.

3. pdf2go.com
7 Website Gratis untuk Ubah Dokumen Word ke PDF

Situs ketiga adalah pdf2go.com yang punya kelebihan berupa tombol hapus sebelum memulai convert. Jadi, ketika salah memasukkan dokumen, kita bisa menghapusnya.

Kekurangannya, tampilan situs kurang user-friendly. Jadi, mungkin kita harus mencari tombol mana yang digunakan untuk convert dokumen.

4. pdf.io
7 Website Gratis untuk Ubah Dokumen Word ke PDF

Situs pdf.io juga bisa dipertimbangkan untuk opsi mengkonversi dokumen ke format PDF. Kelebihannya yaitu tampilan interface yang user-friendly.

File converter yang ditawarkan pdf.io terbilang sederhana. Kekurangannya yaitu hasil convert harus di-download secara manual.

5. adobe.com
7 Website Gratis untuk Ubah Dokumen Word ke PDF

File converter dari Adobe juga bisa dipertimbangkan untuk opsi konversi dokumen ke format PDF. Kelebihan yang ditawarkan adalah tampilan interface sederhana.

Hasil konversi akan otomatis ter-download. Sayangnya, pengguna harus login ke email terlebih dahulu jika ingin melakukan konversi untuk kedua kalinya.

6. wordtopdf.com
7 Website Gratis untuk Ubah Dokumen Word ke PDF

Situs selanjutnya adalah wordtopdf.com. Situs ini tergolong cukup ribet jika dibandingkan dengan deretan file converter yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pengguna harus memasukkan email saat ingin mengkonversi dokumen. Hasil konversi juga dikirim ke email, tidak ter-download secara otomatis.

7. sejda.com
7 Website Gratis untuk Ubah Dokumen Word ke PDF

Terakhir, ada sejda.com yang tak kalah fungsional. Kelebihan situs ini adalah privasi pengguna yang terjaga. Pasalnya, dokumen akan terhapus otomatis dalam 2 jam.

Kekurangannya, hasil convert harus di-download secara manual. Dokumen yang dikonversi juga tidak bisa lebih dari 200 halaman. Lebih dari itu, pengguna harus menggunakan layanan berbayar dengan kapasitas 50 mb.

Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993, tingkat penggunaan dokumen berformat PDF relatif rendah. Pada saat itu perangkat lunak untuk membuat dokumen PDF (Adobe Acrobat) dan perangkat lunak untuk membacanya (Acrobat Reader, sekarang Adobe Reader) tersedia secara komersial, tidak didistribusikan gratis.

Versi-versi awal bersejarah PDF tidak mendukung fasilitas pranala luar, yang membuatnya kurang terintegrasi dengan World Wide Web, dan penambahan besar ukuran berkas PDF pada paket data yang dikirimkan membuatnya lambat untuk diunduh (download) dengan tingkat kecepatan modem pada saat itu.

Penyebab lain kekurangpopuleran PDF pada masa itu disebabkan karena format berkas PDF harus bersaing dalam tingkat penggunaannya dengan format lain seperti Envoy, Common Ground Digital Paper, dan PostScript (.ps).

Demikian berbagai situs dengan layanan file converter yang bisa mempermudah konversi dokumen Word ke PDF. Silakan coba salah satunya.