Karakter Antagonis Terbaik & Terburuk di Game Final Fantasy

Karakter Antagonis Terbaik & Terburuk di Game Final Fantasy

Karakter Antagonis Terbaik & Terburuk di Game Final Fantasy – Final Fantasy adalah seri permainan RPG konsol dan komputer yang diciptakan oleh Hironobu Sakaguchi dan diproduksi oleh Square Enix (sebelumnya bernama Square Co., Ltd.).

Final Fantasy merupakan seri permainan yang paling banyak didistribusikan sepanjang masa, termasuk di antaranya permainan-permainan RPG standar untuk konsol, permainan portabel,  MMORPG, permainan untuk telepon seluler, tiga film produksi animasi dan dua film CGI berdurasi panjang.

Karakter antagonis yang misterius pada cerita game Final Fantasy memberikan tantangan tersendiri untuk download idn poker terbaru para pemain. Beberapa menyentuh hati para gamer, dan beberapa hanya ada untuk dilawan dan dilupakan.

10. Lahabrea (Final Fantasy XIV)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Lahabrea adalah antagonis utama pada Final Fantasy XIV: A Realm Reborn. Sebagai pemimpin ras Ascian, Lahabrea memiliki kesaktian dan mampu memanggil monster sesuai kehendaknya. Selain itu, dengan Dark Crystal, Lahabrea mampu merasuki orang lain sesuka hati.

Tujuan Lahabrea adalah memulihkan Ultima untuk membangkitkan dewa gelap Zodiark. Seperti Cloud of Darkness, ia bahkan memanipulasi Thancred, anggota Scions of the Seventh Dawn, hingga berkhianat. Sementara latar belakangnya minim, kekuatan dan pengaruh Lahabrea membuatnya ancaman yang besar untuk Eorzea.

9. Vayne Solidor (Final Fantasy XII)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Berbeda dengan antagonis lain di daftar ini, Vayne Carudas Solidor tidak memiliki kekuatan yang mengesankan. Sebagai penasihat Rabanastre, Vayne adalah politikus zalim yang ingin menjadi penguasa Dinasti Ivalice. Bahkan, ia membunuh dua saudara laki-lakinya untuk memenuhi ambisinya!

Setelah ayahnya, Lord Gramis, meninggal, ia merebut kendali atas Senat Kekaisaran dengan memengaruhi adiknya, Larsa. Lebih banyak bertindak di belakang layar, tindakan Vayne memberikan tantangan besar untuk Putri Ashe. Terakhir, Vayne menggunakan nethicite untuk jadi musuh yang lumayan sulit dikalahkan!

8. Garland (Final Fantasy)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Bekas ksatria terhormat Kerajaan Cornelia, Garland berubah jadi jahat dan ingin menguasai segalanya sendiri. Awalnya, Warriors of Light memasuki Chaos Shrine untuk menyelamatkan Putri Sarah dari Garland. Jadi, beberapa sudah mengira kalau Garland hanyalah musuh kecil.

Warriors of Light kemudian melawan empat iblis kristal dari masa lalu. Setelah kembali ke masa lalu, ternyata Garland masih hidup karena diselamatkan para iblis ke masa lalu, sehingga menciptakan lingkaran waktu yang tak terbatas! Plot twist yang mengejutkan karena ternyata Garland adalah penjahat utama di Final Fantasy!

7. Ultimecia (Final Fantasy VIII)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Memiliki kemampuan sihir, Ultimecia dapat memanipulasi waktu dan orang. Tetapi, pada awalnya, mayoritas gamer mengira Edea adalah musuh utama! Namun, ternyata, Edea dirasuki oleh Ultimecia yang mengirim kesadarannya melintasi waktu ke penyihir lain untuk memanipulasi peristiwa ini!

Squall Leonheart dan kawan-kawan tidak bertemu dengan Ultimecia sampai akhir permainan. Terlepas dari motivasi Ultimecia yang tidak begitu jelas, beberapa teori mengatakan sang penyihir adalah Rinoa dari masa depan yang terhapus pikirannya. Sementara teori ini tidak benar, Ultimecia adalah sosok yang menarik untuk ditelusuri.

6. Seymour (Final Fantasy X)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Sementara ayah Tidus, Jecht, dan dewa Yu Yevon adalah bos terakhir di Final Fantasy X, Seymour Guado malah yang terbesit dalam ingatan. Jecht? Hanya sosok ayah yang buruk. Yu Yevon? Hanya tampil sebagai bos terakhir. Seymour tetap ada di jalan cerita dan motifnya pun jelas ingin menghancurkan seluruh dunia demi mengakhiri penderitaan!

Agar dekat dengan Yuna, Seymour ikut rombongannya untuk menjadi Final Aeon demi mengalahkan Sin. Namun, tujuan Seymour jadi Final Aeon adalah untuk menyatu dengan Sin. Setelah dikalahkan dan mati, Seymour tidak dapat dikirim ke Farplane karena dapat berubah jadi iblis. Niat dan karakter haus darah Seymour membuatnya populer.

5. Golbez (Final Fantasy IV)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Bukan antagonis utama Final Fantasy IV, Golbez adalah penjahat yang menarik. Golbez dimanipulasi oleh Zemus dan ia adalah kakak dari protagonis utama, Cecil Harvey. Sebagai setengah Lunarian, Golbez dimanipulasi oleh Zemus untuk melakukan segala perintah jahatnya, mencuri Kristal.

