Netflix Akan Merilis Platform Gaming Dengan Berbagai Game

Netflix Akan Merilis Platform Gaming Dengan Berbagai Game

Netflix Akan Merilis Platform Gaming Dengan Berbagai Game – Netflix adalah salah satu penyedia layanan media streaming digital, berkantor pusat di Los Gatos, California. Didirikan pada tahun 2008 oleh Reed Hasting dan Marc Randolph di Scotts Valley, California.

Bisnis utama dari perusahaan ini adalah layanan berlangganan streaming yang menawarkan film dan program televisi, termasuk beberapa program yang dibuat oleh Netflix sendiri. Ada berita menarik datang dari Netflix, layanan streaming film yang saat ini populer.

Beritanya bukanlah seputar film atau kartun baru, melainkan mereka akan mengeluarkan layanan baru. Ya, Netflix akan merilis platform gaming yang mana kamu bisa bermain berbagai game di aplikasi tersebut. Saat ini mereka sedang menguji coba fitur baru tersebut.

1. Netflix gaming ramai dibicarakan setelah mundurnya game Stranger Things 3 dari beragam platform
Netflix Siapkan Fitur Gaming di Aplikasi, Bikin Penasaran

Kabar mengenai Netflix gaming ini sebenarnya cukup lama beredar, yaitu sekitar beberapa bulan lalu, tepatnya sekitar Mei-Juli 2021. Namun banyak orang masih tidak memperhatikan berita tersebut sampai masuk di bulan lalu, Agustus, mengingat kabar itu hanya sekadar rumor belaka.

Pada bulan ke delapan ini, game dari Netflix Stranger Things 3: The Game mundur dari berbagai platform penyedia game, seperti Steam, Epic Games Store, hingga GOG. Tidak ada pernyataan resmi dari pihak pengembang game akan game tersebut. Akan tetapi orang-orang berspekulasi Stranger Things 3: The Game ditarik oleh Netflix karena mereka ingin game tersebut akan bisa dimainkan di layanan Netflix sendiri.

2. Pengembangan layanan gaming itu akan menggandeng seseorang penting dari dunia game
Netflix Siapkan Fitur Gaming di Aplikasi, Bikin Penasaran

Dikabarkan PC Gamer, Netflix sudah mempersiapkan fitur itu sejak Mei kemarin dan agar berhasil, perusahaan tersebut menggandeng Mike Verdu, mantan wakil president proyek Oculus serta Facebook. Langkah pertama saat ini yang mereka lakukan adalah menarik judul-judul game yang ada sangkut pautnya dengan lisensi Netflix dari berbagai platform.

Langkah kedua Netflix adalah mengaplikasikan game tersebut dalam ranah smartphone. Kamu bisa melihat bagaimana Stranger Things 3: The Game serta Stranger Things: 1984 dijadikan game mobile. Kode lain yang diberikan Netflix tentang fitur gaming adalah munculnya interactive film Black Mirror: Bandersnatch.

3. Layanan Netflix gaming diujicobakan di Polandia

Yang mengejutkan, namun mungkin banyak tidak diketahui orang-orang adalah layanan Netflix gaming ini sebenarnya sudah diujicobakan untuk khalayak umum. Uji coba itu dilaksanakan di Polandia pada 26 Agustus dan hanya mereka yang tinggal di sana yang dapat merasakan seperti apa Netflix Gaming.

Dalam cuitan akun Netflix Geeked, disebutkan Netflix gaming tidak akan memberikan iklan apa pun di dalamnya. Kamu juga tidak perlu membeli game karena game tersebut sudah langsung tersedia seketika kamu berlangganan Netflix.

Menebak dari cuitan Netflix Geeked, besar kemungkinan kamu tak perlu lagi menambah biaya langganan spesial untuk gaming. Cukup membayar biaya langganan terdahulu, kamu sudah memainkan Netflix gaming. Tetapi bila ini terjadi, ada kemungkinan biaya berlangganan Netflix akan naik di kemudian hari.

4. Fitur Netflix gaming diperkirakan akan serupa dengan Apple Arcade
Netflix Siapkan Fitur Gaming di Aplikasi, Bikin Penasaran

Jika dilihat lebih dekat dari gambar yang dibagikan di akun Twitter Netflix Geeked, kamu yang ingin memainkan game eksklusif Netflix perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Kurang lebih sistem ini serupa dengan sistem yang ditawarkan Apple pada layanan Arcade milik mereka dan tidak bisa dibandingkan dengan Google Stadia karena Stadia tidak perlu mengunduh gamenya.

5. Berpotensi mengundang perusahaan game besar lainnya bergabung
Netflix Siapkan Fitur Gaming di Aplikasi, Bikin Penasaran

Dilaporkan situs whathifi.com, terdapat gambar-gambar Sony PlayStation pada source code aplikasi Netflix di iOS. Ini mengindikasikan Netflix sudah bersiap-siap menggandeng perusahaan-perusahaan besar di dunia game untuk bergabung dalam service gamingnya.

Masalah bekerja sama dengan perusahaan game besar sepertinya bukan isu besar bagi Netflix. Sejumlah film yang diadaptasi dari game telah dibuat Netflix dan terbilang sukses. Ambil contoh film animasi Castlevania yang sebenarnya merupakan game milik Konami atau film Resident Evil: Infinite Darkness yang terinspirasi dari serial legendaris Capcom.

Diperkirakan layanan gaming milik Netflix ini akan hadir di 2022 dan bisa jadi diresmikan pada acara konferensi besar teknologi, semacam Games Developers Conference atau E3. Mari ditunggu saja kabar selanjutnya.

Model bisnis awal Netflix adalah penjualan DVD dan rental melalui pengiriman. Satu tahun setelah berdiri, Netfilix fokus kepada penyewaan DVD daripada penjualan DVD, sehingga bisnis usaha penjualan DVD ditinggalkan. Pada tahun 2010, Netflix memperluas bisnisnya dengan mengenalkan media streaming namun tetap mempertahankan layanan penyewaan DVD dan Blu-ray.

Perusahaan ini memperluas usahanya secara internasional, dengan layanan streaming tersedia di Kanada pada tahun 2011 dan terus berkembang layanan tersebut sejak saat itu. Sejak Januari 2012, layanan Netflix telah beroperasi lebih dari 190 negara, layanan ini tersedia secara bebas di internet kecuali Daratan Tiongkok, Suriah, Korea Utara, Republik Krimea (beberapa penyedia layanan internet memblokirnya karena masalah sensor). Netflix di Indonesia sudah dapat diakses kembali dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.