Inilah Fakta Menarik Karakter Mario di Game Super Mario Bros

Inilah Fakta Menarik Karakter Mario di Game Super Mario Bros

Inilah Fakta Menarik Karakter Mario di Game Super Mario Bros – Mario Bros. adalah sebuah permainan arkade yang dibuat dan diterbitkan oleh  Nintendo pada tahun 1983. Permainan ini dibuat oleh Shigeru Miyamoto, pembuat seri permainan Mario. Permainan ini adalah kelanjutan dari permainan Donkey Kong dan Mario, yang dahulunya dinamai “Jumpman”.

Sampai sekarang, Mario Bros. telah dirilis ulang sebanyak dua puluh kali pada berbagai konsol. Pada permainan ini, Mario yang bekerja sebagai tukang ledeng, bersama dengan adiknya Luigi, harus membasmi kura-kura yang mengganggu di parit bawah tanah di New York.

Mario, Si karakter ikonik dari semesta Nintendo merupakan salah satu karakter sekaligus mascot download idn poker terbaru paling terkenal di dunia. Kepopulerannya bahkan melampaui karakter-karakter lain seperti Sonic dan Zelda. Mulai dari game arcade Mario Kart hingga yang platformer seperti Super Mario Bros, Mario memiliki reputasi yang luar biasa di industri video game.

1. Nama belakang Mario adalah Mario
7 Fakta Menarik dari Mario yang Hanya Diketahui oleh Fans Sejati!

Ini menarik sekaligus konyol. Pada tahun 2012, kreator Mario – Shigeru Miyamoto menyebut bahwa Mario dan Luigi sebenarnya memiliki nama belakang dan itu adalah Mario. Pemberian nama belakang ini dilakukan ketika film adaptasinya, yaitu Super Mario Bros, dirilis pada tahun 1993.

Kala itu produser filmnya menyarankan agar Mario bersaudara memiliki nama keluarga dan akhirnya terpilih lah nama Mario. Jadi, Mario memiliki nama lengkap Mario Mario sementara Luigi, Luigi Mario.

2. Mario awalnya merupakan seorang tukang kayu
7 Fakta Menarik dari Mario yang Hanya Diketahui oleh Fans Sejati!

Penampilan pertama Mario di game terjadi pada game Donkey Kong, di mana ia menjadi karakter protagonis yang disebut sebagai “Jumpman”. Nah pada game tersebut, Mario digambarkan sebagai seorang tukang kayu, alih-alih tukang ledeng.

Donkey Kong sendiri berlatar di lokasi konstruksi, sehingga mau tak mau Mario harus digambarkan memiliki profesi yang berkaitan itu. Sementara itu, alasan mengapa profesinya berganti menjadi tukang ledeng adalah karena gamenya – Mario Bros, berlatar di bawah tanah.

3. Pengisi suara Mario juga mengisi suara Luigi dan sejumlah karakter antagonis
7 Fakta Menarik dari Mario yang Hanya Diketahui oleh Fans Sejati!

Kalimat “it’s a-me, Mario!” dengan aksen Italia berasal Charles Martinet yang mengisi suara Mario sejak tahun 1990. Ini mungkin diketahui oleh banyak orang, namun sedikit yang mengetahui bahwa Martinet juga mengisi suara sejumlah karakter lain di franchise Mario.

Beberapa di antaranya adalah saudara laki-laki Mario – Luigi, dan antagonis bersaudara, Wario dan Luigi. Ini bisa dibilang menjadi salah satu alasan mengapa keempatnya memiliki chemistry yang sangat baik di dalam game.

4. Film Super Mario Bros merupakan kegagalan besar
7 Fakta Menarik dari Mario yang Hanya Diketahui oleh Fans Sejati!

Semua game Mario mungkin mendapatkan kesuksesan yang luar biasa, namun itu tidak berlaku di film adaptasinya. Pada tahun 1993, film adaptasi Mario berjudul Super Mario Bros yang dibintangi oleh Bob Hoskins dan John Leguizamo, dirilis.

Sayangnya, film dengan budget produksi mencapai US$48 juta ini hanya berhasil meraup pendapatan sebanyak US$21 juta saja. Itu jauh dari apa yang diharapkan tentunya, mengingat kala itu, Mario meraih hype yang cukup besar di seluruh dunia.

5. Mario memiliki lima pengisi suara bahasa Inggris yang berbeda
7 Fakta Menarik dari Mario yang Hanya Diketahui oleh Fans Sejati!

Pengisi suara bahasa Inggris paling terkenal dari Mario adalah Charles Martinet yang telah mengisi suara sejak awal tahun 90-an. Namun, Martinet sejatinya merupakan satu dari lima pengisi suara, yang menyumbangkan suara mereka untuk versi bahasa Inggris dari Mario. Empat yang lainnya adalah Ronald B. Reuben yang mengisi suara di Mario Teaches Typing, Walker Boone di The Adventures Of Super Mario Bros 3 dan Super Mario World, Marc Graue di Hotel Mario dan Lou Albano di The Super Mario Bros. Super Show!.

6. Mario hampir memiliki nama “Mr. Video”
7 Fakta Menarik dari Mario yang Hanya Diketahui oleh Fans Sejati!

Salah satu alasan mengapa Mario begitu terkenal adalah namanya yang ikonik dan mudah diingat. Namun, Mario bukanlah nama pertama yang Shigeru Miyamoto pikirkan ketika menciptakan Mario.

Awalnya, Mario ingin diberi nama “Mr. Video” dan direncanakan untuk tampil di setiap game yang dibuatnya. Namun, Miyamoto berpikir ulang dengan nama itu dan memutuskan untuk tidak mengambilnya dengan alasan bahwa nama “Mr. Video” sama sekali tidak mengesankan.

7. Nama Mario berasal dari nama investor Nintendo
7 Fakta Menarik dari Mario yang Hanya Diketahui oleh Fans Sejati!

Nama Mario yang diberikan Shigeru Miyamoto bukanlah nama yang tiba-tiba muncul di kepala. Usut punya usut, setelah memutuskan untuk membuang nama “Mr. Video”, Miyamoto mencari sumber baru untuk nama karakternya yang akhirnya jatuh ke nama salah satu investor Nintendo.

Ia adalah Mario Segale, seorang pengusaha sekaligus investor yang menyewakan gudangnya ke Nintendo Of America. Diketahui, ketika Segale menuntut pembayaran sewa gudang yang terlambat, disitulah ide penamaan Mario muncul.

Super Mario Bros adalah game video platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo untuk konsol home Nintendo Entertainment System. Dirilis sebagai sekuel permainan Mario Bros tahun 1983, Super Mario Bros. dirilis di Jepang dan Amerika Utara pada tahun 1985, dan di Eropa dan Australia dua tahun kemudian. Di Super Mario Bros, pemain mengendalikan Mario dan dalam permainan dua pemain, pemain kedua mengendalikan saudara Mario Luigi saat ia melakukan perjalanan melalui Kerajaan Jamur untuk menyelamatkan Putri Toadstool dari antagonis Bowser.