Inilah Deretan Franchise Game Paling Booming Dalam Sejarah

Inilah Deretan Franchise Game Paling Booming Dalam Sejarah

Inilah Deretan Franchise Game Paling Booming Dalam SejarahPenjualan  waralaba termasuk paket ekspansi meskipun tidak dianggap sebagai video game lengkap Free-to-play download game (termasuk gratis game mobile ) dan microtransactions tidak seharusnya angka menjadi penjualan atau angka pengiriman. Untuk waralaba video game yang telah menghasilkan pendapatan media tertinggi secara keseluruhan (dari game dan media serta barang dagangan lainnya), lihat daftar waralaba media berpenghasilan tertinggi .

Untuk video game individual terlaris, lihat daftar video game terlaris . Angka penjualan yang diberikan di bawah ini tidak termasuk penjualan game arcade , yang dapat ditemukan di daftar game arcade dengan pendapatan tertinggi . Untuk game seluler yang menghasilkan pendapatan paling banyak, lihat daftar game seluler dengan pendapatan tertinggi. Video game telah berjalan sangat jauh, semenjak menampakkan batang hidungnya pada tahun 1950-an.

Mulai dari game sederhana seperti Pong hingga yang kompleks semacam Red Dead Redemption 2, video game menyumbang banyak pendapatan dan menjadi salah satu industri  Login IDN Poker tersukses di dunia. Tak hanya itu saja, video game juga melahirkan banyak franchise luar biasa, yang meraih pendapatan fantastis di sepanjang karirnya, bersama dengan basis fans yang tidak terhitung jumlahnya. Berikut 7 di antaranya yang paling laku.

1. Need For Speed
7 Franchise Game Paling Laku Sepanjang Sejarah, Salah Satunya Pokemon!

Need For Speed telah menjadi bagian dari memori masa kecil banyak orang, ketika dirilis pada awal 1990-an. Ini merupakan franchise game balap terlaris sepanjang masa, dengan lebih dari dua lusin judul yang telah dirilis, dalam rentang waktu selama 25 tahun.

NFS telah melakukan sejumlah perubahan dalam beberapa tahun terakhir dan bahkan menjadi yang terdepan dalam industri yang terus berubah. Judul terbarunya – Need For Speed Heat, juga mendapatkan banyak ulasan positif, di samping angka penjualan yang tidak main-main. Total, keseluruhan NFS diperkirakan terjual sebanyak 150 juta kopi.

2. The Sims
7 Franchise Game Paling Laku Sepanjang Sejarah, Salah Satunya Pokemon!

The Sims telah membuat banyak remaja dan orang dewasa tetap terhibur selama dua dekade terakhir, lewat empat judul utama dan segudang ekspansi sebagai pelengkap. Game hasil kerja sama EA dengan Will Wright ini, memberikan banyak orang kesempatan untuk menjalani kehidupan yang sepenuhnya berbeda dan menciptakan rekor penjualan mencapai 200 juta kopi.

Meski judul terakhirnya yaitu The Sims 4 dirilis pada tahun 2014, ini masih terus hidup dengan banyak konten tambahan yang menyertainya. Total, ada 8 ekspansi dan 15 konten ekstra, hanya untuk The Sims 4 saja.

3. FIFA
7 Franchise Game Paling Laku Sepanjang Sejarah, Salah Satunya Pokemon!

FIFA bisa dibilang merupakan ‘mesin penghasil uang’ yang terus menyumbang triliunan uang untuk EA. Terlepas dari perubahan dari tiap seri yang tidak begitu signifikan, FIFA tetap terjual dengan fantastis setiap tahunnya. Mode online utamanya – Ultimate Team, menjadi salah satu alasan utama mengapa FIFA bisa sesukses sekarang.

Belum lagi mode cerita yang baru diperkenalkan di beberapa judul terakhir, membantu meningkatkan kepadatan konten yang dimiliki FIFA. Jika dihitung-hitung, FIFA terjual sebanyak 270 juta kopi dan menghasilkan uang sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp140 triliun.

4. Grand Theft Auto
7 Franchise Game Paling Laku Sepanjang Sejarah, Salah Satunya Pokemon!

Tidak mengherankan ketika melihat nama “Grand Theft Auto” di dalam jajaran franchise video game paling laku sepanjang masa. Digarap oleh Rockstar Games, GTA unggul karena menjual kebebasan untuk mengeksplorasi dunia dan melakukan hal-hal gila di atasnya.

Meski sesekali kontroversial, GTA selalu mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggemar. GTA V – salah satu judul terbaiknya, bahkan menjadi game terlaris ketiga sepanjang masa dengan catatan penjualan di angka 100 juta kopi. Jika ditotal semuanya, Grand Theft Auto berhasil terjual hingga 290 juta kopi.

5. Call Of Duty
7 Franchise Game Paling Laku Sepanjang Sejarah, Salah Satunya Pokemon!

Franchise Call Of Duty cukup sukses ketika menelurkan sejumlah judul bertema WW2, sampai akhirnya seri Modern Warfare muncul dan menempatkan COD ke posisi terdepan. COD sendiri sampai saat ini telah menghasilkan 15 judul luar biasa, dengan jadwal perilisan setiap tahun.

Seri MW dan Black Ops menjadi seri paling laris, di samping judul yang tidak begitu diminati yaitu Ghosts, yang juga berada di posisi 50 teratas di daftar yang sama. Terlepas dari banyaknya rival seperti Battlefield dan Medal Of Honor, COD tetap bisa melaju pesat dengan pencapaian penjualan di angka 310 juta kopi.

6. Pokemon
7 Franchise Game Paling Laku Sepanjang Sejarah, Salah Satunya Pokemon!

Pokemon mendominasi pertengahan hingga akhir 1990-an, membawa kualitas konsol handheld ke level yang lebih tinggi lagi, sebelum akhirnya ditundukkan oleh konsol rumahan sebagai pemimpin industri. Hampir semua generasi telah menikmati Pokemon, dan itu menjadi salah satu faktor mengapa Pokemon bisa sebesar sekarang.

Pokemon sejauh ini telah memiliki 8 generasi game, dan masih belum nampak ‘lelah’ meski telah berjalan selama lebih dari dua dekade. Tercatat, Pokemon telah terjual sebanyak 340 juta kopi di seluruh dunia.

Waralaba secara keseluruhan mencakupserial anime , berbagai manga ,  permainan kartu perdagangan , mainan, barang dagangan, buku, lebih dari dua puluh film (salah satu serial film animasi terlaris ), dan media lainnya. Ini diproduksi oleh The Pokémon Company, yang merupakan usaha patungan oleh tiga perusahaan yang memegang hak atas Pokémon : Nintendo , Game Freak , dan Creatures , sementara Nintendo memiliki merek dagang tersebut.

7. Mario
7 Franchise Game Paling Laku Sepanjang Sejarah, Salah Satunya Pokemon!

Yang terakhir sekaligus yang paling laku adalah Mario. Franchise yang juga menjadi maskot besar Nintendo ini, menjadi franchise paling laku dengan pendapatan yang terbilang super gila. Saga Super Mario saja yang terdiri dari 20 judul, mencatatkan penjualan mencapai 342 juta kopi.

Itu melebihi Pokemon yang berada di posisi kedua, secara keseluruhan. Tambahkan itu dengan judul-judul spin-off seperti Mario Kart, Mario Party dan Doctor Mario, franchise Mario makin tidak terkalahkan lagi dengan total penjualan di angka 701 juta kopi. Fantastis!