Dari segi kekuatan, Golbez tidak tertandingi oleh sebagian besar pahlawan Final Fantasy IV. Memiliki latar belakang yang tragis, Golbez adalah antagonis yang membuat para gamer kasihan. Di balik segala tindakan jahatnya, Golbez berusaha menebus segala kejahatannya.

4. Kuja (Final Fantasy IX)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Selain Golbez, Kuja adalah contoh antagonis lain yang mendapat simpati para gamer. Kuja adalah makhluk genome ciptaan penyihir Garland. Tujuannya hanya satu, menghancurkan Gaia. Namun, Kuja menyimpan dendam terhadap Zidane dan Garland, sehingga ia ingin kekuatan lebih untuk dirinya sendiri.

Aspek menarik dari Kuja adalah kesamaannya dengan Zidane. Sementara ia sadar akan tujuannya hingga ia menjadi jahat, Zidane tidak mengetahui tujuan hidupnya, sehingga ia menjadi pahlawan. Di akhir Final Fantasy IX yang mengharukan, Zidane tetap mencoba menyelamatkan Kuja yang sekarat.

3. Ardyn Izunia (Final Fantasy XV)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Muncul di Final Fantasy XV, Ardyn Izunia adalah antagonis terbaru dan salah satu yang paling menarik. Ardyn menunjukkan sikap yang sopan namun mencurigakan dengan selera fashion yang unik nan flamboyan. Selain itu, Ardyn juga memiliki latar belakang yang tragis dan heroik.

Sebagai pahlawan Eos berabad-abad lalu, Ardyn mengorbankan dirinya untuk menyerap daemon dan menyelamatkan dunia. Namun, para Dewa menolak jiwanya karena telah ternodai daemon, dan ia pun ditolak oleh masyarakat yang ia selamatkan. Jadi, ia mengalami kepahitan terhadap Kerajaan Insomnia dan keluarga Caelum.

Karena kebencian yang menumpuk, Ardyn mengincar balas dendam terhadap para Dewa dan kerajaan Insomnia. Ia pun menunjukkan kualitasnya sebagai penjahat, yaitu membawa Eos ke dalam masa-masa kegelapan!

2. Sephiroth (Final Fantasy VII)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Membicarakan Final Fantasy tak lengkap tanpa menyebut Sephiroth. Segala kualitas dalam diri Sephiroth amat mengagumkan, dari desain hingga senjata pedangnya, Masamune. Bukan hanya penampilannya, cerita dan latar belakang Sephiroth menuju sisi antagonis pun amat menarik.

Setelah mengetahui kebenaran bahwa ia adalah eksperimen ayahnya sendiri, Profesor Hojo, Sephiroth pun kehilangan akal sehat dan ingin balas dendam. Dengan menggunakan sel Jenova, Sephiroth jadi musuh sekaligus karakter yang tangguh.

Selain itu, Sephiroth juga memengaruhi hidup karakter utama Final Fantasy VII. Cloud Strife mendaftar SOLDIER karena Sephiroth adalah panutannya. Namun, Sephiroth malah mengamuk dan membakar kampung halaman Cloud. Kematian ayah Tifa Lockheart pun juga berhubungan dengan Sephiroth.

Para gamer pun tidak dapat memaafkan Sephiroth karena sudah membunuh Aerith Gainsborough secara tiba-tiba! Oleh karena itu, selain penjahat yang tangguh, Sephiroth pun juga mendatangkan kebencian yang membuat pertarungan dengannya terasa personal.

1. Kefka (Final Fantasy VI)
15 Antagonis Terbaik hingga Terburuk di Jagat Final Fantasy

Sephiroth sering kali jadi antagonis yang dielu-elukan karena membuat Final Fantasy VII populer. Namun, jika kita berbicara mengenai antagonis yang murni jahat, maka Kefka Palazzo adalah yang terbaik! Selain jahat, tindakan biadab Kefka membuatmu terpicu untuk segera menghentikannya.

Sekilas, melihat Kefka mengingatkan kita pada musuh Batman, Joker. Berpenampilan bak badut, Kefka bekerja untuk Kekaisaran Gestahlian sebagai Ksatria Magitek. Eksperimen Magitek memang memberikan Kefka kekuatan bak dewa, namun merenggut sisi kemanusiaan dan akal sehatnya, sehingga ia melakukan hal semena-mena dan biadab.

Selain sukses memenuhi tujuannya menguasai dunia, tindakan jahat Kefka sudah ada sebelumnya. Ia membunuh Jenderal Leo hingga meracuni persediaan air Doma yang membunuh banyak orang. Baik dari perspektif atau tawa gilanya, Kefka adalah penjahat yang lucu, badut yang gila, dan karakter yang sukses menuai kebencian dari para gamer.

Produk pertama seri ini diluncurkan di Jepang tanggal 18 Desember 1987 dan telah dikhusukan untuk pasar-pasar di Amerika Utara, Eropa dan Australia, pada banyak konsol permainan video, termasuk Nintendo Entertainment System, MSX 2, Super Nintendo Entertainment System, PlayStation, WonderSwan Color, PlayStation 2, Game Boy Advance, Nintendo GameCube juga komputer-komputer kompatibel PC IBM dan beberapa jenis telepon seluler.

Keluaran berikutnya telah diberitakan akan hadir untuk sistem permainan Nintendo DS, Nintendo Wii, PlayStation Portable, PlayStation 3 dan Xbox 360. Final Fantasy adalah seri produk Squre Enix yang paling sukses dan seri produk ketiga terlaris sepanjang masa, dengan penjualan sampai saat ini telah melebihi 63 juta unit di seluruh dunia.