Fakta & Sejarah Permainan Ludo yang ada di Beberapa Negara

Fakta & Sejarah Permainan Ludo yang ada di Beberapa Negara

Fakta & Sejarah Permainan Ludo yang ada di Beberapa Negara – Ludo adalah permainan papan strategi untuk dua hingga empat pemain, di mana para pemain memacu empat token mereka dari awal hingga selesai sesuai dengan gulungan dadu tunggal. Seperti game cross and circle lainnya, Ludo berasal dari game India Pachisi, tetapi lebih sederhana. Permainan dan variasinya populer di banyak negara dan dengan berbagai nama.

Area khusus papan Ludo biasanya berwarna kuning cerah, hijau, merah, dan biru. Setiap pemain diberi warna dan memiliki empat token [c] dalam warna mereka. Papan biasanya berbentuk persegi dengan ruang bermain berbentuk salib, dengan masing-masing lengan salib memiliki tiga kolom kotak, biasanya enam per kolom. Kolom tengah biasanya memiliki lima kotak berwarna; ini mewakili kolom rumah pemain . Kotak berwarna keenam yang tidak berada di kolom rumah adalah kotak awal pemain .

Berbicara soal board game, yang tercetus di pikiran kita mungkin ular tangga, domino, hingga sudoku. Tapi, apakah kamu familiar dengan ludo? Ludo ialah board game strategi untuk 2-4 orang di mana tiap pemain dibekali IDN Poker77 empat token atau bidak. Lalu, dadu dilempar dan pemain dengan angka tertinggi memulai permainan lebih dulu. Token digerakkan bergantian searah jarum jam.

1. Memiliki banyak nama di berbagai negara
7 Fakta Sejarah Permainan Ludo, Ternyata dari Negara Ini!

Ludo telah dimainkan selama berabad-abad. Jika sekarang medianya terbuat dari kertas dan plastik, dulunya ludo menggunakan kain, batu tulis, papan, biji, hingga kerang. Kini, ludo dapat dimainkan secara virtual dari smartphone.

Psst, ludo memiliki banyak nama di berbagai negara. Misalnya di India, ludo dikenal sebagai chausarchopad, atau pachisi. Sedangkan, di Spanyol disebut sebagai parcheesi, bernama chatush di China, dan dikenal dengan ludu di Afrika, melansir dari Byju’s.

2. Muncul dalam epik Mahabharata
7 Fakta Sejarah Permainan Ludo, Ternyata dari Negara Ini!

Surprisingly, ludo muncul dalam epik Mahabharata! Tepatnya, menjadi permainan pilihan antara Pandawa dan Korawa, yang akhirnya mengarah pada perang Kurukshetra.

Mereka percaya bahwa dadu yang digunakan memiliki kekuatan magis. Bahkan, dikatakan bahwa dadunya terbuat dari tulang anggota keluarga Shakuni, sehingga hanya akan mematuhi perintah Shakuni! Seram juga, ya?

3. Bahkan, dimainkan juga oleh Kaisar Mughal Akbar!
7 Fakta Sejarah Permainan Ludo, Ternyata dari Negara Ini!

Beberapa sejarawan mengatakan bahwa Kaisar Mughal, Akbar, dulu memainkan ludo. Namun, ia membuat sedikit variasi. Apakah itu?

Bukannya memakai biji-bijian atau cangkang, ia menggunakan orang-orang yang nyata (dari harem-nya) sebagai bidak di papan berukuran besar! Can you imagine?

Karena sangat menyukai permainan ini, istananya di Fatehpur Sikri dan Agra, India, memiliki aula khusus untuk bermain. Bahkan, papan permainan digambar secara permanen di lantai!

4. Datang ke Inggris di tahun 1896
7 Fakta Sejarah Permainan Ludo, Ternyata dari Negara Ini!

Perlahan tapi pasti, ludo mulai menyebar ke negara-negara lain. Salah satunya adalah Inggris yang kedatangan ludo di tahun 1896, melansir dari Tenement Museum.

Lima tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 1891, Alfred Collier memodifikasi permainan ini. Pria berkebangsaan Inggris ini menambahkan cangkir dadu, menamainya The Royal Ludo, dan mendaftarkannya sebagai paten.

5. Diubah menjadi uckers oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris
7 Fakta Sejarah Permainan Ludo, Ternyata dari Negara Ini!

Modifikasi permainan terus-menerus terjadi. Contohnya oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris (British Royal Navy) yang mengubahnya menjadi uckers.

Uckers didefinisikan sebagai permainan papan (board game) untuk 2-4 pemain. Intinya sama, yaitu membawa semua bidak atau token ke home base sebelum lawan melakukannya.

Tidak hanya dimainkan oleh British Royal Navy, permainan ini pun menyebar ke Royal Canadian Navy, Royal New Zealand Navy, Royal Australian Navy, Royal Dutch Navy, dan masih banyak lagi.

6. Kejuaraan Ludo Dunia diselenggarakan tiap empat tahun sekali
7 Fakta Sejarah Permainan Ludo, Ternyata dari Negara Ini!

Karena mulai mendunia, Kejuaraan Dunia Ludo (The World Ludo Championships) diadakan setiap empat tahun sekali. Ajang ini diselenggarakan sejak 1919 oleh ILU.

Kejuaraan ini terbuka untuk pemain dari semua jenis kelamin dan usia. Namun, kompetisi dikategorikan untuk wanita, junior (di bawah usia 22 tahun), dan veteran (di atas usia 50 tahun).

Turnamen ini dicetuskan untuk menentukan siapa pemain terkuat di dunia. Otak di balik konsep ini adalah James Preston dan K. H. Olsson. Akhirnya, di tahun 1919, Kejuaraan Dunia Ludo dihelat di Kopenhagen, Denmark, pada bulan Desember tahun itu.

7. Kini, ludo bisa dimainkan di gadget masing-masing
7 Fakta Sejarah Permainan Ludo, Ternyata dari Negara Ini!

Kini, kita tak perlu repot-repot membeli papan permainan ludo dalam bentuk fisik. Yep, kamu bisa memainkannya di gadget. Cukup install aplikasi dari Google Play Store atau AppStore.

Beberapa yang direkomendasikan ialah Ludo King dari Gametion Technologies Pvt Ltd yang telah diunduh sebanyak 500 juta kali. Atau Ludo Club dari Moonfrog yang mencapai 100 juta download.

Kebanyakan, game ludo yang tersedia tak memerlukan koneksi internet, tidak berbayar, dan bisa bermain secara online melawan teman-teman kita. Terdengar menyenangkan?

Nah, itulah sekilas sejarah mengenai permainan ludo yang ternyata berasal dari India.